Tetap Bugar Dengan Olahraga Ala Ibu Rumah Tangga

Untuk Ibu rumah tangga untuk mengatur waktu untuk diri sendiri amatlah susah, oleh karena itu kebanyakan ibu rumah tangga terlihat kusam dan jarang sekali merawat diri, padahal itu bukanlah keinginan mereka. Ibu rumah tangga ingin juga mempunyai tubuh bagus, wajah berseri, dan selalu terlihat segar. Selain untuk suami, tentulah semua itu untuk ibu rumah tangga itu sendiri.

Jangan dikira karena ibu rumah tangga adalah wanita yang tidak bekerja dan diam di rumah, jadi mereka pastilah mempunyai banyak sekali waktu….You Are Wrong. Ada banyak pekerjaan di rumah yang endless, tidak seperti pekerjaan kantoran yang ada waktu selesainya. Tapi ternyata dengan mengerjakan rumah bunda juga bisa membakar kalori, misal 30 menit menyapu lantai bisa membakar 130 kalori. Manfaatnya yang pasti badan jadi lebih ringan, badan jadi lebih fit, dan wajah pun bisa ikutan berseri.

Tapi harap dipahami dengan benar ya bun, olahraga yang saya maksud hanya olahraga yang tergolong olahraga ringan dan tidak membentuk salah satu bagian tubuh. Karena untuk membentuk bagian salah satu tubuh butuh satu gerakan rutin yang harus dilakukan, sedangkan yang saya maksudkan dengan olahraga ini adalah olahraga yang kurang lebih hanya membakar kalori, membuat berkeringat, dan membuat badan jadi lebih segar dan tidak jadi lemas.

Dan jika bunda bisa, bunda juga bisa menyertakan beberapa gerakan yang bisa membentuk misalnya membentuk perut atau pinggul seperti :

1. Cuci pakaian dan jemuran

Walau memakai mesin cuci bunda masih bisa berkeringat, bunda pasti berkeringat saat memeras pakaian yang sudah selesai dicuci ke pengering, lalu carilah tempat menjemur yang tidak satu lantai. Mungkin mencuci di lantai bawah dan menjemur di lantai atas atau sebaliknya, atau jika tidak bisa bunda bisa membawa pakaian yang akan dijemur sedikit demi sedikit biar bunda bisa banyak berjalan. Atau bunda juga bisa melakukan gerakan menjinjit atau squart.

2. Naik turun tangga

Sering-seringlah naik turun tangga, jangan suruh anak anda atau meminta tolong kepada orang lain untuk mengambilkan sesuatu di lantai atas. Lakukan naik turun tangga sambil bunda membereskan satu kamar ke kamar lain, misalnya menurunkan gelas, menurunkan cucian kotor dan lain-lain. Lakukan dengan sedikit jogging agar lebih terasa.

3.Mengepel

Mengepel dengan tangan :

Setelah bunda selesai mengepel sebagian lantai, lakukan dromedary droop. Dromedary droop adalah posisi telungkup dengan bertumpu pada lutut dan tangan, seperti saat bunda sedang main kuda-kudaan dengan putra-putri bunda.

Tahan perut, lalu angkat pinggul, perut, dan pinggang ke atas, hingga punggung berbentuk melengkung ke atas, lalu diamkan selama 8 detik dan kembali ke posisi semula.

Mengepel dengan tongkat pel :

Letakkan dahulu tongkat Anda. Lalu lakukan lunges sebanyak 10-15 repetisi. Ini adalah gerakan tubuh yang diawali dengan berdiri tegak, lalu merendahkan badan dengan satu lutut kaki menempel ke tanah.

Setelah itu, bunda bisa kembali menyelesaikan aktivitas mengepel Anda. Jika dilakukan secara teratur hasilnya, otot pinggul, pinggang, perut, dan paha bunda akan lebih kencang.

4. Bersih-bersih dengan menggunakan timer

Ini salah satu kegiatan beres-beres favorit saya, karena saya diburu oleh waktu jadi biasanya saya akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak setelah selesai. Misalnya set timer selama 10 menit untuk membersihkan kamar mandi, 5 menit untuk mencuci piring, dan lain-lain.

