Kulkas 2 Pintu atau Kulkas 1 Pintu, Mana yang Lebih Baik?

Jika Anda akan membeli kulkas, faktor utama apa yang menjadi pertimbangan anda sebelum membelinya? Apakah ukuran, harga, merek, kulkas yang memiliki satu pintu atau dua pintu?

Ada banyak sekali ukuran kulkas yang dijual di pasaran, dari yang ukuran mini sampai yang seukuran lemari pakaian. Berikut beberapa perbedaan dari kulkas satu pintu dan dua pintu yang coba saya rangkum dalam artikel ini.

kekurangan dan kelebihan fitur kulkas 1 pintu dengan kulkas 2 pintu
klik pada gambar untuk memperbesar

Perbedaan kapasitas kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Kulkas satu pintu umumnya menyediakan kapasitas mulai dari 50 – 250 liter sedangkan kulkas dengan dua pintu memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu sekitar 235 – 495 liter.

Memilih kulkas berdasarkan jumlah anggota keluarga

Keluarga kecil sekitar 1-3 orang bisa menggunakan kulkas satu pintu. Keluarga dengan anggota lebih dari 3 orang, kulkas dua pintu cocok untuk dipilih. Semakin banyak keluarga tentu membutuhkan bahan makanan yang jauh lebih banyak.

Perbedaan desain kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Kulkas satu pintu hanya memiliki satu pintu utama yang mencakup area pendingin dan area pembeku. Tapi biasanya mereka menambahkan pintu kecil untuk menutup area pembeku untuk menjaga suhu pada area pembeku agar selalu dingin. Pada kulkas dua pintu memiliki dua pintu utama yang memisahkan area pendingin dan area pembeku.

Perbedaan ukuran freezer pada kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Area pembeku pada kulkas satu pintu biasanya lebih kecil, sedangkan pada kulkas dua pintu biasanya memiliki ukuran freezer yang cukup luas jadi Anda tetap bisa membuat es batu dan juga membekukan makanan. Terdapat bagian tambahan juga di pintu freezer. Sebagai Ibu tentunya saya lebih suka dengan kapasitas freezer yang luas. Apalagi jika mempunyai bayi, membuat stok makanan beku untuk MPASI jadi lebih mudah karena area penyimpanan yang luas.

Perbedaan konsumsi daya listrik pada kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Rata-rata daya listrik pada kulkas satu pintu adalah sekitar 45-70 watt, sedangkan pada kulkas dua pintu daya listrik yang dikonsumsi cukup jauh perbedaannya, yaitu sekitar 100-171 watt.

Walau memiliki daya listrik yang cukup jauh tapi kulkas satu pintu tidak hemat energi karena salah satu penyebabnya adalah kebiasaan tidak baik yang Anda lakukan sehari-hari seperti membuka kulkas terlalu lama atau terlalu sering. Saat Anda membuka kulkas terlalu lama mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu dingin ke seluruh area kulkas termasuk juga area pembeku.

Pada kulkas dua pintu walaupun mengkonsumsi daya listrik lebih besar tapi lebih hemat energi karena memiliki dua pintu yang berbeda sehingga kulkas hanya akan menstabilkan suhu di area yang dibuka pintunya saja.

Pemeliharaan kulkas satu pintu dan kulkas dua pintu

Pemeliharaan kulkas saya jadwalkan sebulan sekali untuk menjaga kondisi kulkas tetap bersih dan performa kulkas menjadi tahan lama. Salah satu langkah penghematan ya Bun, agar kulkas awet sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga :  7 Cara menata isi lemari es, dijamin lebih rapi dan awet!

Bersih-bersih pada kulkas satu pintu memang lebih ekstra karena sering kali muncul bunga es atau salju, salah satu penyebab munculnya bunga es adalah karena freezer pada kulkas satu pintu menyatu dengan area pendingin sehingga pintu utama yang sering dibuka tutup menyebabkan bunga es mudah terbentuk.

Memasukkan benda panas atau hangat ke dalam kulkas juga menjadi salah satu penyebab terbentuknya bunga es pada kulkas satu pintu. Jika bunga es dibiarkan terlalu banyak, bisa menyebabkan kulkas jadi tidak dingin atau kasus terburuk kulkas menjadi rusak.

