Rekomendasi Merk TV 32 inch yang Bagus dan Murah dari Berbagai Jenis TV

Belakangan ini sepertinya TV mulai tidak menjadi primadona karena sudah terkalahkan oleh teknologi digital. Eitsss, ternyata pernyataan itu salah teman-teman, buktinya berdasarkan survei tahun 2017 di 34 provinsi di Indonesia dengan 600 responden yang terlibat menunjukkan hasil bahwa 79,3% responden menonton TV setiap hari. Angka tersebut cukup besar dan menunjukkan bahwa kebutuhan TV masih menjadi tren hingga saat ini. Inovasi TV juga tentunya mengikuti kebutuhan dan kecanggihan teknologi. Contoh: merk-merk TV yang saling bersaing merilis TV dengan berbagai ukuran dan spesifikasi terbaik versi mereka. Lalu kira-kira apa rekomendasi TV terbaik yang awet dan bagus? Sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak dahulu perbandingan dan perbedaan jenis-jenis TV yang telah beredar di Indonesia.

7 hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membeli TV

Banyaknya pilihan TV yang ditawarkan, timbul pertanyaan manakah yang harus saya beli? Tidak hanya dari aspek jenis layar TV yang perlu Anda perhatikan. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk membeli TV idaman Anda. Saya akan ringkas menjadi beberapa poin penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli TV.

  1. Harga, sesuaikan dengan budget. Harga menjadi sebuah hal yang logis bila kita membeli barang mempertimbangkan harga dulu. Terlebih TV adalah barang elektronik yang tergolong tidak murah. Harga TV bervariasi, di COURTS harga TV ditawarkan mulai dari 3-12jutaan.
  2. Jumlah port yang ada pada TV. Setidaknya cari tiga atau empat port HDMI di samping atau belakang TV karena ini akan memberi Anda lebih banyak pilihan untuk menyambungkan komponen seperti DVD, game, dan soundbar ke TV Anda.
  3. Jika Anda penyuka olahraga dan video game belilah TV dengan kecepatan refresh 120 Hz karena gerakan halus dan cepat yang dihasilkan lebih baik dibanding kecepatan refresh di bawahnya.
  4. TV LCD atau LED. Dalam artikel ini, tercantum keunggulan dan kelemahan keduanya, sebenarnya keduanya sama-sama mengeluarkan kualitas gambar yang baik dan nyaman di mata. Namun, bila Anda memiliki budget lebih, sepertinya TV LED cocok menjadi pilihan Anda.
  5. Cek resolusi TV. Aturan umum pada TV ketika ukuran layar meningkat maka resolusi juga meningkat. Semakin baik resolusinya, maka semakin banyak Anda dapat melihat gambar.
  6. Ukuran layar dan dimensi TV. Alasan utama seseorang membeli TV baru adalah karena ingin meng-upgrade kebutuhan layar yang lebih besar. Jadi, apakah ada ukuran tertentu yang Anda inginkan? Inilah saatnya Anda membeli TV dengan ukuran layar yang lebih besar namun tetap mempertimbangkan pengaturan furniture ruangan Anda untuk menghindari pusing saat menonton TV.
  7. Jenis TV yang Anda inginkan. Tentu ini jadi pertimbangkan karena terkait penggunaan Anda terhadap TV apakah perlu TV digital, smart TV atau android TV. Perbedaan keduanya dapat Anda simak di bawah ini.

Berbagai jenis TV dan perbedaannya, TV mana yang sesuai untuk Anda

Ada beberapa sebutan TV yang sering kita dengar, mulai dari TV LED, TV LCD, TV analog, TV digital, smart TV, hingga android TV. Apa saja perbedaan dari berbagai sebutan TV tersebut? Simak di bawah ini.

