Ide Kreatif Dekorasi Rumah Bertema Valentine

Berbagi kasih sayang dapat dilakukan setiap hari, tapi tidak ada salahnya juga merayakan secara khusus pada hari Valentine. Mendekorasi rumah dengan tema Valentine termasuk bentuk merayakannya juga. Bukan hanya mall atau toko-toko yang bisa memasang berbagai atribut Valentine, kita pun bisa, tentunya dengan barang-barang yang mudah didapat yang ada di sekitar kita dan low budget.

Hemat.id membagikan beberapa ide menarik yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk menciptakan suasana rumahmu menjadi penuh cinta dan kasih sayang. Yuk disimak!

1. Sambut Tamu Dengan Cinta

Dekorasi Valentine
Hiasan Pintu

Sambutlah tamu maupun orang-orang yang datang mengunjungimu dengan cinta. Gantungkan wreath (hiasan pintu) dengan bentuk hati berwarna merah, merah muda atau bisa padukan kedua warnanya. Kamu juga dapat menggantinya dengan balon-balon kecil yang dibentuk menjadi hati. Atau pilihan lain kamu bisa memakai bunga-bunga saja. Dan pintu masuk rumahmu akan jadi perhatian semua orang yang melewati depan rumahmu. Wah, pintunya saja sudah banyak cinta apalagi di dalamnya ya..

2. Tirai Jendela

Dekorasi Ala Valentine
Hiasan Jendela

Ide sederhana ini juga menarik untuk dipraktekan. Jendela rumahmu yang sepi bisa kamu beri pernak-pernik bentuk hati, bunga, atau pom-pom. Buatlah kepingan hati dari kertas yang bergelantungan dari atas ke bawah mulai dari ukuran paling besar ke paling kecil dan susun secara acak.

3. Pohon Kering Berbuah Hati

Dekorasi Tema Valentine
Pohon Kering Buah Hati

Jika biasanya yang kita lihat pohon hijau berbuah jeruk atau mangga di kebun, yang satu ini adalah pohon kering yang berbuah hati. Hiasan pohon kering ini bisa kamu letakkan di tempat manapun yang kamu suka baik dalam atau luar rumah. Jika kamu ingin menaruhnya di dalam sebaiknya kamu letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penghias yang manis.

4. Terbangkan Balon Hati Di Dalam Kamar

Dekorasi Kamar Tema Valentine
Balon Dalam Kamar

Penuhi kamarmu dengan balon-balon beterbangan. Kamu bisa memilih balon hati atau balon bulat biasa sesuka hatimu. Isi dengan gas yang bisa membuat balon terbang dan ikatkan tali. Dan voila! Kamarmu menjadi sangat ramai.

5. Kalimat Romantis Di Dinding

Dekorasi Dinding Tema Valentine
Pajangan Dinding

Kata-kata manis bukan hanya bisa diucapkan saja, tapi tunjukkan juga melalui tulisan yang ada di dinding. Ini juga termasuk dekorasi Valentine yang apik. Sebagai tambahan hiasan kamu juga dapat memberi potongan-potongan kertas berbentuk hati dan menempelkannya di dindingmu.

6. Meja Makan Romantis

Dekorasi Ruang Makan Ala Valentine
Ruang Makan Ala Valentine

Makan malam yang romantis tidak hanya milik sepasang kekasih atau mereka yang menikah. Untuk kamu yang berencana mengadakan makan malam dengan keluarga, dekorlah ruang makanmu menjadi penuh Valentine. Pakai taplak meja berwarna merah muda atau putih, jangan lupa pasang lilin di tengah-tengah meja untuk menambah suasana hangat dan romantis.

7. Ramaikan Dengan Lampion Valentine

Dekorasi Kreatif Valentine
Lampion Valentine

Lampion memang identik dengan imlek, namun siapa bilang kita tidak bisa membuat lampion ala Valentine yang berwarna merah muda? Supaya lebih indah tambahkan lampu didalamnya agar jika malam bisa menyala saat lampu utama ruangan dimatikan. Kamu bisa membuatnya dari kertas atau benang.

Bahan & alat (lampion benang):

  1. Sebundel benang (bisa pakai wol)
  2. Lem Cair
  3. Balon
  4. Jarum

Cara Membuat:

  1. Rendam benang dalam lem cair kurang lebih 1 menit.
  2. Tiup balon kira-kira seukuran buah melon atau bola basket.
  3. Mulai menggulung benang ke seluruh bagian balon secara acak sampai semua sisi balon tertutupi, usahakan menggulung dengan lembut supaya hasilnya mulus. Jemur hingga kering.
  4. Siapkan jarum lalu tusukkan ke balon agar pecah dan lampion sudah jadi.
  5. Terakhir, beri lampu didalam lampionnya. Caranya buat lubang dengan diameter 8 cm di sisi balon yang akan menjadi bagian atas. Rapikan dengan menutupi pinggiran lubang dengan kertas tipis yang berwarna senada dengan lampion. Masukkan rangkaian lampu-lampu kecil.
  6. Untuk tali yang akan menjadi gantungannya, lubangi sedikit bagian atas buat sebanyak 4 sesuai arah mata angin. Lalu masukkan tali ke 4 lubang tersebut secara menyilang dan pasang tali yang lebih panjang ditengah-tengah silangan benang tadi. Selesai. Kamu bisa menempatkannya di langit-langit rumahmu atau dibatang pohon.

 

Sangat menarik kan? Kamu juga bisa mendekorasi rumahmu bersama-sama keluarga di waktu senggang. Selain menciptakan momen berharga, menjadi lebih dekat, rumahmu juga menjadi serba Valentine. Ayo percantik rumah dengan tangan-tangan kreatif kita. Kunjungi juga hemat.id yang menyediakan berbagai info promo menarik menjelang Valentine. Selamat mencoba.