Kita sering mendengar fitur No frost pada kulkas. Fitur No frost berfungsi mencegah terbentuknya bunga es. Tapi fitur No frost ini hanya dimiliki oleh kulkas 2 pintu, karena pada kulkas 2 pintu terdapat tambahan komponen yang berguna sebagai pemanas untuk menghilangkan bunga es. Komponen ini disebut dengan heater kipas dan thermostat pemanas. Sedangkan pada kulkas 1 pintu tidak dilengkapi komponen itu, kulkas 1 pintu hanya dilengkapi dengan komponen pada bagian pendingin saja, seperti Evopolator dan pipa kapiler.

Bunga es masih bisa terjadi pada kulkas dua pintu, tapi sangat jarang sekali kecuali ada kerusakan pada salah satu elemen kulkas. Jadi Anda hanya harus rutin mengelap kulkas jika ada tumpahan makanan atau kotoran agar kulkas selalu dalam keadaan bersih dan beraroma segar. Saya pribadi saat melakukan food preperation sekaligus membersihkan kulkas karena saya harus memasukkan bahan makanan baru dan membuang bahan makanan yang sudah kadarluarsa atau sudah menurun kualitasnya.

Jumlah rak pada kulkas satu pintu dan kulkas dua pintu

Rak pada kulkas satu pintu umumnya berjumlah tiga rak sedangkan pada kulkas dua pintu bisa memiliki empat rak dan rak-rak pada kedua tipe kulkas ini dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Perbedaan yang mencolok lainnya adalah luas dari masing-masing tingkat, kulkas satu pintu tidak memiliki ruang yang terlalu luas dibandingkan kulkas dua pintu.

Perbedaan ukuran kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Ukuran kulkas satu pintu hanya meliputi area kecil saja dibandingkan dengan kulkas dua pintu yang memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi. Jadi kulkas satu pintu cocok untuk dapur yang memiliki layout yang sempit sedangkan kulkas dengan dua pintu lebih cocok untuk dapur yang memiliki layout yang luas.

Contoh kulkas satu pintu adalah AQUA AQD-D191DS dimensinya  (P x L x T) : 505 x 515 x 1130 mm. Sedangkan pada contoh kulkas dua pintu LG-GN-B215SQMT dimensinya (P x L x T) : 555 x 585 x 1520 mm, perbedaan ukuran ini cukup signifikan ya. Terutama bagi orang yang memiliki area dapur yang terbatas.

Perbedaan harga kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu

Kulkas satu pintu harganya lebih ekonomis di bandingkan kulkas dua pintu, kulkas satu pintu dibandrol sekitar Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 sedangkan kulkas dua pintu dibandrol dengan harga Rp. 1.500.000 sampai dengan Rp. 15.000.000 berdasarkan fitur belanja di Google dengan berbagai pilihan merek.

Kelengkapan lainnya

Kelengkapan lain bisa Anda temukan pada kulkas dua pintu yang menyediakan tempat untuk Anda membuat es batu, jadi Anda tinggal mengisi air pada tempat yang sudah di sediakan, diamkan sampai keras lalu tinggal memutar tuas agar es batu jatuh ke wadah penampung es batu yang disediakan di dalam freezer.

Anda hanya tinggal menarik wadah tersebut keluar untuk mengambil es batu. Sedangkan pada kulkas satu pintu belum semua merek menyediakan fitur tambahan ini, jadi pilihan Anda adalah membuat es dengan menggunakan plastik atau tempat membuat es batu kemudian dikeluarkan saat dibutuhkan saja karena tidak tersedia wadah khusus untuk menampung es batu.

Rekomendasi kulkas satu pintu

Untuk kulkas satu pintu Anda bisa mengecek AQUA AQD-D191DS kulkas berwarna hitam ini terlihat mewah baik diletakkan di dapur maupun di ruang makan, dilengkapi dengan fitur low voltage running yang berfungsi untuk mempertahankan kinerja kulkas agar tetap stabil di tegangan rendah sekalipun.

Keunggulan lainnya adalah memiliki tempered glass tray yang kuat, tahan lama dan mudah dibersihkan, full insulation untuk mempercepat proses pendinginan di dalam lemari es jadi lebih hemat energi.

