Musim Hujan Tiba? Jaga Kesehatan Keluarga Dengan Tips Berikut

Pagi cuaca panas sekali dan di sore hari tiba-tiba cuaca berubah menjadi dingin lalu hujan deras, perubahan cuaca seperti ini tentu saja akan membuat penurunan ketahanan tubuh pada orang baik dewasa apalagi anak-anak.

Penyakit yang umumnya timbul pada cuaca seperti ini biasanya flu, demam, batuk, masuk angin, dan lain-lain. Berikut beberapa kiat agar tubuh tetap sehat selama musim hujan seperti sekarang ini :

1. Istirahat yang cukup

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : 30Seconds

Cuaca dingin selalu membuat anda mengantuk, sebaiknya anda turuti sinyal dari tubuh anda untuk beristirahat. Cukup 1-2 jam saja, karena tidur terlalu lama akan membuat tubuh menjadi lemas.

Jaga juga tidur pada malam harinya, jangan sampai tidur terlalu larut. Paling tidak, tidurlah maksimal pukul 10 malam.

2. Konsumsi madu atau vitamin

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : Madu Anak

Saat cuaca tidak menentu kekebalan tubuh akan menurun, dan saat kekebalan tubuh menurun maka anda akan rentan sekali terserang penyakit. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C atau mengkonsumsi madu.

Vitamin C bisa juga diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, strawberry, atau dari suplemen makanan yang mengandung banyak vitamin tambahan.

Anda bisa mencari banyak sekali jenis madu dan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga dengan membuka wesite hemat.id. Selain kemudahan dalam mencari produk yang anda inginkan di hemat.id anda juga bisa mendapatkan harga yang sedang promo di semua hypermart, supermarket maupun minimarket.

3. Menggunakan pakaian yang tepat

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : Vemale.com

Selalu sediakan jas hujan atau payung di jok motor, di mobil atau bawa saat anda akan pergi dengan berjalan kaki, karena jika musim hujan seperti saat ini terkadang cuaca bisa cepat sekali berubah.

Jagalah tubuh selalu hangat dan terlindungi dari terpaan angin dengan memakai pakaian yang tebal dan tertutup. Apalagi jika anda adalah orang yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Anda bisa memilih jenis pakaian dengan model turtleneck, sweater, atau jaket.

Biasanya jenis pakaian-pakaian ini berbahan katun atau rajut yang memang di design untuk menghangatkan tubuh.

4. Menjaga asupan makanan

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : Makanan Sehat

Saat cuaca dingin seperti saat ini makanan yang cocok untuk disantap adalah makanan yang berkuah, karena makanan berkuah dapat membuat tubuh hangat. Pilih menu makanan yang sehat dan seimbang, bisa juga dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti apel, mangga dan jeruk.

5. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : Waspada Online

Selalu penuhi kebutuhan asupan cairan sebanyak 8 gelas atau 1 liter sehari, jangan karena anda tidak merasa haus anda jadi mengabaikan kebutuhan cairan anda.

Anda bisa memperbanyak meminum minuman hangat seperti meminum teh herbal, seperti teh dengan kandungan madu, mint, dan jahe, mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Kelembaban tinggi yang ditimbulkan dari hujan ternyata mampu menekan cairan tubuh hingga ke posisi yang mengkhawatirkan. Kekurangan cairan tubuh akan berefek pada penurunan daya tahan tubuh.

6. Olahraga

Agar Keluarga Sehat Selama Musim Hujan
Sumber : Hydrococo

Tetap berolahraga merupakan cara sederhana dan mudah untuk menangkal dari serangan penyakit di musim hujan ini, Latihan fisik selama 30 menit seperti lari di tempat atau skipping.

Selain itu anda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih rumah, mencuci, menyetrika sebagai pengganti berolahraga karena kegiatan-kegiatan ini bisa juga membakar kalori jika anda melakukannya dengan benar. Jika anda mau lebih all out lagi, kerjakan kegiatan bersih-bersih anda tanpa bantuan mesin. Anda juga bisa melihatnya di artikel Tetap Bugar Dengan Olahraga Ala Ibu Rumah Tangga.

Anda juga bisa melakukan senam dengan membuka youtube dan mencari jenis senam yang anda ingin lakukan.

Itulah tips agar keluarga tetap sehat selama musim hujan. Bagaimana anda menjaga kesehatan keluarga anda dirumah? Bagikan pengalaman anda dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

  1. https://netz.id/news/2016/11/01/00316/1011311016/empat-jenis-pakaian-yang-tepat-saat-musim-hujan-tiba
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/durasi-waktu-tidur-sesuai-usia-tak-semua-butuh-8-jam-tidur/