Pentingkah Mengajarkan Anak-Anak Table Manner?

Table Manner atau etika di meja makan untuk sebagian orang mungkin tidaklah penting. Mengajarkan table manner bukan untuk membatasi ruang gerak anak dalam mengeksplorasi keingintahuan mereka akan makanan atau bahkan sampai memberikan memori buruk tentang acara makan keluarga. Tapi table manner adalah keterampilan sosial agar anak bisa menghargai orang lain dan berperilaku sopan saat sedang makan bersama orang lain atau keluarga lain.

Maka dari itu mengajarkan anak-anak tidak bisa instan apalagi dengan kekerasan baik kekerasan secara verbal . maupun fisik. Anda harus konsisten, sabar, lemah lembut dan ingatkan berulang-ulang karena sesuatu yang dipaksakan tidak akan maksimal hasilnya.

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Ajeng Raviando, sebaiknya anak sudah mulai dikenalkan dengan etika makan sejak dini. Idealnya memang saat anak sudah memasuki usia sekolah dasar. Namun, saat anak menginjak usia balita, tak ada salahnya mulai mengenalkan hal yang simpel, misalnya makan di kursi makan bayi.

Etika di meja makan mungkin berbeda di masing-masing keluarga tapi ada beberapa etika dasar yang anak harus mengetahui, seperti berikut ini :

1. Saat waktu makan sudah tiba anak-anak datang ke meja makan dalam keadaan bersih, baik tangan dan badan mereka.

2. Duduk dengan posisi duduk yang baik, yaitu posisi duduk tegak dan tidak membungkuk.

3. Selalu memulai makan dengan berdoa.

4. Tidak diperbolehkan memberikan komentar negatif soal makanan yang sedang disajikan karena akan menyakitkan hati orang yang membuatnya.

5. Selalu mengucapkan terima kasih saat disajikan makanan, untuk menunjukkan penghargaan kepada orang lain.

6. Jangan memasukkan makanan terlalu banyak ke mulut, selain tidak enak dipandang memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam mulut dapat membuat tersedak.

7. Kunyah makanan dengan mulut yang tertutup dan jangan berbicara sampai makanan sudah ditelan.

8. Jangan meraih makanan yang berada jauh, lebih baik meminta tolong untuk diambilkan dengan berkata “tolong ambilkan…”  dan mendekatkan piring.

9. Jangan mengeluarkan suara-suara aneh saat sedang makan dan jika ada sisa makanan menyelip di gigi cukup tutup mulut dengan tisu dan bersihkan, atau jika perlu minta izin untuk pergi ke kamar mandi.

10. Selalu mengelap mulut dengan tissue atau serbet, tidak dengan lengan baju.

11. Menutup mulut saat bersendawa dan katakan “Maaf”.

12. Tidak membawa buku, mainan ataupun bermain gadget saat di meja makan.

13. Tidak diperbolehkan makan sambil menonton tv, karena anak jadi tidak konsentrasi pada makanan tapi lebih banyak menonton.

Table manner tidak hanya bisa dipraktekkan saat anda di restoran atau saat makan di rumah orang lain, terapkan table manner walaupun anda dan keluarga sedang makan di rumah sendiri. Karena dengan menjadikan table manner ini menjadi kebiasaan dalam keluarga anda tidak akan merasa kesulitan dalam mengajarkannya pada anak-anak anda, apalagi jika anda mengajarkan sambil menjadi contoh untuk anak-anak anda.

Anda bisa membuka website hemat.id jika anda berminat untuk membeli set meja makan jika keluarga anda belum memiliki set meja makan atau ingin mengganti set meja makan lama anda, di hemat.id anda bisa mendapatkan set meja makan dengan harga promo termurah dengan perbandingan harga di seluruh supermarket dan hypermart.

Bagaimana anda mengajarkan anak-anak anda beretika saat makan bersama, bagikan pengalaman keluarga anda di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih

 

Sumber :

1. https://www.quora.com/Why-are-table-manners-important

2. http://emilypost.com/advice/top-table-manners-for-kids/

3. http://www.drdaveanddee.com/elbows.html