Terdapat multi handle yang berada di bagian atas dan samping untuk memberikan kenyamanan pada pengguna, dan terdapat dry box sebagai laci tambahan pada sisi paling bawah. Kulkas ini memiliki kapasitas sebesar 160 liter, dengan kapasitas frezeer 22 liter, dengan konsumsi daya 70 dan 160 volt. Dimensi nya 50,5 x 51,5 x 113 cm cocok sekali untuk di letakkan di dapur yang tidak terlalu luas karena kulkas ini tidak memakan banyak ruang.

rekomendasi terbaik kulkas satu pintu merek AQUA AQD-D191DS
klik pada gambar untuk detail produk

Beli AQUA AQD-D191DS di Courts BTM

Beli AQUA AQD-D191DS di Courts Bintaro

Beli AQUA AQD-D191DS di Courts Ciledug

Beli AQUA AQD-D191DS di Courts Megastore KHI

Beli AQUA AQD-D191DS di Courts MBH

Rekomendasi kulkas satu pintu

Rekomendasi kulkas dua pintu adalah LG GN-B215SQMT  dilengkapi dengan smart inverter compressor, ice tray dan pull out tray. Memiliki kotak sayur berkapasitas besar, moist balanced crisper, adjustable door shelf, tempered glass rack, multi air flow dan dilengkapi dengan LED lighting. Memiliki kapasitas 209 liter, dimensi 555 x 585 x 1520 mm, daya 125 watt, tegangan 220V/1P, dengan berat kurang lebih 44 kg dan terdapat garansi 1 tahun spareparts dan 10 tahun garansi kompresor.

rekomendasi kulkas LG GN-B215SQMT dua pintu terbaik
Klik pada gambar untuk melihat detail produk

Sebenarnya selain kulkas satu pintu dan dua pintu ada beberapa tipe kulkas lainnya, seperti kulkas yang bisa terbuka di kedua sisi seperti LG GC-B247KQBK yang berkapasitas 679 Liter, dimensi 912 x 1790 x 717 mm, serta memiliki warna Dark Graphite Steel yang mewah.

Cek promo : Kulkas dua pintu disini

Dilengkapi dengan Inverter Linear Compressor, fresh balancer, moist balance crisper, touch LED Display, dan juga sliding drawer akan memudahkan Anda dalam mengambil dan memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas ini.

Inverter linear compressor menghasilkan gaya gesek yang lebih sedikit sehingga dapat menghemat listrik  sampai dengan 32% dan bergaransi LG selama 10 tahun. Suhunya yang stabil akan membuat buah dan sayur segar lebih lama dan tidak bau.

Ada juga pilihan kulkas dengan pintu kulkas yang terbuka di kedua sisi di bagian atas dengan area pembeku di bagian bawah. Tapi karena kulkas dengan tipe ini jarang di miliki jadi saya tidak membahasnya, kulkas ini memiliki ukuran yang besar dan yang menjadi faktor utama dari jarangnya orang membeli kulkas tipe ini adalah harganya yang cukup tinggi untuk sebuah kulkas.

Apa pilihan kulkas saya secara pribadi?

Saya sudah pernah menggunakan kedua tipe kulkas dan yang menurut saya terbaik untuk keluarga saya adalah kulkas dengan dua pintu karena saya lebih suka berbelanja satu minggu sekali jadi saya membutuhkan kulkas yang memiliki kapasitas yang lebih besar, luas, dan memiliki rak yang lebih banyak agar  bisa menyimpan semua bahan makanan saya untuk satu minggu.

Dan tentu saja karena hemat energi yang berarti hemat biaya listrik dan tidak harus membersihkan bunga es juga menjadi salah satu alasan saya bertahan dengan kulkas dua pintu, membayangkan harus sering membersihkan kulkas sudah membuat kepala saya pusing. Saya harus mematikan kulkas terlebih dahulu semalaman agar bunga es cair kemudian keesokan harinya baru bisa mulai membersihkan, jadi saya pun harus benar-benar mengatur jadwal khusus untuk membersihkan kulkas saya.

Kulkas pun sudah banyak sekali modifikasi dan fitur tambahan, bahkan sekarang sudah ada kulkas pintar yang akan memberitahu Anda jika ada bahan makanan yang akan habis. Keren sekali ya.

Bagaimana menurut anda dengan analisa saya? Apakah masih ada yang perlu ditambahkan? Kulkas apa yang ada di rumah Anda saat ini? Apakah Anda sudah puas dengan pilihan Anda atau Anda ingin menggantinya dengan kulkas tipe lain? Jangan lupa untuk membagikan alasan Anda di kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber :

  1. aquajapanid.com
  2. quora.com