5 Hal Penting yang Perlu Disiapkan untuk Menyambut Ramadhan

Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk menyambut bulan yang sangat di nanti-nanti oleh seluruh umat muslim ini? Apakah sama dengan tahun lalu atau Anda melakukan sesuatu yang berbeda? Salah satu yang biasanya saya lakukan menjelang Ramadhan adalah memperbanyak menu sajian baru untuk keluarga.

Tapi ada hal yang perlu dilakukan selain mempersiapkan hal-hal yang hanya berhubungan dengan makanan, agar ibadah puasa dan amalan-amalan baik kita dapat diterima, doa-doa di ijabah dan dihapuskan segala dosa-dosa. Harus ada persiapan yang matang sebelum menyambut Ramadhan, karena ketidaksiapan kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan bisa menjadi salah satu bentuk menyepelekan perintah Allah SWT. Akibatnya bulan suci yang penuh dengan syafaat dan berkah akan terlewat begitu saja tanpa meninggalkan kesan mendalam yang dapat meningkatkan amal saleh dan ibadah kita kepada Allah SWT.

Berikut beberapa persiapan yang baiknya dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan:

1. Persiapkan diri

Sebelum sibuk memikirkan menu apa yang akan disajikan, lebih baik Anda mempersiapkan diri menyambut bulan suci. Salah satunya dengan bertobat. Sebagai manusia biasa, kita tidak pernah luput dari kesalahan baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Alangkah baiknya sebelum datangnya bulan suci Ramadhan, Anda melakukan Shalat Taubat memohon ampun dan memperbanyak dzikir dan beristigfar.

2. Perbanyak puasa sunah

Menurut Aisyah radhiallahuanhu berkata bahwa Rasulullah melaksanakan puasa sunah sebulan penuh di bulan Sya’ ban. Hal ini menunjukkan bagaimana beliau mempersiapkan diri menyambut Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Terutama jika Anda masih memiliki hutang puasa tahun lalu, maka selesaikan agar hutang puasa tidak makin menumpuk. Karena pada dasarnya wanita pasti akan hutang puasa setiap bulannya karena datang bulan. Hal ini bisa dijadikan pembiasaan sebelum datangnya Ramadhan.

Sumber: Pixabay.com

3. Memperbaiki ibadah

Shalat adalah ibadah yang wajib dilakukan setiap harinya, yang dilaksanakan sebanyak 5 kali dalam sehari. Dan kewajiban ini sering sekali kita lalai dalam melaksanakannya karena alasan pekerjaan. Menjelang Ramadhan, mulailah latih diri kita untuk mengatasi rasa malas agar kita siap secara lahir dan batin saat Ramadhan.

4. Persiapan kebutuhan dapur

Menjelang Ramadhan, saya biasanya sudah mulai mengotak-atik menu yang akan disajikan untuk sahur dan berbuka. Biasanya saya mulai mencicil bahan-bahan apa saja yang bisa saya beli sebelum masuk bulan Ramadhan. Seperti kurma, minyak goreng, gula, teh, dan lain-lain.

Karena harga-harga bahan pokok menjelang Ramadhan biasanya akan mulai merangkak naik, jadi saya akan lebih aktif mengecek harga promo melalui aplikasi kepercayaan saya, yaitu Kilptalog. Di aplikasi ini saya bisa mengecek harga di satu supermarket dengan supermarket lain dengan cepat karena hanya tinggal swipe lalu klik pada produk yang diinginkan maka secara otomatis produk yang saya inginkan akan masuk ke dalam keranjang lengkap dengan nama supermarket, tanggal promo berlaku, dan keterangan produk.

Baca juga Cara Menghadapi Kenaikan Harga Pangan, Bersama Hemat.id

Tapi untuk membandingkan dengan lebih detail, saya menggunakan bantuan hemat.id, sehingga saya dapat melihat perbandingan harga termurah dari supermarket, hypermart dan minimarket. Ini sangat membantu kita menentukan produk mana yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Sumber : https://www.freepik.com/

5. Persiapan fisik

Menjaga kondisi tubuh menjelang Ramdhan juga penting agar kita dapat menjalankan puasa satu bulan penuh. Untuk menunjang hal ini, kesehatan badan haruslah prima. Salah satunya dengan cukup makan-makanan bergizi, berolahraga, mengonsumsi suplemen kesehatan dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan.

Mungkin masing-masing orang memiliki caranya masing-masing dalam bersiap-siap menjelang bulan suci Ramadhan, tapi pada akhirnya tujuan kita sama yaitu mendapat keberkahan dan berharap menjadi pribadi yang lebih religius.

 

Sumber :

https://muslim.or.id/.