Lemari Pakaian Yang Cocok Untuk Ruangan Minimalis

Tim rumah minimalis mana suaranya? Tepatnya trisemester ketiga tahun 2020 saya memutuskan untuk fokus memulai hidup minimalis. Salah satu faktor yang perannya penting untuk menjalani hidup minimalis adalah barang-barang yang saya pilih harus berfungsi optimal sehingga saya hanya memiliki barang-barang yang memang esensial saja. Hanya punya sedikit barang, tapi terus-menerus dipakai.

Di akhir tahun 2020 saya pindah rumah dengan luas tanah yang lebih kecil dibanding dengan rumah sebelumnya. Luas tanah rumah saya sekarang hanya 72 m2. Selisih hampir 30 m2 dibandingkan rumah yang lama. Akan tetapi rumah yang sekarang jauh lebih nyaman dan fungsional dibandingkan rumah yang lama karena desainnya yang tepat guna sehingga setiap sudut rumah terpakai dengan baik dan barang yang ada pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan semua anggota keluarga. 

Baca juga : Tips Penataan Ruang Sempit Yang Tepat

Definisi Minimalis dalam Kehidupan

Definisi minimalis menurut KBBI adalah segala sesuatu yang menggunakan unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan kesan yang baik. Menurut saya terbatas disini tidak selalu diartikan dengan ruangan yang kecil, ruangan yang luas pun bisa didesain secara minimalis. Sederhana dan terbatas disini lebih ke desain atau barang yang sedikit atau kecil namun berfungsi optimal. Nah salah satu barang yang harus kita pikirkan sebelum membelinya untuk mengisi area minimalis di dalam rumah kita adalah lemari pakaian. Lemari pakaian pasti menjadi salah satu furnitur wajib yang lumayan memakan tempat di area rumah apalagi untuk anda yang tinggal di negara empat musim dibandingkan yang hanya tinggal di negara dua musim. Setiap musim membutuhkan jenis pakaian yang berbeda sehingga jenis pakaian yang ada pasti lebih banyak.

Baca juga : 5 Tips Menyulap Kamar Minimalis Dengan Budget Tipis

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Lemari Pakaian

hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli lemari pakaian
Klik pada gambar untuk memperbesar

Jika anda tipikal orang yang senang membuat list pertimbangan sebelum membeli barang, banyak poin yang bisa anda pikirkan sebelum membeli lemari pakaian. Baik dari segi model, jenis, material bahan pembuatnya, harga dan sebagainya. Dengan mementukan berbagai aspek ini, anda bisa mendapatkan lemari yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut beberapa poin yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli lemari pakaian untuk ruangan minimalis.

1. Harga yang sesuai atau menyesuaikan

Harga lemari pakaian pasti ditentukan oleh kualitas bahan dan model lemari. Lemari yang memiliki detail rumit dan multifungsi biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemari dengan desain sederhana. Saya pribadi lebih memilih menabung sedikit lebih lama untuk membeli lemari pakaian yang sesuai dengan model yang saya butuhkan dengan material yang baik agar lemari tahan lama. Range harga lemari pakaian bisa sangat luas yaitu berkisar Rp150.000 sampai dengan puluhan juta. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki atau buat budget khusus sesuai dengan lemari yang anda inginkan.

2. Pilih bahan material tahan lama

Ada banyak pilihan bahan pembuat lemari pakaian seperti kayu jati, kayu oak, kayu pinus, kayu mapel, kayu mahoni, particle board, MDF (mediumdensity fiberboard), bambu, plastik, besi, alumunium dan sebagainya. Saya pribadi membeli lemari bahan kayu pinus yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati dan menghindari membeli furnitur dengan bahan particle board. Dari pengalaman saya membeli lemari dengan bahan particle board, ternyata lemari tersebut mudah sekali lembab dan berjamur jika kondisi sekitarnya tidak sesuai.

Untuk lemari besi dan alumunium saya menghindarinya karena tidak menyukai modelnya. Tapi kedua jenis bahan lemari ini termasuk yang tahan lama dan tahan banjir jika anda tinggal di area yang rawan banjir. Pilihan kedua saya jatuh pada lemari plastik karena sudah banyak pilihan model yang bagus, bahan yang pastinya awet, ringan sehingga mudah dipindahkan, dan juga anti air. Minusnya lemari plastik tidak bisa diisi dengan barang yang terlalu berat.

