Cara Menghadapi Kenaikan Harga Pangan, Bersama Hemat.id

Sudah dengar adanya indikasi harga-harga akan naik? Presiden Indonesia, Joko Widodo, menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan harga naik. Sebutnya, kenaikan harga dipicu oleh kelangkaan kontainer di seluruh dunia yang membuat biaya logistik meningkat, disertai juga dengan adanya kelangkaan pangan, kelangkaan energi, bahkan kenaikan inflasi, ditambah dengan adanya perang yang terjadi di antara Rusia dan Ukraina.

Semua itu mengerucut menjadi kenaikan harga-harga barang, termasuk harga pangan. Bahkan Jokowi menyampaikan bahwa kenaikan harga pangan hingga 90% sudah terjadi di beberapa negara.

Kondisi ini perlu kita waspadai. Walaupun harga kebutuhan naik, gaji atau penghasilan belum tentu ikut naik. Sudah saatnya untuk menyiasati anggaran belanja kebutuhan. Daripada harus menarik uang dari pos keuangan lainnya atau berhutang, lebih baik Anda menekan pengeluaran biaya kebutuhan pokok dengan mencari diskon.

Di masa yang genting ini, hemat.id bertahan untuk terus membantu masyarakat berhemat dengan menemukan harga terhemat. Kami dengan setia memberikan kumpulan informasi promo dan diskon terbaru dari 17 ritel setiap saat. Termasuk promo di Alfamart, promo di Indomaret, promo di Superindo, promo di Hypermart, promo di Toserba Yogya & Griya, promo di Alfamidi, promo di Carrefour, dan 10 ritel lainnya.

Anda bisa mengakses hemat.id secara gratis, di mana saja, dan kapan saja. Scrolling dan surfing di hemat.id selama 10 Р15 menit bisa mendorong Anda untuk menghemat demi menghadapi kenaikan harga pangan seperti minyak goreng, mie instan, beras, hingga gula. Kok bisa? Simak tips berbelanja harga pangan yang dikabarkan akan mengalami kenaikan harga:

Gunakan kode voucher untuk belanja minyak goreng

Sejak harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng ditetapkan Rp14.000 per liter, pasokan minyak goreng justru menjadi susah susah gampang untuk diperoleh, khususnya di ritel modern. Walaupun bisa didapatkan di pasar, namun masyarakat perlu merogoh kocek lebih dalam. Karena faktanya, beberapa penjual minyak goreng di pasar masih menjual di atas HET yaitu sekitar 19ribu per liter.

Hal ini membuat kami ingin terus memberikan informasi promo harga minyak goreng terbaru. Walaupun stok minyak goreng di beberapa ritel sulit ditemui, ternyata Anda bisa membeli minyak goreng melalui toko online. Oleh karena itu, selain kami menampilkan informasi promo ritel, Anda juga dapat melihat informasi promo toko online, seperti kode voucher Tokopedia, Blibli, Shopee, dan sebagainya di hemat.id. Sehingga diharapkan bisa membantu Anda memutuskan di mana perlu membeli minyak goreng.

Saat ini ada 3 alternatif diskon untuk Anda bisa membeli minyak goreng dengan harga yang lebih hemat:

  1. Gunakan kode voucher PMTGROC di Tokopedia untuk diskon hingga Rp50 ribu.
    Anda bisa berbelanja minyak goreng di Tokopedia dan mendapatkan diskon 10% hingga Rp50 ribu dengan menggunakan promo Permata Kartu Kredit. Minimal transaksi adalah Rp300.000, dengan masukan kode promo PMTGROC di halaman pembayaran. Anda bisa gunakan kesempatan diskon ini bersama dengan kebutuhan pokok lainnya. Atau patungan dengan sanak saudara untuk membeli beberapa minyak goreng sekaligus. Kode ini berlaku hingga 30 Juni 2022.
  2. Gunakan kode voucher BTNMART-MAR di Blibli untuk diskon Rp25 ribu.
    Anda bisa memanfaatkan promo kartu debit BTN untuk mendapatkan diskon 25 ribu di Blibli. Belanja dengan minimal transaksi Rp200.000 dan menggunakan kode voucher BTNMART-MAR. Kode voucher berlaku hingga 31 Maret 2022 mulai pukul 10:00 – 23:59 WIB. Kuota terbatas hingga 600 transaksi per bulan. Selain minyak goreng, promo berlaku untuk pembelian seluruh produk di kategori BlibliMart, kecuali Susu Formula Anak dibawah 1 Tahun, Rokok & Korek pada situs/aplikasi Blibli.
  3. Gunakan GOPAY di Indomaret untuk cashback 60%.
    Apabila stok minyak goreng sudah tersedia di Indomaret terdekat, Anda bisa menggunakan GOPAY untuk mendapatkan minyak goreng 2 liter dari Rp28 ribu menjadi Rp18 ribu saja. Hal ini karena adanya cashback GOPAY sebesar 60% hingga Rp10.000 yang bisa kita gunakan tanpa minimum transaksi. Batas penggunaan cashback adalah maksimal 1x cashback/pengguna/brand/bulan. Baca selengkapnya di Viral: Promo Minyak Goreng Rp18.000 untuk 2 liter, paling murah! – Artikel Tips Belanja Hemat.

