Pentingnya Olahraga Bagi Tubuh

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan setiap hari. Olahraga tidak dibatasi jumlah dan waktu untuk melakukannya, tapi sudah seharusnya wajib dilakukan. Sayangnya, keterbatasan waktu akibat kesibukan pekerjaan, membuat olahraga menjadi hal yang sulit dilakukan. Sebenarnya seberapa pentingkah olahraga bagi tubuh sehingga dikategorikan sebagai sebuah kewajiban? Simak penjelasan berikut:

Olahraga Membakar Kalori Berlebih dalam Tubuh

Sumber: pixabay.com

Dalam jumlah yang tepat, kalori memang dibutuhkan oleh tubuh untuk membakar energi sehingga tubuh manusia bisa melakukan berbagai kegiatan. Kalori bisa didapatkan tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sayangnya, perpaduan harga yang murah dan kreatifitas para penjual makanan sering membuat kita lupa diri saat mengonsumsinya ke dalam tubuh. Bukannya makan secukupnya sesuai kebutuhan, namun justru memakan makanan yang kadang tidak memikirkan efek yang dapat terjadi pada tubuh.

Dengan melakukan kegiatan olahraga, kalori yang ada dalam tubuh akan dibakar sesuai porsinya. Namun jika porsi kalori yang masuk ternyata lebih banyak dibanding yang dikeluarkan, efeknya justru membuat tabungan lemak dalam tubuh. Karena itu olahraga hadir sebagai sebuah kegiatan yang memaksa kalori dibakar dalam jumlah besar. Sehingga tidak menyebabkan timbunan lemak dalam lipatan perut, paha, lengan atau tempat-tempat lainnya yang menyebabkan tubuh membesar ukurannya.

Baca Juga : 5 Minuman yang Menjajah Lemak

Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh melalui Keringat

Sumber: pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang dikonsumsi sering mengandung bahan penyedap bersifat kimia yang pada akhirnya menumpuk racun di dalam tubuh.  Keringat adalah salah satu cara untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak terpakai dari dalam tubuh. Keringat yang memiliki aroma tajam sering diidentikkan dengan banyak kandungan racun yang benar-benar tidak diperlukan tubuh. Misalnya, berasal dari asap yang terhirup saat melakukan aktivitas di luar kantor, perjalanan menuju kantor dan rumah serta aktivitas lainnya. Meskipun meminum air putih bisa menetralisir racun di dalam tubuh, dengan berolahraga, keringat akan keluar dalam jumlah besar demikian halnya dengan racun-racun dalam tubuh.

Liver atau hati memang memiliki fungsi untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun jika tidak merawat liver dengan baik, maka akan menyebabkan berkurangnya fungsi liver. Pada akhirnya membuat berbagai penyakit menempel ke dalam tubuh saat tubuh tidak lagi dalam usia produktif (alias menua). Karena itu, olahraga yang memacu keluarnya keringat akan membantu fungsi liver dan menjaga agar liver tidak bekerja terlalu keras.

Relaksasi, Bersemangat dan Membangun Sikap Positif

Sumber: pixabay.com

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang membangun postur tubuh sekaligus membantu penikmatnya mendapatkan ketenangan atau relaksasi. Olahraga jenis ini banyak membantu para penderita stress untuk mendapatkan kedamaian melalui gerakan-gerakan tubuh yang dipraktekkan dalam yoga.

Yoga diklaim mampu memberi efek relaksasi pada pikiran dan membantu memiliki sikap positif dalam melakukan pekerjaan. Beberapa merasakan bahwa yoga membuat tubuh lebih bugar dan menimbulkan semangat alami dari dalam diri. Karena seperti kata pepatah, “di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat”. Semangat alami yang dihasilkan dari tubuh yang bugar karena rutin melakukan olahraga akan berdampak positif pada hasil kerja. Bonusnya, semangat bekerja diiringi pandangan positif terhadap lingkungan dan masalah yang dihadapi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang rutin melakukan olahraga akan memiliki mental pekerja yang baik dan memberikan hasil pekerjaan yang baik pula.

Tetap Bugar Dengan Olahraga Ala Ibu Rumah Tangga

Mempertahankan Diri dari Tindak Kejahatan

Sumber: pixabay.com

Pencak silat atau karate merupakan salah satu jenis olahraga bela diri, bahkan sudah memiliki cabang tersendiri dalam pertandingan olahraga tingkat nasional maupun internasional. Selain membantu membentuk tubuh menjadi lebih kuat dan berotot, jenis olahraga ini memberi bonus tersendiri untuk membantu pertahanan diri.

Meski kenyataannya hanya sebagian kalangan yang tertarik dengan olahraga jenis ini. Jika dianalisa lebih jauh, tubuh yang sehat dan kuat karena rutin berolahraga jenis ini, memungkinkan seseorang untuk dapat mempertahankan diri saat mengalami kondisi-kondisi yang mengancam jiwa seperti tindak kriminal.

Olahraga memang layak dijadikan sebagai salah satu kewajiban untuk dilaksanakan setiap hari lho. Karena selain memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, olahraga akan melatih otot-otot tubuh dan tulang sampai usia senja. Alangkah baiknya jika pada masa tua nanti, kita masih memiliki waktu untuk bermain dan berlari-lari dengan cucu, ketimbang berada di kursi roda dan mengharapkan bantuan orang lain hanya sekadar untuk bergerak atau mengambil makanan.

Olahraga hari ini, manfaatnya dirasakan besok. Dengan menerapkan prinsip tersebut, semoga olahraga menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan setiap hari demi masa tua yang lebih baik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan yang bergizi saat berolahraga ya!