Mengajarkan Anak Arti Hari Kemerdekaan

Anak-anak sangat menyukai perayaan hari kemerdekaan, karena setiap tahun pada tanggal 17 Agustus sekolah libur, ada banyak sekali lomba-lomba, pawai sepeda, dan biasanya diakhiri dengan makan-makan bersama. Tapi sayangnya disamping kegembiraan dalam menyambut Hari Kemerdekaan itu, tanpa disadari kita lupa mengajarkan anak-anak kita apa arti penting Hari Kemerdekaan.

Apa sebenarnya arti “Hari Kemerdekaan” itu? Pernahkah anak anda bertanya soal itu dan pernahkah anda menjelaskan maknanya untuk mereka? Di masa pertumbuhannya, anak-anak harus mulai kita tanamkan rasa nasionalisme dan cinta pada tanah airnya, agar kelak saat mereka sudah dewasa diharapkan mereka akan terhindar dari penyimpangan-penyimpangan sosial yang dapat merusak norma-norma dan nilai kebudayaan Indonesia.

Berikut cara kita mengajarkan arti penting Hari Kemerdekaan pada si kecil :

1. Mengajak anak memasang bendera


Jika kita dan anak sedang memasang bendera anda bisa sambil menjelaskan, misalnya :
“ini adalah bendera kita, bendera Indonesia. Merah artinya berani dan putih artinya suci…..”.
Untuk anak yang lebih kecil berikan penjelasan yang singkat dan tidak terlalu berat.

2. Ikut berpartisipasi

Sumber : Private Image

Ajak anak untuk ikut berpastisipasi dalam mengikuti lomba-lomba yang biasanya diadakan di acara Agustusan, seperti lomba makan kerupuk, memindahkan bendera, dan lain-lain. Selain menyenangkan, ternyata dengan mengikutsertakan anak dalam mengikuti perlombaan bisa membangun rasa percaya dirinya dan mengajarkan anak tentang sportifitas. Serta pada tiap-tiap lomba sebenarnya mengandung makna dan filosofinya masing-masing seperti lomba makan kerupuk yang bermakna betapa rakyat Indonesia yang kesulitan pangan, sandang dan pangan saat di masa penjajahan.

3. Mengajak anak menonton upacara bendera

Sumber : Sidomi News

Apalagi yang dapat menarik perhatian anak selain televisi. Kita manfaatkan kesukaan anak akan menonton televisi dengan mengajak anak menonton upacara 17 Agustus. Anak akan melihat pasukan pengibar bendera dan upacara yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden, serta melihat bendera pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati.
Banyak sekali penjelasan yang kita bisa berikan ke anak sepanjang acara upacara bendera itu berlangsung misalnya siapa Ibu Fatmawati, bagaimana susahnya menjadi pasukan pengibar bendera, juga betapa bersyukurnya kita sebagai bangsa yang merdeka, dan menanamkan rasa bangga dan cinta bangsa pada anak.

4. Mengajak anak berwisata edukasi

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Di Bulan Agustus 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membebaskan biaya masuk museum dan cagar budaya yang berada di bawah Kemendikbud sepanjang bulan Agustus 2017. Saat ini ada tujuh museum yang berada di bawah pengelolaan Kemendikbud, yaitu Museum Nasional Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan Museum Kepresidenan Republik Indonesia (Balai Kirti) di Bogor. Kemudian di Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran ada Museum Manusia Purba Klaster Bukuran, Ngebung, dan Museum Lapangan Manyarejo.

Jadi tunggu apalagi manfaatkan event ini dengan mengajak seluruh anggota keluarga anda untuk berkunjung ke museum yang berlokasi dekat dengan lokasi tempat tinggal anda. Misalnya saja Museum Nasional Indonesia sebagai tempat penyimpanan warisan budaya pada masa prasejarah atau Museum Kebangkitan Nasional yang merupakan sebuah gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional dan juga ditemukannya organisasi pergerakan modern pertama kali dengan nama Boedi Oetomo.

Dan banyak lagi museum yang bisa anda pilih untuk dikunjungi sesuai dengan lokasi dan minat anda dan keluarga.

5.Mengajarkan anak untuk mencintai produk lokal

Sumber : Batik Inovatif

Tentunya cara termudah untuk mengajarkan anak untuk mencintai produk lokal adalah kita sebagai orang tua yang memulai untuk selalu membeli dan menggunakan produk-produk buatan Indonesia. Apalagi sekarang produk-produk lokal sudah tidak kalah dalam segi kualitas dengan produk-produk luar. Sebagai generasi penerus bangsa tentunya kita ingin anak kita pada saat mereka sudah dewasa memiliki rasa cinta tanah air, karena itu penting untuk menanamkannya sejak usia dini dan secara terus-menerus.

Bagaimana anda mengajarkan anak anda arti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan bagikan bagaimana perayaan Hari Kemerdekaan di lingkungan rumah anda? Tuliskan di kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :
1. https://meistyj.wordpress.com/2013/03/22/makalah-tentang-menanamkan-sikap-cinta-tanah-air-kepada-anak-anak-usia-dini/
2. http://www.grandparents.com/grandkids/holiday-activities-and-crafts/7-ways-to-teach-patriotism-to-your
3.http://nova.grid.id/Keluarga/Anak/Orangtua-Begini-Cara-Sederhana-Ajari-Anak-Makna-Hari-Kemerdekaan
4. https://www.futuready.com/artikel/family/filosofi-dan-makna-di-balik-lomba-yang-diadakan-pada-17-agustus/

5. https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Kebangkitan_Nasional