Perbandingan TV LED dan TV LCD

Pada dasarnya, teknologi layar LED dan LCD perbedaannya pada jenis lampu yang digunakan. Pada layar LED menggunakan dioda yang berfungsi sebagai indikator untuk memancarkan cahaya, sedangkan layar LCD menggunakan lampu neon katoda dingin untuk memancarkan cahaya. Berbicara soal perbandingan artinya kita membahas kelemahan dan keunggulan masing-masing. Mari simak paparan berikut:

Keunggulan TV LED

  • Mampu menciptakan kualitas gambar yang lebih baik dan nyaman di mata daripada TV LCD dan bahkan lebih tinggi dari plasma TV/ TV tabung
  • Lebih hemat energi dengan konsumsi listrik 20-30% lebih rendah dibanding TV LCD konvensional
  • Ukuran yang super tipis sehingga lebih ringan
  • Lebih ramah lingkungan

Kelemahan TV LED

  • Harganya sedikit lebih mahal dibanding TV LCD

Keunggulan TV LCD

  • Menghasilkan warna yang lebih realistis
  • Lebih murah dibandingkan TV LED
  • Teknologi yang anti-glare atau tanpa bayangan
  • Tidak terdapat pancaran radiasi
  • Kebutuhan daya listrik lebih rendah dibandingkan plasma TV

Kelemahan TV LCD

  • Harganya lebih mahal dibandingkan plasma TV
  • Kualitas gambar akan menurun bila dilihat pada sudut pandang yang lebar

Smart TV, Android TV, dan TV digital apa perbedaannya?

Smart TV memiliki kemampuan akses layanan streaming, mengecek berita di sosial media dan menggunakan web untuk browsing. Singkatnya smart TV terdiri dari TV + internet + aplikasi. Beberapa smart TV memiliki sistem operasi bawaan, biasanya memiliki sistem operasi Tizen OS Samsung, WebOS LG, tvOS Apple TV dan sebagainya. Beberapa sistem operasi bawaan tentu dukungan aplikasinya terbatas, namun beberapa aplikasi hiburan terkemuka tetap ada pada smart TV seperti Netflix, YouTube, dan Prime Video. Smart TV juga akan langsung mendeteksi perangkat apa saja yang Anda sambungkan melalui HDMI. Smartphone yang Anda miliki juga dapat terhubung dengan smart TV, sehingga gambar dan video di HP dapat ditampilkan di TV dan hasilnya sangat berbeda bila Anda lihat di layar smart TV. Kesimpulannya, TV apa pun yang dapat mengakses informasi secara online terlepas dari sistem operasi yang dijalankannya dapat dianggap sebagai smart TV.

Android TV adalah jenis smart TV yang dikembangkan oleh Google. Maka android TV adalah smart TV juga karena dapat mengakses informasi secara online, android TV memiliki fungsi yang hampir sama dengan smart TV namun berjalan pada sistem operasi Android. Sesuai fungsinya, jenis TV ini dapat berjalan pada platform android dan membuat TV yang interaktif. Dari platform android, Anda dapat mengakses Google Play Store di mana Anda dapat men-download aplikasi yang biasa Anda temukan menggunakan smartphone. Semua dapat tersedia di Android TV mulai dari YouTube, Netflix, Viu, Prime Video, Hulu, Amazone, Spotify dan lainnya.

TV digital adalah TV yang dapat menangkap sinyal digital dan sistem kompresi, menghadirkan gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jelas. TV ini pada umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pada smart TV juga dapat menangkap sinyal digital, sehingga fungsi TV digital juga ada pada smart TV. Saat ini Indonesia sedang masa peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital selambat lambatnya 6 November 2022, sehingga dianjurkan pada para pengguna TV analog segeralah beralih ke TV digital. Inilah saat yang tepat bagi Anda pengguna TV analog membeli TV baru yang dapat menangkap sinyal digital.

Baca juga Memilih Smart TV Dengan Harga Terjangkau

Penggunaan daya listrik pada TV, berapa watt?