3. Pilih ukuran lemari yang sesuai dengan rumah dan kebutuhan

Sesuaikan ukuran lemari dengan ukuran ruangan agar ruangan tidak terlalu penuh karena ukuran lemari terlalu besar. Untuk memaksimalkan ruangan yang kecil, anda bisa memilih lemari yang memanjang keatas bahkan hingga menyentung langit-langit rumah. Dengan begitu, anda hanya membutuhkan sedikit area di ruangan anda untuk meletakkan lemari meskipun anda jadi memerlukan kursi untuk menjangkau bagian atas. Anda hanya perlu meletakkan barang yang tidak rutin diganti seperti bedcover, sprei, selimut tebal atau koper dibagian atas lemari. Anda juga bisa membeli lemari dengan custom untuk menyesuaikan sudut rumah misalnya untuk membuat lemari pakaian dibawah tangga.

Beli lemari yang sesuai dengan jenis pakaian yang paling banyak anda miliki. Jika anda memiliki banyak pakaian yang harus digantung seperti dress atau gamis, beli lemari yang banyak menyediakan area untuk menggantung pakaian. Begitu juga jika anda memiliki banyak baju yang dilipat. Jika anda memiliki ruangan tertutup dengan AC, anda bisa menggunakan lemari terbuka karena tidak perlu khawatir dengan debu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan laci-laci kecil untuk menyimpan pakaian dalam atau barang kecil lainnya agar tetap rapi. 

4. Cari fungsi tambahan yang menguntungkan

Saat membeli lemari pakaian ada beberapa spesifikasi yang saya tentukan. Kebetulan saya membeli lemari dengan custom sehingga semua spesifikasi yang saya inginkan bisa langsung dieksekusi. Salah satunya adalah penambahan cermin di seluruh bagian luar pintu lemari yang akan membuat tampilan ruangan saya tidak sempit. Dengan adanya cermin ini saya tidak perlu membeli cermin terpisah dan mengalokasikan tempat untuk menyimpan cermin tersebut. Selain itu saya juga memesan pintu lemari dengan model sliding door dengan tinggi lemari hingga 2.5 meter. Saya membeli lemari sistem knockdown agar jika pindah rumah, proses membawa lemari akan lebih mudah dilakukan.

Ada juga pilihan fungsi tambahan di beberapa desain lemari seperti roda agar lemari mudah dipindahtempatkan. Atau desain yang memungkinkan anda mengatur kompartemen lemari sendiri seperti mengatur rak di dalam kulkas sehingga anda bisa dengan mudah menyesuaikan luas area penyimpanan yang anda inginkan.

5. Pemilihan warna lemari

Lemari pakaian merupakan furnitur yang besar sehingga warna yang dipilih akan mempengaruhi tone ruangan. Jika anda memilih warna kayu, ruangan akan terkesan hangat dan klasik. Jika anda memilih warna asli besi atau metal, ruangan akan terkesan tegas dan modern. Jika anda memiliki ruangan minimalis, warna yang saya sarankan adalah putih. Lemari berwarna putih atau pastel akan membuat tampilan ruangan tidak sempit serta lebih mudah menyesuaikan dengan warna cat ruangan atau perabotan lainnya.

6. Cari lemari preloved

Opsi ini mungkin tidak semua orang suka apalagi jika anda sudah memiliki spesifikasi khusus untuk lemari yang akan anda beli. Tapi jika anda tidak memiliki spesifikasi khusus, membeli lemari preloved akan menghemat budget anda. Lemari preloved atau secondhand banyak tersedia di market place atau anda bisa menemukannya dari tetangga yang akan pindah rumah. Karena membawa lemari saat pindah rumah itu merepotkan sehingga banyak orang yang memilih menjual lemarinya dan membeli lemari lagi di lokasi rumah yang baru. Pastinya anda akan mendapatkan lemari dengan harga miring dibandingkan harga aslinya.

Pilihan Desain Lemari Pakaian Untuk Ruangan Minimalis

Berikut beberapa pilihan lemari pakaian untuk ruangan minimalis dirumah anda

1. OLYMPLAST ODC 04-M Tosca

 OLYMPLAST ODC 04-M Tosca

Lemari OLYMPLAST ODC 04-M Tosca dibandrol dengan harga Rp850.000 – Rp1.200.000 di pasaran. Lemari merek olymplast dengan material plastik ini cocok untuk ruangan minimalis, tahan air dan lembab pastinya. Bagian atas menggunakan papan MDF yang sudah diberi lapisan plastik sehingga bisa menahan beban dengan baik namun sebaiknya tetap dijauhkan dari air. Rel lacinya menggunakan besi beroda plastik,, sehingga kokoh namun ringan saat ditarik. Lemari ini berukuran 60 x 48 x 103 cm dengan pilihan warna pink dan tosca. Lemari ini banyak dibeli oleh orang tua yang baru memiliki bayi untuk menyimpan printilan bayi yang kecil-kecil dan meletakkan kebutuhan bayi dibagian atasnya.

