Kurang Diminati, Inilah Rahasia Kesehatan Di Dalam Oatmeal

Oat adalah bijian sereal utuh, yang setiap bagiannya yaitu kulit ari, bakal biji, dan endosperma mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sayangnya makanan sehat seperti oatmeal belum populer di lidah masyarakat indonesia karena rasanya yang hambar, sedangkan masyarakat indonesia suka sekali dengan rasa makanan yang memiliki rasa yang tajam. Kurangnya informasi mengenai si oatmeal ini juga menyebabkan oatmeal makanan sehat yang kurang diminati.

Tapi bagi mereka yang sedang menjalankan diet sehat biasanya sudah memanfaatkan oatmeal sebagai menu sarapan sehat.

Kenapa? berikut alasan-alasannya :

1. Oatmeal kaya akan serat

Oatmeal, Makanan Sehat Yang Kurang Diminati
Sumber : Quaker Oat

Oatmeal yang kaya akan serat akan membuat orang yang sarapan dengan oatmeal akan merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Sarapan dengan oatmeal anda juga dapat terhindari dari sembelit.

2. Oatmeal kaya akan mineral

Oatmeal, Makanan Sehat Yang Kurang Diminati
Sumber : Quaker Oat

Kandungan mineral yang ada dalam oatmeal adalah magnesium, kalsium, besi, fosfor, kalium, dan asam folat.

3. Oatmeal dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi

Oatmeal, Makanan Sehat Yang Kurang Diminati
Sumber : Quaker Oat

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, protein, vitamin B, dan selenium yang dapat membantu dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Jadi sarapan dengan oatmeal snagat di anjurkan bagi anda yang sudah terdiagnosa atau memiliki riwayat keturunan penyakit tekanan darah tinggi.

4. Oatmeal dapat mencegah kanker payudara

Oatmeal, Makanan Sehat Yang Kurang Diminati
Sumber : Dokter.id

Serat tak larut pada oatmeal mampu menyerang sel-sel karsinogen dalam tubuh dan secara tidak langsung juga akan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh sehingga perkembangan kanker dalam tubuh dapat diminimalisir sekecil mungkin.

5. Oatmeal baik untuk kulit

Oatmeal, Makanan Sehat Yang Kurang Diminati
Sumber : wiki

Selain dimakan oatmeal juga sangat baik untuk di gunakan sebagai perawatan kulit, misalnya kulit gatal dan kulit kering. Menurut America Academy of Dermatology oatmel dapat membantu menormalkan PH kulit sehingga dapat meredakan rasa gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit.

Berendam dengan secangkir oatmel dan air hangat selama 15-30 menit bisa juga untuk melembutkan dan melembabkan kulit serta dapat melindungi kulit terhadap iritasi.

Bahkan oatmeal tidak hanya bisa digunakan dalam air rendaman saat anda akan mandi, campuran oatmeal madu dan yogurt pun bisa di jadikan sebagai masker untuk wajah.

Makan oatmeal untuk kita yang sudah terbiasa menyantap nasi sebagai makanan pokok memang menantang, selain karena rasanya yang hambar biasanya orang yang sudah terbiasa makan nasi tetap akan merasa “ingin” makan nasi walaupun sudah makan oatmeal. Nah, disinilah kita mengeluarkan kreatifitas kita sebagai “chef” rumah tangga bagaimana caranya agar oatmeal bisa ramah di lidah keluarga kita. Ada banyak sekali inspirasi ide-ide bagaimana menyajikan oatmeal sebagai sarapan untuk keluarga. Seperti mencampurkan oatmeal dengan susu kesukaan keluarga atau memasak oatmeal dengan kuah sayur bening, seperti sayur bayam atau pun kuah sop.

Tidak hanya bisa disantap dalam bentuk bubur, oatmeal juga sudah diolah dalam bentuk camilan seperti sereal, kue, biskuit, roti, dan kue. Anda pun bisa mendapatkan oatmeal maupun variasi oatmeal tersebut dengan harga promo termurah di semua hypermarket, supermarket dan minimarket dengan membuka  hemat.id

Anda akan diberikan banyak sekali pilihan baik dari brand ataupun variasi camilan dengan bahan dasar oatmeal yang anda ingin berikan untuk keluarga anda, bagikan cerita keluarga anda mengenai menu sehat keluarga anda dan bagaimana anda dan keluarga membuat keluarga mau mengikuti menu sarapan sehat yang sudah anda siapkan untuk keluarga.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. https://www.quaker.co.id/tentang-oats

2. https://wolipop.detik.com/read/2014/11/03/095644/2736971/849/5-manfaat-kesehatan-dengan-mengonsumsi-oatmeal

3. https://meetdoctor.com/article/diet-untuk-penderita-hipertensi/oatmeal

4. https://hellosehatcom/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-oatmeal-untuk-tubuh-anda/