Penggunaan daya listrik TV berbeda setiap jenisnya. Contoh, pada TV LED lebih hemat watt dibanding TV LCD. Mengapa? Karena TV LED rata-rata membutuhkan daya 80 watt, sedangkan pada TV LCD 100 watt. Daya tersebut berlaku untuk TV ukuran 32 inch. Selanjutnya, sebagian besar daya yang dikonsumsi oleh TV digunakan untuk menerangi layar. TV LCD menggunakan lebih banyak energi daripada TV LED karena lampu latarnya menggunakan lampu neon. Sedangkan TV LED menggunakan pencahayaan LED berdaya rendah untuk menerangi layar sehingga sangat hemat daya.

TV menyumbang sekitar 3-4% dari penggunaan listrik di rumah. Untuk memastikan Anda tetap berada di konsumsi energi yang tepat, TV bersertifikasi Energy Star adalah pilihan yang tepat karena TV dengan sertifikasi Energy Star 25% lebih hemat energi dibandingkan TV konvensional di semua mode penggunaan entah mode tidur, siaga, dan hidup.

Cara merawat TV dengan mudah

Kita sebagai pengguna TV mungkin agak mengabaikan perawatan TV, namun mulai sekarang jangan abaikan hal tersebut jika ingin TV kesayangan Anda tetap awet. Dilansir dari website tsbvi.edu merawat TV dapat dimulai dari layarnya. Maka akan terbagi menjadi 2 layar yaitu TV layar datar seperti LED dan LCD, serta TV tabung yang kini kita sebut sebagai perangkat TV CRT (Cathode-ray tube).

Untuk merawat TV layar datar Anda bisa dengan mudah mengikuti tips dan trik di bawah ini

  1. Matikan terlebih dahulu dan cabut stekernya
  2. Lap bagian depan dan belakang dengan kain bebas serat untuk menghilangkan debu
  3. Hindari menyemprotkan air atau cairan pembersih langsung ke layar TV
  4. Secara berkala gunakan kain lembut yang dibasahi dengan pembersih televisi layar datar.

Selanjutnya, bagi Anda yang masih setia dengan TV tabung, Anda juga bisa merawat TV dengan tips dan trik berikut

  1. Saat Anda ingin membersihkan kaca depan TV matikan terlebih dahulu dan cabut stekernya
  2. Basahi kain lembut dalam air hangat yang dicampur dengan deterjen pencuci piring
  3. Pastikan tidak ada tetesan air yang menempel pada kaca
  4. Jangan lap kaca sampai kering, biarkan mengering sebelum Anda menyalakannya kembali
  5. Jangan meletakkan benda yang terbuat dari karet atau plastik di atas TV kecuali jika TV dilindungi oleh kain. Hal ini karena reaksi kimia dapat terjadi menyebabkan kerusakan permanen seperti perubahan warna atau lengkungan

Pilihan merk TV terlaris sepanjang masa

Apakah Anda tahu bahwa pada tahun 2022 TV terlaris khususnya pada jenis smart TV jatuh pada merk Samsung? Berdasarkan hasil survei dari Top Brand Award tahun 2022, Samsung berhasil menduduki peringkat pertama, disusul dengan Sharp, lalu merk LG pada peringkat ketiga.

Sumber: topbrand-award.com

Sedangkan pada survei tahun 2021, Samsung masih menjadi juara, disusul merk Sharp dan Panasonic pada peringkat ketiga.