5.Mencuci piring

Sambil cuci piring, bunda bisa menjinjit lalu tahan selama 9-10 detik lalu turun secara pelan-pelan. Ulangi sebanyak 10 kali dan lakukan 2-3 set dengan jeda 1 menit istirahat di setiap setnya. Lakukan gerakan ini setiap kali bunda dalam keadaan berdiri, baik sedang membersihkan debu atau mengelap meja.

6. Bermain dengan anak

Selain mencari keringat dengan membersihkan rumah, bermain dengan anak juga bisa sangat menguras tenaga. Main kejar-kejaran adalah salah satu permainan yang saya suka karena sangat cepat membuat keringat??

Selain berlari-larian bunda juga bisa mengajak anak bermain trampoline bersama, bermain bola, bersepeda dan mungkin mengajak anak bermain monkey bar bersama. Tapi memang yang murah meriah yah bermain kejar-kejaran bersama anak di dalam rumah atau di taman.

Tapi hati-hati ya bun, jangan karena bunda sudah merasa mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Dan bunda bisa makan dengan porsi yang tidak terkontrol maka olahraga ringan kita tidak akan ada artinya. Jadi selain bergerak, pola makan, pola tidur, serta minum air yang cukup sudah bisa membuat badan lebih sehat dan terasa segar.

Agar olahraga sambil melakukan pekerjaan rumah lebih terasa intens ada beberapa strategi yang bunda coba, yaitu :

1. Bergerak dengan cepat. Saat bunda sedang membersihkan debu, menyapu halaman, ataupun mencuci mobil bunda bisa mempercepat gerakan bunda dimana dengan mempercepat gerakan bunda akan menaikkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori.

2. Mainkan musik dengan nada cepat. Walau ini tidak banyak mempengaruhi kecepatan anda mengerjakan pekerjaan rumah tapi dengan mendengarkan musik bernada cepat akan memotivasi bunda untuk bergerak lebih cepat.

3. Berikan gerakan yang bervariasi. Saat sedang mengelap meja tamu atau meja dapur, laplah dengan cepat dan lebih intens dari yang biasanya bunda lakukan. Lakukan gerakan dengan lambat dan lakukan gerakan maju dan mundur secara berulang-ulang, gerakan yang bervariasi ini akan menggunakan lebih banyak otot dari pada saat bunda membersihkan dengan hanya satu gerakan. (Lakukan dengan selalu menggunakan kedua tangan, jangan hanya menggunakan tangan yang dominan)

Tapi jika bunda bisa mengatur waktu alangkah lebih baiknya jika bunda benar-benar mendaftarakan diri ke tempat-tempat aerobik, cari yang dekat dengan rumah, waktu yang bisa di sesuaikan dengan jadwal bunda, dengan harga yang tentunya murah,  dan yang terpenting memperbolehkan kita untuk membawa anak-anak. Menjaga badan bukan hanya untuk enak dilihat, tapi akan banyak pengaruhnya ke kondisi badan yang jadi tidak gampang lelah dan tidak gampang sakit, tidur pun jadi lebih nyenyak dan jika bunda istirahat nya menjadi cukup efek nya ke kulit wajah adalah menjadi lebih segar dan tidak ada mata panda.

Jika memang tidak memungkinkan untuk bunda mendaftar ke tempat-tempat aerobik, cara lain adalah manfaatkan youtube dan aplikasi yang sudah banyak beredar. Yup, bunda jadi tidak perlu keluar rumah dan bahkan anak-anak pun bisa ikutan. Itulah banyak jalan menuju roma, jika punya niat nya maka jalannya akan terbuka untuk bunda, jadi tinggal bunda pintar-pintar mengatur jadwal bunda untuk melaksanakan “Me Time” nya bunda.

Banyak sekali aplikasi yang bisa bunda dapatkan di google play, tinggal bunda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan sesuai jenis olahraga apa yang ingin bunda lakukan. Atau bagian tubuh yang mana yang ingin bunda bentuk atau perbaiki, semua ada dan lengkap.

Yuk, shared cara bunda dalam menjaga kondisi agar selalu fit dan pekerjaan rumah apa yang biasanya bunda selingi dengan berolahraga ringan ? Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Sumber :

  1. https://www.merdeka.com/sehat/apakah-bersih-bersih-rumah-termasuk-olahraga.html
  2. http://www.wikihow.com/Exercise-While-Doing-your-Housework
  3. http://ofthehearth.com/housework-as-exercise/