Review Situs Belanja Online Matahari Mall

Sekilas Seputar Matahari Mall

Matahari Mall.jpg

Matahari Mall termasuk baru yang mana baru diumumkan kehadirannya pada bulan Februari tahun 2015 lalu. Meskipun demikian, namun nyatanya situs eCommerce teranyar yang dirilis Lippo Group ini cepat booming berkat penawaran jasa pembelian O2O atau Online-to-Offline.

Adapun secara resmi Matahari Mall dirilis pada tanggal 9 September 2015. Situs tersebut menjalankan fungsinya secara penuh sebagai salah satu situs belanja online. Matahari Mall sendiri menjadi online retailer pertama yang mengadopsi sistem belanja O2O yang memungkinkan pelanggan untuk membayar, mengambil, atau mungkin mengembalikan produk di sejumlah cabang Matahari Dept Store yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pihak Lippo Group berujar bakal menjadikan Matahari Mall sebagai situs belanja online yang sukses seperti Alibaba.com hanya saja dalam sentuhan versi Indonesia. Untuk mencapai tujuannya tersebut ternyata ada modal besar yang harus digelontorkan. Diketahui investasi Lippo pun menjadi yang terbesar menembus angka USD 500 juta. Passion Matahari Mall dalam bidang eCommerce memang sangat besar. Konon Matahari Mall memiliki filosifi Bold, Fast, and Fun. Matahari Mall memiliki visi seperlu mencapai kesuksesan berskala global. Langkah tersebut bisa dilihat dari tim ahli yang dipilih berasal dari berbagai negara dan memiliki keahlian di bidang eCommerce.

Produk-Produk yang Dijual di Matahari Mall

Produk yang dijual di Matahari Mall terbilang lengkap. Mirip seperti apa yang akan ditemukan saat belanja ke sebuah department store. Mulai dari produk fashion pria, fashion wanita, gadget, tablet, elektronik, kesehatan & kecantikan, buku, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Menariknya harga produk yang dijual secara online dibuat sama seperti toko offline di Matahari Dept Store. Hal ini mengingat sistem penjualan yang berlangsung online dan offline. Karena itu pula banyak yang berujar bahwa Matahari Mall sebenarnya kepanjangan tangan atau versi dunia maya dari Matahari Dept Store.

Dengan demikian, hadirnya Matahari Mall memberi kemudahan tersendiri. Terutama bagi pelanggan yang merasa malas harus keluar rumah untuk belaja bisa belanja di Matahari Mall. Bila merasa barang yang dibeli tidak pas pelanggan bisa mengirim balik tersebut langsung melalui situs Matahari Mall atau lebih cepat dengan menukar di gerai Matahari terdekat.

Belanja di Matahari Mall, Ini Untungnya

Keunggulan belanja di Matahari Mall diantaranya yaitu:

hierarchical-structure.png Situs Sudah Terorganisir

Situs Matahari Mall sudah terorganisir secara rapi. Hal ini bisa dilihat dari interface web yang apik ditata berdasar kategori tertentu. Sehingga pelanggan cukup klik menu yang dipilih.

easy-work_23-2147510095.jpg Kenyamanan dan Kemudahan Bertransaksi

Matahari Mall menyuguhkan bermacam cara pembayaran mudah. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, COD, dan O2O. Sistem O2O itu pun menjadi keunggulan Matahari Mall dimana pembeli bisa    membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di sejumlah Matahari Dept Store di Indonesia.

banking.png Banyak Diskon Besar

Sejak pertama kali launching, Matahari Mall menawarkan banyak diskon besar. Potongan harga diberikan tidak lain untuk merebut minat pangsa pasar online. Menariknya lagi ada diskon harian atau Super Day. Program tersebut menjanjikan diskon yang besarnya bergantung dari kartu kredit yang digunakan untuk berbelanja dan kapan transaksi dilakukan. Selebihnya masih banyak lagi diskon besar di luar potongan harga yang diberikan untuk pengguna kartu kredit.

Cara belanja menggunakan troli atau keranjang belanja di Matahari Mall tidak kalah mudah dibanding online shop lain. Berikut tahapan lebih lengkapnya:

 1. Daftar di Matahari Mall, melakukan verifikasi, lalu login di situs resmi Matahari Mall.

2. Pilih produk yang akan dibeli dengan klik menu “Beli Aja”.

 3. Cek kembali produk yang dipesan pada troli. Bila sudah benar lanjutkan ke pembayaran atau lanjutkan belanja untuk menambah barang yang akan dibeli.

 4. Pilih metode pengirimn beserta informasi pengiriman dan tagingan secara lengkap, lalu lanjut dengan memilih menu “Lanjutkan Pembayaran”.

 5. Periksa barang pesanan kembali, dan pastikan semua benar mencakup informasi pengiriman, tagihan, jenis produk, jumlah produk, dan total belanja.

 6. Pilih opsi pembayaran baik melalui transfer bank atau kartu kredit, jangan lupa mengisi data diri lengkap, lalu klik menu “Bayar Sekarang” agar proses berlanjut.

 7. Untuk pembayaran via transfer bank, klik menu “Konfirmasi Bank” bila sudah transfer.

Saat belanja pelanggan bisa jug menggunakan voucher belanja. Cara menggunakan voucher tidak kalah mudah, yaitu:

 1. Pada saat cek pesanan barang, masukkan kode kupon ataupun voucher Matahari Mall pada kolom yang tersedia.

 2. Besar biaya yang mesti dibayar akan disesuaikan dengan besar voucher yang didapat.

 3. Langsung klik menu “Bayar Sekarang”.

Adapun bagi pelanggan yang ingin mendapat voucher atau kupon belanja sebaiknya rutin cek ke situs resmi Matahari Mall. Voucher bisa diberikan sewaktu-waktu, jadi pastikan pelanggan selalu update info.

Opini Masyarakat tentang Matahari Mall

Sejumlah pelanggan menyatakan senang belanja di Matahari Mall karena voucher diskon yang besar. Tampilan interface web juga sangat user friendly. Pelanggan mudah memilih produk karena penempatan barang berdasar kategori yang ditata rapi sampai sub kategori. Tersedia cicilan 0% selama 3, 6, atau 12 bulan untuk tiap produk menggunakan kartu kredit Mandiri. Hanya saja tidak sedikit pula yang mengeluh dan menyayangkan karena belum semua kupon voucher dapat digunakan. Selain itu, balasan konfirmasi pengiriman terbilang cukup lambat.