Beli OLYMPLAST ODC 04-M Tosca di Courts BTM

Beli OLYMPLAST ODC 04-M Tosca di Courts Bintaro

Beli OLYMPLAST ODC 04-M Tosca di Courts Ciledug

Beli OLYMPLAST ODC 04-M Tosca di Courts Megastore KHI

Beli OLYMPLAST ODC 04-M Tosca di Courts MBH

2. Pira Metropolis – Alba BL 80 Lemari Pakaian

Pira Metropolis - Alba BL 80 Lemari Pakaian Anak

Lemari Pira Metropolis – Alba BL 80 Lemari Pakaian dibandrol dengan harga Rp506.000 di pasaran. Dibuat dengan bahan Grade A hardwood particle board dengan ukuran lemari 79,9 cm x 38 cm x 120 cm dengan laminasi paper. Tersedia dengan banyak pilihan warna seperti American walnut white white, Sonoma oak white white, White, Sonoma oak white, American walnut Sonoma oak. Kombinasi warna putih dengan berbagai warna kayu membuat lemari ini cantik dan simple sekali. Cocok untuk melengkapi ruangan minimalis anda dirumah. Ukurannya pas untuk anak anda yang baru memulai tidur di kamar sendiri. Proses perakitan juga mudah karena disertai manual book.

3. GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu

GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu

Lemari GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu dibandrol dengan harga Rp4.199.000 di pasaran. Lemari ini dibuat dari bahan Particle Board + MDF dengan laminasi Paper + PVC. Dibuat dengan menggunakan sistem knockdown yang mudah dibongkar pasang. Ukuran lemari GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu adalah 116,2 x 55 x 205 CM, sangat pas untuk anggota keluarga dengan jumlah 2-3 orang. Memiliki kaki penyangga sehingga bagian bawah lemari lebih mudah di bersihkan. Terdapat cermin dibagian dalam pintu lemari. 

Beli GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu di Courts BTM

Beli GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu di Courts Bintaro

Beli GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu di Courts Ciledug

Beli GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu di Courts Megastore KHI

Beli GRAVER Agusto Lemari Pakaian 3 Pintu di Courts MBH

4. Yucca Lemari Pakaian Minimalis Sliding Door 2 Pintu

Dekoruma Yucca Lemari Pakaian Minimalis Sliding Door 2 Pintu Geser Putih 120cm

Lemari Yucca Lemari Pakaian Minimalis Sliding Door 2 Pintu dibandrol dengan harga Rp3.499.000 di pasaran. Lemari putih minimalis ini didesain dengan pintu sliding door dengan empat laci dibagian bawah yang bisa digunakan untuk menyimpan barang kecil. Sisi bagian kanan bisa untuk meletakkan pakaian yang dilipat sedangkan sisi kiri bisa digunakan untuk pakaian yang digantung. Lemari ini dibuat dari bahan particle board dengan ukuran 120cm x 55cm x 200cm. Kedalaman dan tinggi lemari sudah disesuaikan untuk memudahkan menggantung pakaian yang lebar dan panjang seperti jas dan gaun. Laminasi HPL membuat produk aman jika cipratan terkena air. Lemari ini akan membuat tampilan ruangan anda terasa luas.

5. HPL LS211-2C Lemari Pakaian Sliding Door 2 Pintu

Lemari HPL LS211-2C Lemari Pakaian Sliding Door 2 Pintu dibandrol dengan harga Rp2.900.000 di pasaran. Lemari ini memiliki desain minimalis dengan warna putih, pintu sliding, laci penyimpanan dan rak gantung. Ukuran lemari SLIDING DOOR 2 PINTU HPL LS211-2C adalah 120 x 60 x 200cm dengan panel mdf board 16mm. Lemari menggunakan sistem knockdown sehingga bisa dibongkar pasang dengan mudah. 

6. NORDKISA lemari pakaian terbuka

NORDKISA lemari pakaian terbuka, uk 120x47x123 cm
sumber : ikea.co.id

NORDKISA lemari pakaian terbuka dengan ukuran 120 x 47 x 123cm adalah tipe lemari pakaian yang bisa anda gunakan jika anda tidak memiliki pakaian yang terlalu banyak dan ditempatkan di ruangan yang tertutup untuk menghindari debu. Karena modelnya yang terbuka, maka sirkulasi disekitar lemari akan terjaga untuk mencegah jamuran. Lemari ini dibuat dengan material bambu, Lacquer akrilik bening. Jika anda berubah pikiran, lemari ini juga bisa difungsikan sebagai rak pajangan atau pembatas ruangan yang cantik. Tone kayu yang hangat akan membuat ruangan menjadi cozy.

Terlepas dari apapun macam lemari pakaian yang anda pilih, memastikan rumah selalu rapi juga akan membuat keadaan rumah menjadi nyaman. Anda bisa menemukan berbagai promo menarik lemari pakaian di hemat.id atau mencarinya di aplikasi kliptalog. Semoga Sahabat hemat menemukan lemari yang sesuai dengan kebutuhan anda.