Sumber: topbrand-award.com

Rekomendasi TV 32 inch dari berbagai merk

Mengapa TV 32 inch? Karena ukuran TV ini lah yang paling sering dicari. Ukuran TV tergolong cukup dan harganya juga tergolong murah mulai dari 2 jutaan. Mengapa juga berbagai merk? Karena dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dan memperluas wawasan Anda bahwa TV tidak hanya diproduksi oleh merk yang itu-itu saja. Untuk pilihan TV yang lebih beragam Anda bisa kunjungi website hemat.id dan Tokopedia. Setelah Anda melihat lihat di katalog hemat.id, pastinya Anda akan bertanya-tanya fitur dan spesifikasi apa yang ditawarkan TV 32 inch dari berbagai merk tersebut. Yuk simak ringkasannya sebagai berikut

1. Panasonic LED ANDROID TV TH-32HS500G

Harga: berkisar 3jutaan

Spesifikasi:

  • Resolusi layar 1366 (W) x 768 (H)
  • Mode gambar Movie / Sport / Personal / Standard / Dynamic
  • Panel drive DLED-Vivid Digital Pro
  • Multi HDR support 2K HDR
  • Output speaker 10 W (5 W x 2)
  • Fitur canggih dengan voice personal assistant google assistant dan tersedia 41 bahasa
  • Tersedia fasilitas browsing web dan unduh dari google playstore
  • DDR 1,5 GB dan flash memory 8 GB
  • Jumlah port USB 2

2. Xiaomi Android TV 32 inch

Harga: berkisar 2jutaan

Merk Xiaomi ternyata tidak hanya memproduksi smartphone namun juga TV dengan harga yang cukup terjangkau. Berkisar 2 jutaan Anda sudah bisa membawa pulang android TV merk Xiaomi. Untuk mengetahui fasilitas TV, Anda dapat simak spesifikasi produk di bawah

Spesifikasi:

  • Dimensi, Panjang: 722mm, Lebar: 180mm, Tinggi: 429mm
  • Resolusi1366 x 768
  • Sudut penglihatan : 178 °
  • Refresh Rate : 60Hz
  • Waktu respon : 6.5ms (Typ)
  • Speaker: Audio power2 × 10W
  • Socket Beberapa port
  • USB: 2.0 × 3
  • Ethernet: 1
  • AV: 1
  • Earphone: 1
  • HDMI: 3 (1 berisi ARC)
  • Video decoder
  • H.265, H.264, Real, MPEG1 / 2/4
  • Image decoder: PNG , GIF
  • Audio decoder: Stereo, DTS-HD
  • Quad-core Processor 1GB + 8GB
  • CPU Amlogic Cortex A53 quad-core
  • RAM 1GB DDR
  • GPU Mali-450
  • Penyimpanan 8GB eMMC
  • Voltage 100-240V ~ 50 / 60Hz
  • Power 50W

3. SHARP LED dan SMART TV 2K NEW EASYSMART 2T-C32DF1i

Harga: berkisar 3jutaan

Spesifikasi:

  • Dimensi (WxDxH) 731 x 519 x 195 mm
  • Resolusi 1366 x 768
  • HD-Ready Resolution with HDR 10
  • EasySmart OS with Apps Store
  • Built-In Netflix . Youtube . Amazon Prime Video . Twitter . Game Mode
  • Game Mode dan Wireless Mirroring
  • HDMI slot 3
  • Video in 1
  • USB slot 1
  • Power consumption 60 watt

4. TOSHIBA DIGITAL 2K LED TV 32 INCH 32S25KP

Harga: berkisar 2jutaan

Spesifikasi:

  • Tipe digital TV
  • Resolusi 1920×1080
  • HDMI (ARC) 2
  • USB slot 2
  • CVBS (RCA)
  • Audio digital (Toslink)
  • Headphone 3.5mm
  • Penerima sinyal: Analog dan Digital (DVB-T/T2/S/S2/C)
  • Resolusi gambar: HD Ready 1.366 x 768 (2K)
  • Speaker: 10 watt 2
  • Garansi resmi Toshiba 1 Tahun

5. AQUA LED ANDROID TV 32 INCH LE32AQT6600G

Harga: berkisar 3jutaan

Fitur:

