Cara Menghilangkan Jamur Di Lemari Kayu

Apakah Anda memiliki lemari dengan material kayu di rumah? Hampir semua perabotan di rumah saya berbahan dasar kayu karena menurut saya perabotan berbahan dasar kayu membuat rumah terlihat lebih elegan. Tapi permasalahan dengan lemari kayu adalah jamur yang suka muncul. Dan yang membuat kita jengkel adalah seberapa sering kita bersihkan jamur akan tetap muncul kembali beberapa hari kemudian.

jamur yang muncul pada lemari kayu
Sumber : tripadvisor.com

Kenapa lemari kayu berjamur?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan lemari kayu Anda berjamur, seperti lembap yang disebabkan oleh ventilasi pada lemari kayu buruk, sedang musim hujan atau bisa juga karena lemari gelap sebab tidak ada cahaya yang masuk.

Jamur yang muncul di dalam lemari bisa menyebabkan barang-barang yang kita simpan di dalamnya jadi ikut terkena jamur, terutama barang atau pakaian yang berbahan kulit, kain dan bahan-bahan yang mudah menyerap air. Kemudian semua isi di dalam lemari menjadi berbau kurang sedap, otomatis minimal kita harus menjemur semua isi lemari atau harus mencuci kembali.

Hal lain yang membuat kita makin frustrasi adalah jika barang seperti tas kulit sudah terkena jamur, maka nodanya akan sulit sekali untuk dihilangkan. Dan yang lebih membahayakan adalah jika terkena paparan jamur terlalu lama dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti infeksi atau masalah pernapasan.

Baca juga : Lemari Pakaian Yang Cocok Untuk Ruangan Minimalis

Jenis jamur pada lemari kayu

Jamur putih adalah jenis jamur yang sering ditemukan di area yang lembap. Faktanya organisme ini memiliki warna yang tembus cahaya. Dan bagian putih yang biasanya kita lihat adalah spora, pastikan untuk melindungi diri Anda sebelum memulai membersihkannya. Jamur putih dapat mengirimkan spora ke udara yang dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata atau saat Anda menghirup udara yang sudah tercemar.

Tips lemari kayu terhindar dari jamur

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari jamur, berikut beberapa tipsnya :

  1. Tidak menyandarkan lemari terlalu dekat dengan dinding, terutama jika Anda memiliki dinding yang lembap.
  2. Memberikan alas koran atau kertas untuk menyerap kelembapan pada lemari.
  3. Memasang lampu TL atau lampu neon di dalam lemari untuk memberikan cahaya yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur, terutama jika lemari tersebut digunakan untuk menyimpan tas, sepatu atau baju berbahan dasar kulit.
  4. Anda bisa menggunakan plastik yang sudah divakum terlebih dahulu agar pakaian atau selimut yang ada simpan tidak berbau dan berjamur.
  5. Anda bisa menggunakan pernis atau melamin sebagai finishing, untuk mencegah tumbuhnya jamur di permukaan dinding lemari dan kelebihan lainnya adalah lemari kayu Anda akan lebih mengkilap, lebih tahan air dan dapat mengeraskan elemen kayu.
  6. Gunakan produk penyerap air dan juga bau agar lemari Anda tidak lembap, pastikan menggunakan produk serap air yang ukurannya sesuai dengan luas lemari agar penyerapannya maksimal.
  7. Untuk cara yang alami adalah membuka pintu lemari secara berkala agar udara di dalam lemari tidak lembab.

Cek promo :  Produk serap air penyerap udara lembap

Cara menghilangkan jamur pada lemari kayu

Jika lemari sudah terlanjur berjamur maka ada beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan, seperti :

jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan jamur pada lemari kayu
Sumber : shutterstock.com

1. Jeruk nipis dan garam

Campurkan jeruk nipis dan garam, aduk sampai garam larut. Setelah garam larut gosok permukaan lemari dengan menggunakan sikat gigi bekas, kemudian gosok ke area lemari yang berjamur.

2. Alkohol 70%

Gunakan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol atau Anda juga bisa menuangkan alkohol secukupnya pada botol spray, kemudian lap atau spray pada area yang berjamur. Diamkan sampai kering sebelum pintu lemari ditutup kembali.

3. Air dan cuka

Selain campuran jeruk nipis dan garam, Anda juga bisa menggunakan campuran air dan cuka. Cuka memiliki kadar asam yang tinggi sehingga ampuh untuk menghilangkan jamur yang muncul pada lemari kayu. Lap area yang berjamur lalu keringkan dengan lap kering, tunggu sampai benar-benar kering baru kemudian tutup kembali.

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur di lemari kayu yang bisa Anda coba di rumah Anda, apakah Anda memiliki tips lain untuk menghilangkan jamur pada lemari kayu? Bagikan yuk pengalaman dan cerita Sahabat Hemat di kolom komentar di bawah. Anda bisa mendapatkan produk mencegah dan penghilang jamur lainnya dengan membuka hemat.id dan membuat daftar belanjanya di Kliptalog.

Sumber :

  1. cdc.gov
  2. webmd.com