Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur

Mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah akan memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh si kecil. Makanan yang seimbang dan bernutrisi dapat bermanfaat untuk perkembangan otak, pertumbuhan yang baik, tidak gampang sakit, dan pertumbuhan gigi.

Alasan kenapa anak-anak kurang suka makan sayur terletak pada kesalahan dalam mengolah sayur sehingga menyebabkan sayur menjadi semakin tidak enak untuk dikonsumsi. Rasa pahit adalah rasa yang asing untuk anak-anak, mereka lebih mengenal rasa manis dan asin dikarenakan itulah rasa ASI. Serta karena kurangnya pengenalan akan makanan yang bervariasi dari kecil, membuat anak jadi susah menerima makanan dan rasa baru. Tapi dengan beberapa langkah dan kesabaran, pada akhirnya Anda bisa membiasakan anak untuk selalu makan-makanan yang sehat tanpa selalu mempermasalahkan rasanya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil agar Anda dapat membuat anak mau makan makanan sehat :

1. Ingatlah bahwa Andalah yang memegang kendali

Sumber : www.Sahabat Yatim.com

Jangan biarkan anak Anda menentukan apa yang akan dimakan. Anda memutuskan apa yang akan dimakan dan anak Anda memutuskan seberapa banyak yang dimakan. Jelas bahwa sudah menjadi tugas Anda untuk merawat dan memastikan anak makan makanan yang bergizi.

2. Jangan cepat menyerah

Sumber : Google Image

Saat mendengar anak Anda berkata “aku tidak suka”, bukan berarti Anda harus mundur. Mungkin maksud mereka sebenarnya adalah “Aku sedikit takut mencoba hal-hal baru”. Cobalah terus hingga anak Anda mau memakan apa yang Anda tawarkan walau sedikit. Karena yang namanya hal baru, pasti akan membuat anak merasa asing karena tidak pernah memakannya sebelumnya, jadi bersabarlah dan coba lagi.

3. Perkenalkan rasa baru

Sumber : Hipwee

Jangan karena kesukaan anak anda adalah ayam crispy, bukan berarti setiap hari Anda harus menyajikan ayam crispy, teruslah tambah variasi pada menu makanan anak agar mereka bisa merasakan bermacam-macam makanan dan agar mereka tidak antipati dengan makanan baru. Jangan lupa untuk menghias dan membentuk makannya agar anak tertarik untuk mencoba.

4. Jadi teladan yang baik

Sumber : www.freshdesignpedia.com

Untuk mengajarkan sesuatu, tentu harus ada panutan yang bisa anak tiru. Jadi biarkan anak melihat Anda dan keluarga lainnya menikmati makanan sehat agar mereka mulai tertarik untuk mencoba. Ajak juga kakek dan nenek agar kakek dan nenek juga memahami pencapaian yang ingin orang tua raih.

5. Berikan pujian

Sumber : Ikelas

Siapa yang tidak senang saat dipuji, apalagi anak-anak. Pujilah mereka sewajarnya saat mereka mau mencoba makanan baru atau mau mencoba makan sayur dan buah. Lalu berikan mereka hadiah berupa pelukan atau ciuman atas keberanian mereka untuk mencoba makanan baru dan mulai mau mencoba makan makanan sehat.

6. Membuat mereka lapar

Sumber : Google Image

 

Bukan dosa untuk membiarkan anak Anda merasa lapar, padahal justru hal ini akan membantu anak dalam “mendengarkan” selera makan alami mereka sendiri. Dan akhirnya mereka akan makan apa saja yang disajikan untuk mereka makan, termasuk makan sayur.

7. Jangan memaksa

Sumber : www.Toktokwow.com

Jangan suka melarang apalagi memaksakan makanan tertentu karena Anda pasti sudah tahu bahwa pada akhirnya anak akan makin keras dalam menolak makanan yang Anda tawarkan. Izinkan anak-anak sesekali makan permen, chiki, cokelat dan makanan serta minuman ringan lainnya asal tidak setiap hari dan Anda yang tentukan banyaknya.

8. Ubah posisi saat meyimpan makanan

Sumber : www.hello-pet.com

Usahakan makanan sehat selalu tersedia, di kulkas atau di meja makan. Dan tempatkan snack, makanan dan minuman ringan ditempat yang tersembunyi, kupas dan potong-potong buah lalu letakkan di tempat yang mudah diambil dan dilihat oleh anak-anak.

9. Ajak mereka ikut memasak

Sumber : www.Rumahku.com

Selain dapat mengisi waktu luang mereka, dengan melibatkan mereka untuk ikut memasak akan membuat mereka merasa bangga karena sudah ikut membantu Anda dan memakan makanan yang mereka masak sendiri.

10. Konsisten

Sumber : www.JokoSusilo.com

Pertahankan konsistensi Anda dalam mengajarkan anak untuk makan makanan sehat, jangan menyerah dan tetap tenang agar Anda bisa menularkan pola makan sehat pada anak-anak Anda.

Orang tua pun harus bekerja sama dan perlu menyepakati bahwa ini usaha yang harus disepakati bersama. Mendukung pasangan adalah salah satu cara sukses dalam mengajarkan pola makan sehat pada anak, jadilah team yang kompak dan solid.

Anda bisa memilih bervariasi sayuran dari semua supermarket dan minimarket di hemat.id, dari wortel, bayam, bahkan cabe dan bawang merah bisa Anda cek harganya di hemat.id dan jadi pertama yang mengetahui promonya.

Yuk,  bagikan pengalaman Anda di kolom komentar dalam membiasakan anak dan keluarga Anda untuk selalu makan makanan bergizi dan bernutrisi, serta bagaimana reaksi mereka? Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

  1. “Makan Sehat Anak Cerdas”, Dr. Jenny O’Dea, 2005
  2. https://tirto.id/penyebab-anak-anak-tak-suka-makan-sayur-dan-buah-ckEz