Resep Homemade Pizza Dengan Toping Sesuai Persediaan Di Rumah

Yeeeeyy, pizza…saya suka sekali pizza apalagi pizza yang extra cheese. satu loyang (medium) mungkin bisa saya habiskan sendiri tanpa lirik anak maupun suami, hehehehe…segitunya, sebenernya suami tidak terlalu suka makanan sebangsa pizza or roti. mungkin karena dulu nya suami emang jarang makan roti or pizza. Kalau anak-anak suka karena saya yang cekokin mereka dengan makanan itu, tapi berhubung mahal dan kalaupun ada promo beli 2 gratis 1 tetap aja harga di atas Rp.50.000-an, pizza hut, hmm…tau sendirilah harganya. Salah satu menyiasati keinginan saya dan anak-anak makan pizza tanpa membuat uang belanja ludes adalah dengan membuat sendiri di rumah.

Oke, ini dia resep nya berikut info promo di semua supermarket (Giant, Indomaret, Carrefour, Lottemart, Hypermart, Alfamart, Yogya Supermarket, Superindo) agar lebih hemat dalam membeli bahan-bahannya :

Bahan :

 

Bahan toping :

 

Cara buat :

  • Pertama-tama larutkan gula pasir dan ragi instan kedalam mangkuk plastik

 

Mencari variasi mangkuk yang cantik? cari referensinya harga promo mangkuk

 

yang sudah diisi 100 ml air hangat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai muncul busa

  • Setelah muncul busa,campurkan tepung terigu, garam dan minyak goreng/minyak zaitun. Lalu masukkan air ragi kedalamnya. Tambahkan sisa air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  • Selanjutnya tutup adonan dengan lap lembab selama 1 jam sampai adonan mengembang. lalu sebelum dimasukkan ke teflon roll terlebih dahulu adonan jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal.

  • Siapkan teflon yang sudah di olesi sedikit minyak, lalu tata adonan ke dalam teflon tekan-tekan sampai menutup semua permukaan teflon.

belum punya teflon? cek disini harga promo teflon

  • Tusuk-tusuk adonan pizza dengan garpu, kemudian tata toping yang sudah disiapkan. Untuk topping ini saya tidak memakai saos tomat karena anak saya tidak suka ada saos tomat di toping pizza nya,tapi jika anda suka anda bisa menambahkan tomat dan topping lain sesuai selera. Tata topping seperti sosis, keju cheddar, dan bawang bombay
  • Lalu panggang adonan pizza di atas kompor dengan menggunakan api kecil dan tidak lupa untuk menutup teflon agar matangnya merata. Cek pizza secara berkalaagar tidak gosong. ada yang melapisi bawah teflon dengan saringan untuk kukusan nasi, saya sudah mencoba dan memang berguna untuk meratakan api agar semua permukaan adonan pizza terkena panas dan membuat teflon tidak terlalu panas.
  • Jika dirasa sudah matang, silahkan angkat dan segera sajikan selagi hangat.

Hasilnya empuk, dan anak-anak suka. Jadi mereka punya variasi snack tidak hanya melulu roti tapi juga pizza tanpa mom-nya merogoh kocek terlalu dalam, mudah bukan membuat homemade pizza ini. Dan jangan sungkan merubah atau mengganti topping sesuai selera keluarga. Saya hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada dirumah tanpa membeli lagi.

Semoga resep ini menjadi salah satu resep yang sesuai dengan selera keluarga anda, jadi anda dan keluarga bisa terus menggunakan resep ini tiap kali akan membuat homemade pizza.

Untuk mendampingi santapan pizza ini anda bisa membuat salad sayur atau salad buah yang isinya tergantung selera atau sesuaikan dengan bahan makanan yang ada dirumah anda atau sesuai dengan permintaan keluarga atau anak-anak anda.

Well, selamat mencoba dan selamat berkreasi dalam memberikan makanan yang anda buat sendiri untuk menyenangkan keluarga dan resep ini sudah saya praktekkan sendiri dirumah.jika ada kendala dan pertanyan silahkan komen di kolom komen di bawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.