Mempersiapkan Puasa Di Tengah Wabah

Menghitung hari menjelang ibadah puasa, tentu ada rasa bahagia. Senang karena bulan Ramadhan sangat dinanti-nantikan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Kita berlomba-lomba untuk makin mempertebal iman, memperbanyak berdoa, berbuat baik dan momen kekeluargaan yang terkadang hanya bisa terjadi saat bulan Ramadhan.

Dibalik rasa bahagia itu terselip rasa sedih dan perasaan was-was, mengingat kondisi yang sedang kita alami saat ini. Wabah Virus Corona yang terlihat belum kunjung pergi dan semakin meningkatnya pasien pandemi ini tiap harinya. Pemerintah bahkan memberikan batasan dalam hal kegiatan ibadah yang mengumpulkan banyak massa, seperti Solat berjamaah, bertadarus di Mushola, kegiatan berbuka puasa bersama, ngabuburit hingga sahur on the road.

Tapi kesedihan ini tidak boleh terlalu berlarut-larut ya. Ada banyak sekali kegiatan lain yang akan memberikan manfaat bagi yang berpuasa tanpa mengurangi niat dan tujuannya. Misal dengan memperbanyak kegiatan positif selama #diRumahAja, memperbanyak membaca kitab Al-Quran di rumah bersama keluarga, berbuka puasa di rumah, memasak sendiri menu sahur dan berbuka, dan masih banyak lagi.

Mari lakukan persiapan yang perlu kita dan keluarga persiapkan dalam menyambut hari Ramadhan di tengah wabah yang sedang terjadi, diantaranya :

Sumber : Beritasatu.com

1. Menyusun Menu Sahur dan Berbuka

Saat ini saya dalam fase menyusun menu sahur dan berbuka. Contoh menu untuk sebulan bisa Anda modifikasi menyesuaikan menu sahur dan berbuka. Ada juga beberapa menu manis dan sehat yang bisa Anda buat sendiri di rumah dari bahan-bahan buah dan sayur.

5 Resep Pilihan Segar Untuk berbuka Puasa

Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mengontrol pengeluaran selama bulan Ramadhan. Selain itu dapat menghemat waktu dalam memasak, terutama untuk sahur. Karena waktu sahur yang tidak banyak, Anda perlu mempersiapkan bahan masakan pada malam hari dan langsung memasaknya saat sahur.

Jangan lupa untuk rutin minum vitamin setiap hari, Anda bisa dapatkan produk-produk vitamin dan informasi promonya di Guardian, Watson atau dengan membuka hemat.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap di semua Supermarket di sekitar Anda.

Sumber : Freepik.com

2. Berbelanja

Setelah merampungkan menu sahur dan buka puasa, tiba saatnya Anda berbelanja. Tapi di kondisi saat ini sangat tidak disarankan untuk anda keluar rumah karena anda yang sehat pun bisa menjadi carrier tanpa menunjukkan gejala. Solusi belanja Supermarket di tengah kondisi saat ini bisa sangat membantu lho, salah satunya melalui Aplikasi Kliptalog. 

Nah, perlu diketahui juga beberapa langkah aman saat menerima barang atau paket :

a. Tetap kenakan masker saat menerima belanjaan
b. Jika perlu mintalah ojol atau orang yang mengantar belanjaan untuk meninggalkan belanjaan di dalam pagar rumah Anda.
c. Usahakan melakukan pembayaran secara online atau uang pas.
d. Lakukan desinfeksi mandiri dengan mengeluarkan semua isi belanjaan dari kantong belanjaan, lalu lap atau semprot dengan cairan disinfektasi. Dan untuk buah, sayuran dan telur bisa di cuci dengan sabun cuci piring dengan air mengalir.
e. Buang bungkusan atau kotaknya, misalnya seperti sereal, biskuit atau apapun yang memiliki dua layer lapisan kemasan.

Sumber : Freepik.com

3. Jadwal kegiatan

Atur kegiatan apa yang anda dan keluarga ingin lakukan selama bulan Ramadhan ini. Diantaranya berolahraga, membaca kitab Al-quran bersama, saling bercerita, atau melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan bersama anak-anak.

Mengisi Kegiatan Untuk Si Kecil Saat Berpuasa Agar Tidak Bosan

4. Mendengarkan ceramah

Daripada mendengarkan atau membaca berita-berita yang berisiko hoax  di media sosial yang belum jelas kebenarannya, akan lebih baik Anda mulai membatasi informasi yang masuk ke memori Anda. Anda bisa membaca dan mencari sumber informasi yang kredibel dan terpercaya seperti website pemerintah, WHO, atau CDC.

Di bulan Ramadhan ini, isilah waktu kita dengan mendengarkan ceramah-ceramah dari tokoh agama, karena kita sedang berada di situasi dimana pemerintah menerapkan masyarakat untuk social atau physical distancing. Mendengarkan ceramah secara langsung tidak bisa dilakukan, solusinya Anda dan keluarga bisa memanfaatkan teknologi internet dan membuka media video streaming, Youtube atau dengan menggunakan aplikasi dakwah online. Atau Anda bisa menggunakan fasilitas TV kabel yang menyediakan channel-channel yang khusus ditujukan khusus bagi masyarakat muslim.

Tapi sadarkah Anda, dengan adanya wabah virus Corona atau Covid-19 ini bisa memberikan kita banyak sekali kesempatan untuk diri kita sendiri dan keluarga untuk berkumpul di rumah. Membuat kita lebih sadar akan kesehatan, membuat kita lebih aware dengan menjaga kebersihan. Awalnya berjemur dirasa dapat membuat kulit jadi hitam, namun kini terasa manfaatnya karena sinar matahari kaya akan vitamin D. Atau yang tadinya malas mencuci tangan jadi lebih rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Jangan terlampau stress dalam menyikapi wabah ini, dengan mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah dan selalu menjaga kesehatan semoga kita bisa segera melalui wabah ini. Bagikan cerita saat Anda dan keluarga #diRumahAja yuk. Apa saja rencana yang akan Anda lakukan bersama keluarga di bulan Ramadhan dan dalam kondisi seperti sekarang ini? Kami keluarga besar Hemat.id mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa, semoga amal dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Sumber :

//www.bbc.com/indonesia/majalah-52001346

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!