Pantau terus Promo Harga Minyak Goreng Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

Belanja mie instan saat harga promo terbaik

Dalam sepekan terakhir, harga gandum sudah naik lebih dari 40 persen. Kenaikan harga gandum ini salah satunya dipicu oleh adanya perang Rusia-Ukraina, yang berimbas ke terhambatnya ekspor gandum. Hal ini karena Rusia dan Ukraina memasok sekitar 29 persen dari ekspor gandum global.

Dampaknya, pasokan gandum menjadi berkurang dan dapat mempengaruhi produk-produk dengan bahan dasar gandum, seperti mie instan, mie ayam, dan roti-rotian. Perkiraan kenaikan harga mie ini disebutkan oleh Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, yang dilansir dalam artikel CNN Indonesia.

Untuk memastikan apakah harga promo mie instan masih aman dan tidak mengalami kenaikan, Anda bisa gunakan fitur terbaru dari hemat.id ini.

Informasi harga terbaik Indomie Mie Goreng Jumbo Ayam Panggang (www.hemat.id)

Hemat.id kini memiliki fitur baru yang dapat menyediakan informasi harga promo secara detail per SKU. Contohnya adalah harga SKU Indomie Mi Goreng Jumbo pada gambar di atas. Anda dapat menemukan bahwa harga terbaik Indomie hari tersebut berada di bawah harga promo rata-rata. Mumpung lagi murah, itu adalah saat yang tepat untuk Anda membeli Indomie. Informasi di atas dapat Anda lihat dengan cara klik pada promo Indomie Mi Goreng Jumbo.

Lihat juga Promo Harga Mie Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

Membandingkan harga beras terhemat

Kenaikan harga gandum ini mendorong orang-orang untuk membeli berbagai macam tepung, hingga pasokan gandum menipis. Akibatnya, orang akan beralih ke beras sebagai alternatif gandum. Sehingga meningkatnya harga gandum akan disusul dengan harga beras yang ikut naik.

Hemat.id ingin membantu Anda menentukan pilihan untuk berbelanja beras dengan harga terhemat. Oleh karena itu, selain dapat melihat harga terbaik per SKU di hemat.id, Anda kini dapat melihat perbandingan harga beras dengan mudah. Hemat.id menampilkan harga promo dari setiap ritel untuk SKU tertentu dalam bentuk daftar, dan dilengkapi harga per gram seperti di bawah ini.

Dengan melihat gambar di atas, Anda dapat langsung mengetahui bahwa harga terhemat untuk 5 kg beras adalah Rp55.900 dengan pembayaran GOPAY di Hypermart. Apabila Anda ingin melihat keterangan promo selengkapnya, Anda cukup klik promo mana yang ingin Anda lihat.

Lihat selengkapnya Promo Harga Beras Tepung Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

Cari promo Tebus Murah untuk belanja gula

Sejak bulan lalu, harga gula terus mengalami kenaikan. Dari harga jual gula Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogram, kini sudah tembus Rp14 ribu – Rp15 ribu di pasaran. Kenaikan harga gula ini disebabkan oleh stok gula yang sudah menurun setelah permintaan di masa Nataru, sedangkan musim giling tebu baru akan dimulai awal Juni 2022.

Walaupun begitu, Anda tetap bisa menggunakan promo tebus murah untuk membeli gula. Sistem promo tebus murah memang memiliki syarat minimal transaksi. Anda bisa gabungkan dengan berbelanja kebutuhan lainnya.

Saat ini, ada promo Gula Pasir SUS yang bisa Anda beli dengan harga Rp5.000 per 1 kilogram, dengan minimal pembelanjaan Rp250.000. Promo ini berlaku di LotteMart terdekat Anda, dengan periode berlaku sampai hari ini saja (9 Maret 2022).

Simak update hari ini Promo Harga Gula Pemanis Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

Walaupun Anda bisa membeli kebutuhan pokok tersebut dengan harga promo, tetaplah berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak melakukan panic buying. Hemat.id berusaha untuk terus memberikan informasi promo-promo terbaru, sehingga Anda dapat pantau terus harga-harga dari kebutuhan Anda.

Sumber berita:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220301105604-532-765236/jokowi-singgung-perang-hati-hati-harga-semuanya-akan-naik
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5971810/harga-minyak-goreng-curah-dipatok-rp-11500liter-begini-faktanya-di-pasar
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220308081709-92-768095/harga-gandum-naik-tertinggi-dalam-14-tahun-imbas-perang-rusia-ukraina
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220304184237-92-766942/bos-indomie-tak-takut-perang-rusia-ukraina-ganggu-pasokan-gandum
https://ekonomi.bisnis.com/read/20220304/620/1506651/susul-gandum-harga-beras-dunia-mulai-terkerek-naik
https://www.kompas.tv/article/266963/harga-gula-pasir-naik-tembus-rp-15-000-kg
https://ekonomi.bisnis.com/read/20220122/9/1492028/awal-2022-harga-minyak-goreng-hingga-gula-naik-ini-penyebabnya