Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Menurut Wikipedia, peria atau pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Budidaya anggota suku labu-labuan ini biasa digunakan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan.

Sayuran pare adalah jenis sayuran yang paling dihindari oleh kebanyakan orang karena rasanya yang pahit. Tapi jika dimasak dengan benar dan mengetahui tipsnya, rasa pahit dari pare bisa berkurang.

Tapi jangan salah, dalam rasa pahitnya tersimpan khasiat yang baik untuk tubuh dan salah satu yang paling menarik perhatian saya adalah khasiatnya sebagai penurun berat badan. Dengan cara dijus dan rutin diminum saat sarapan, jus pare ini mengandung kalori yang tinggi, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Untuk pemanisnya, Anda bisa tambahkan dengan madu atau dengan buah seperti apel atau mangga.

Berikut tips agar pare tidak terasa pahit, yaitu :

1. Mengupas kulit pare

Mengupas Pare.jpg

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, Anda bisa mengikis permukaan kasar pada pare dengan menggunakan pengupas buah.

Lihat promo pisau untuk mengupas pare dari berbagai supermarket di kota Anda!

2. Garam

Sumber : Connect Nigeria

Taburi pare yang sudah dipotong-potong dengan garam, lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sambil diremas-remas.

Garam bisa mengeluarkan air sari pare. Air sari pare merupakan kandungan dalam pare yang membuat pare terasa pahit.

3. Hidangkan selagi hangat

Sumber : Tribunnews

Bukan hanya mengenai cara menghilangkan rasa pahit tapi mencari keseimbangan dari bumbu-bumbu yang tepat. Gula, garam, dan lemak dapat membantu menyeimbangkan rasa pahit dan sebaliknya

Menyajikan makanan selagi hangat juga bisa mengurangi persepsi rasa pahit.

4. Diolah menjadi keripik

Sumber : Dona’s delight

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, Bunda juga bisa mengolah pare menjadi keripik. Rasa gurih dan teksturnya yang krunchy pasti bisa membuat semua anggota keluaga jadi suka mengonsumsi pare.

Dan ada juga tips saat memilih pare, yaitu Anda pilih pare yang warna hijaunya bersemu kuning. Pare yang masih mudah dan warna hijaunya pekat, akan semakin pahit parenya.

5. Buang biji pare

Sumber : Alodokter

Buang biji pare dan juga bagian tengah pare dengan cara dikerok menggunakan sendok atau pisau. Orang mempercayai cara ini adalah cara terampuh untuk mengurangi rasa pahit pada pare.

 

6. Rendam dengan air asam

Sumber : Titiknol

Anda pun bisa merendam pare yang sudah dipotong-potong dengan air asam selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir, kemudian kita olah menjadi bahan masakan.

7. Memilih jenis pare

Sumber : Google Image

Ada pare lokal yang bentuknya kecil, berkulit pucat dan penuh bintil-bintil runcing dan juga ada pare taiwan yang bentuknya lebih besar dan tidak runcing.

Nah, ternyata pare lokal rasanya lebih pahit dari pare taiwan. Jadi, ketahui dahulu pare jenis apa yang kita inginkan agar kita tahu bagaimana mengolahnya.

Lihat promo sayuran terhemat dari berbagai supermarket di Indonesia!

Dapatkan penawaran promo menarik yang Anda bisa lihat di website hemat.id, karena Anda akan disajikan informasi mengenai promo-promo sayuran segar dan semua kebutuhan pokok keluarga Anda di semua supermarket, hypermarket dan minimarket terdekat.

Bagaimana tips memasak pare agar tidak pahit ini, mudah diikuti kan? Apakah Anda memiliki kendala saat mempraktekannya? Bagaimana hasilnya? Bagikan cerita Anda pada kolom komentar di bawah ini ya…Jika Anda mempunyai kritik dan saran, jangan ragu untuk tuliskan ya.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!