Tata Isi Lemari Es dengan 7 Cara Ini, Dijamin Lebih Rapi & Awet

Memasukkan semua bahan masakan dan makanan sisa di tempat-tempat yang tepat sangat penting untuk membantu Anda dalam meminimalkan pemborosan makanan, mengoptimalkan lemari es Anda, menjaga makanan segar lebih lama, menghemat banyak waktu, dan tentu saja uang Anda.

Anda pastinya tidak mau menghabiskan banyak waktu dalam mencari-cari makanan yang ingin Anda makan karena lemari es Anda berantakan dan tidak berada di tempat yang seharusnya.

Berikut beberapa tips yang bisa jadi referensi Anda dalam menata lemari es :

1. Memisahkan antara buah dan sayuran

Sumber : One Little Project

Terkadang entah karena terlalu lelah setelah pulang dari pasar, Anda memasukkan saja bungkusan yang berisi buah dan sayuran langsung ke dalam lemari es, padahal buah dan sayuran harusnya tidak di simpan di satu tempat. Berikut cara yang tepat dalam menyimpan kedua bahan makanan itu, bungkus sayuran dengan koran untuk membantu menyerap air agar sayuran tidak cepat rusak, karena sayuran memerlukan ruang yang memiliki kelembapan yang tinggi berbeda dengan buah-buahan yang tidak memerlukan kelembapan tinggi.

Dan tempatkan buah di satu keranjang atau tempat tersendiri.

2. Memakai container makanan tertutup untuk makanan sisa

Sumber : storageideas.uk

Jika ada gunakan container yang berbahan kaca atau bening agar Anda bisa melihat isi dari container dan ingat untuk segera menghabiskannya, ingatlah untuk menyimpan makanan sisa paling lama adalah 3-4 hari.

3. Penyimpanan di pintu lemari es

Sumber : The Krazy Coupon Lady

Sebagian dari kita (terutama saya) selalu meletakkan botol atau minuman di pintu lemari es, padahal suhu di pintu lemari es tidak stabil hal ini disebabkan oleh proses saat membuka dan menutup pintu lemari es.

Jadi penyimpanan di pintu lemari es tidak tepat jika kita gunakan untuk menyimpanan makanan atau minuman yang mudah basi, tapi Anda bisa gunakan pintu lemari es untuk meletakkan bumbu-bumbu.

Dan tempat yang tepat untuk menyimpan susu adalah di shelf yang berada di tengah atau atas, karena tempat tersebut suhunya lebih stabil.

4. Bagian tengah lemari es

Sumber : BuzzFeed

Tahukah Anda bagian paling belakang lemari es adalah bagian yang memiliki suhu paling dingin, jadi jangan letakkan buah atau sayuran di bagian itu. Karena selain buah atau sayuran Anda akan menjadi beku dan tidak bisa di simpan lebih lama lagi kualitasnyajadi menurun.

5. Lemari es yang terlalu penuh

Sumber : 97.5 The River

Lemari es yang terlalu penuh bisa mempengaruhi kinerja dari lemari es Anda, lemari es jadi tidak dingin dan beberapa makanan yang berada didalam lemari es bisa rusak dan membuat lemari es beraroma tidak sedap.

Salah satu tips agar lemari es tidak terisi penuh sesak Anda harus mengetahui makanan atau sayuran apa yang tidak harus disimpan di dalam lemari es. Misalnya bawang, kentang, tomat, pisang, roti dan madu.

Lalu berikan jarak antara satu makanan dengan makanan lain atau antara satu container dengan container lain untuk menjaga makanan untuk tetap dingin, jika Anda menumpuk makanan atau container di satu tempat saja bisa menyebabkan daerah itu menjadi tidak dingin.

Anda juga bisa mencatat atau memfoto makanan apa saja yang masih ada di dalam lemari es agar Anda tidak membeli makanan yang masih ada.

6. Mengatur makanan lama dan baru

Sumber : Squawkfox

Letakkan makanan yang sudah lama di depan dan letakkan makanan yang baru di belakang, agar makanan yang sudah lama lebih dulu di habiskan.

Lakukan pembersihan seminggu atau sebulan sekali lalu buang makanan yang sudah kadarluarsa, berubah warna, bau dan rasa. Jangan menyimpan makanan yang sudah rusak di dalam lemari es lebih lama karena bisa membuat aroma lemari es menjadi tidak sedap.

Dan bersihkan langsung makanan yang tumpah selagi baru, karena makanan yang baru saja tumpah lebih mudah di bersihkan di banding tumpahan yang sudah lama di dalam lemari es.

7. Menyimpan Daging

Sumber : wrappedinrust.com

Sebelum Anda menyimpan daging di lemari es lebih baik Anda potong-potong daging dan pisahkan dalam beberapa bungkus dengan zipper plastic wrap agar mudah di dilihat dan tulis bagian luar plastik nya daging tersebut akan di gunakan untuk masakan apa.

Karena jika Anda menyimpan daging dalam keadaan potongan besar Anda akan menunggu lama untuk daging mencair saat ingin menggunakannya dalam masakan Anda.

Tips tambahan :

  • Jangan menyiram daging beku Anda dengan air panas, lebih baik Anda memasukkan daging di bagian bawah lemari es agar daging tetap dalam kondisi dingin. Serta letakkan piring atau tray di bawahnya untuk menghindari tetesan dari daging.
  • Pastikan daging dalam wadah tertutup rapat agar daging tidak terkontaminasi dengan bakteri dari makanan-makanan lain yang ada di dalam lemari es dan membuat daging cepat rusak.

Jika saat ini Anda sedang bingung mencari lemari es yang sesuai kebutuhan Anda, hemat.id bisa menjadi referensi Anda dalam menemukan lemari es dengan berbagai macam merk dan ukuran di seluruh supermarket di sekitar Anda dengan harga promo termurah.

Bagikan tips dan trik di kolom komentar di bawah bagaimana Anda tetap menjaga kebersihan dan mengatur isi lemari es di rumah Anda, dan bagaimana cara Anda agar semua anggota keluarga juga ikut andil dalam tetap menjaga kondisi lemari es Anda dalam keadaan selalu teratur.

Semoga bermanfaat dan terima kasih