Aktifitas Ramadhan Tetap Bermakna Selama Di Rumah Saja

Akibat terjadinya pandemi Covid-19 yang belum juga usai, bulan Ramadan tahun ini seluruh umat muslim harus melewati ibadah puasa #dirumahaja. Menjalankan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang merupakan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus ini.

Tidak bisa dipungkiri, segelintir orang mengeluhkan keadaan ini. Mulai dari sulitnya beraktivitas di luar rumah, tidak bisa bekerja, tidak bisa sekolah, dirundung rasa khawatir dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Jika kita terlalu fokus terhadap hal-hal negatif, bisa-bisa kita tidak bisa khusyuk (serius) dalam menjalankan ibadah puasa, lebih dari itu, hal itu dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.

Padahal setiap keadaan yang yang tidak baik itu pasti memiliki hikmah dan pelajaran dibaliknya. Meski #dirumahaja, hal-hal berikut ini membuat Ramadhan Anda dan keluarga tetap seru dan bermakna :

Sumber : Shutterstock

1. Quality time

Manfaatkan PSBB ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, dengan anak dan pasangan. Jangan malah menghabiskan banyak waktu dengan memegang gadget atau menonton televisi.

Momen seperti ini sangat langka terjadi, apalagi jika Anda dan pasangan adalah orang tua yang bekerja. Ajak anak-anak Anda untuk mengobrol bersama, saling bercerita dan bertukar pikiran, agar ikatan diantara orangtua dan anak-anak makin terjalin erat.

5 Resep Pilihan Segar Untuk Berbuka Puasa

Habiskan waktu ngabuburit (menunggu waktu berbuka) dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan di halaman rumah. Bisa juga mendengarkan ceramah di televisi bersama. Pastikan terlebih dahulu masakan sudah harus tersedia minimal 20 menit sebelum adzan Maghrib, agar Anda masih sempat melakukan aktivitas bersama keluarga dan juga sempat untuk memanjatkan doa. 

Sumber : Freepik.com

2. Beribadah bersama

Setiap Ramadhan, terdapat ibadah sholat tarawih yang biasa dilakukan bersama-sama di masjid. Namun semenjak adanya pandemi Covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan rekomendasi pada umat muslim untuk melakukan ibadah di rumah saja. Fatwa ini dikeluarkan secara resmi oleh Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Pusat pada Rabu, 15 April 2020.

Meski berbeda dengan momen-momen Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya, kondisi ini justru memberikan kita kesempatan untuk bisa melakukan ibadah bersama keluarga. Mulai dari sholat hingga membaca kitab suci Al-Quran bersama-sama. Karena yang biasanya sulit sekali untuk meluangkan waktu untuk menjalankan ibadah bersama keluarga, kini kesempatan itu ada di depan mata, maka jangan sampai Anda menyia-nyiakan momen ini.

Sumber : Freepik.com

3. Belajar Memasak

Saya tidak terlalu pandai memasak, jadi selama masa PSBB ini memberikan saya kesempatan emas untuk lebih banyak melatih kemampuan memasak saya. Seperti mencoba-coba resep-resep baru untuk berbuka atau sahur hingga membuat camilan dan ta’jil (menu berbuka) bersama anak-anak.

Resep Jamur Renyah Sayur Asam Manis, bisa menjadi alternatif menu berbuka dan makan sahur Anda sekeluarga. Selain mudah cara pembuatannya, bahannya juga mudah ditemukan di pasaran mulai dari jamur, tomat, hingga saus sambal. Jika Anda mencari inspirasi resep-resep untuk sahur atau menu berbuka menarik lainnya buka di hemat.id. Gunakan juga aplikasi Kliptalog untuk membantu Anda dalam menemukan promo-promo terhemat di supermarket-supermarket  sekitar Anda.

Sumber : Freepik.com

4. Menekuni Hobi

Anda bisa mulai menekuni hobi Anda yang sering tertunda karena tidak memiliki waktu luang. Bahkan Anda bisa meningkatkan levelnya dengan mengubah hobi menjadi mata pencarian selama masa PSBB ini.

Jika Anda memiliki hobi menggambar, Anda bisa menggambarnya di kain polos dan menjahitnya menjadi masker wajah, selanjutnya bisa dijual secara online. Manfaatkan koneksi Anda untuk memasarkan masker kain tersebut melalui grup WhatsApp, Instagram hingga di marketplace. Buat foto semenarik mungkin untuk meningkatkan minat beli orang saat melihatnya.

Sumber : Atmago.com

5.  Target Ramadhan

Jika pada bulan Ramadan tahun kemarin Anda tidak bisa memenuhi target Ramadan, misalnya tidak sempat membaca kitab suci Al-Qur’an hingga tidak punya cukup waktu untuk sholat bersama keluarga, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut di tahun ini. Manfaatkan kondisi PSBB ini dengan fokus untuk mengejar target Ramadan pada tahun ini.

Dengan banyaknya waktu luang untuk berada di rumah, Anda bisa mengatur waktu untuk lebih banyak sholat, membaca kitab suci Al-Qur’an, banyak berdoa hingga bersedekah dengan memanfaatkan situs donasi online. Yang terpenting adalah Anda memiliki komitmen yang kuat agar target menjadi pribadi yang lebih baik di bulan Ramadhan tahun ini dapat tercapai.

Apa saja hikmah dari pandemik Covid-19 di bulan Ramadhan pada tahun ini yang Anda rasakan? Bagikan cerita Anda di kolom komentar di bawah ini.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!