  • Android TV smart AI dengan kualitas tampilan dan suara yang jernih serta operasional yang canggih
  • Tersambung dengan google playstore memudahkan Anda mendownload konten favorit ke dalam layar TV
  • Chromecast built-in yang dapat menayangkan tampilan video, foto dari ponsel pintar ke TV
  • Bezel less yang merupakan bingkai tipis pada TV untuk menonton TV tanpa gangguan

Spesifikasi:

  • Dimensi (WxDxH) 720x181x466 mm
  • Screen technology: HD READY
  • Resolusi 1366×768 pixels
  • Power consumption 48 watt
  • Garansi panel 5 tahun dan garansi sparepart & jasa 1 tahun
  • Types of ports: USB 1,HDMI 2

Rekomendasi TV diatas 32 inch

Nah, untuk ukuran diatas 32 inch cocok sekali bagi kalangan yang ini meng-upgrade ukuran TV atau tidak puas dengan ukuran TV 32 inch. Bagaimana harganya? Murah atau mahal bergantung budget Anda yaa, namun saya tetap akan bantu memberikan info kisaran harga setiap produknya. Berikut uraiannya

1. Sharp 4T-C65CK1X

Harga: berkisar 12jutaan

Fitur:

  • 4K Ultra-HD Resolution with HDR
  • Sharp’s Android TV with Google Assistant
  • Deep Chroma Color Technology
  • X4 Master Engine Pro II
  • Azan Reminder
  • Chromecast Built-In
  • Bluetooth Audio Out

Spesifikasi:

  • Ukuran layar 65 inch
  • Resolusi 3840 x 2160
  • HDR 10
  • Output power 10W x 2
  • Decoder dolby audio
  • HDMI slot 3
  • Video in 1
  • USB movie 2
  • Ethernet, wireless dan bluetooth

2. Samsung UA43BU8000K Crystal UHD 4K LED Smart TV 43 inch

Harga: berkisar 5,7jutaan

Fitur:

  • Dynamic crystal color
  • Design air slim
  • Crystal processor 4K
  • Smart hub

Spesifikasi:

  • Resolusi 3840 x 2160
  • HDMI 3
  • USB 2
  • Tipe produk LED dan smart TV

Aksesoris

  • Remote
  • Baterai
  • Samsung smart kontrol
  • Mini wall mount support
  • Vesa wall mount support
  • User manual
  • Power cable

Cek promo TV Samsung 43 inch minggu ini 

3. PANASONIC LED ANDROID TV 55 INCH TH-55HX600G

Harga: berkisar 8,7jutaan

Fitur:

  • Merupakan jenis android TV
  • Dapat menontn film favorit dan musik impian Anda dengan chromecast built-in
  • Hexa chroma drive yang merupakan desain untuk meningkatkan pengaalaman menonton Anda dengan warna alami, kecerahan dan detail gambar yang tajam

Spesifikasi

  • Tampilan panel 4K Ultra HD LED LCD
  • Resolusi layar 3840 (W) x 2160 (H)
  • Mode gambar vivid/ cinema/ sport/ hi-bright
  • Output speaker 20 W (10 W x 2)
  • Smart TV android 10.0
  • DDR/ flash memory 2GB/8GB
  • Konsumsi daya tetap 150 watt
  • Konsumsi daya standby <0,5 watt
  • HDMI 3 slot
  • USB 2 slot

Yesss! Itulah rekomendasi TV 32 inch dan juga lebih dari 32 inch terbaik dan teramurah dari berbagai merk. Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda bisa mengunjungi katalog Hemat.id dan Tokopedia untuk mendapatkan beberapa informasi promosi TV di berbagai toko kesayangan Anda.

Sumber:

  1. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3094/2480
  2. https://siarandigital.kominfo.go.id/
  3. https://www.energystar.gov/products/televisions
  4. https://theecoguide.org/which-tv-to-buy
  5. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3616/3338
  6. https://www.tsbvi.edu/independent-living-library/skills/television-care