Tips Anti Lelah Mengurus Anak Untuk Ibu di Era Milenial

Mengurus anak bukanlah hal yang mudah terlebih bagi Anda yang baru memasuki fase menjadi seorang ibu milenial. Beberapa ibu mungkin akan kaget dengan perubahan hidup dari yang santai tanpa anak kemudian menjadi heboh dengan hadirnya buah hati. Faktanya, mengurus anak adalah hal yang rentan memicu stress terutama bagi ibu yang baru memasuki fase kehidupan rumah tangga.

Selain karena kurang pengalaman, mengasuh anak untuk kali pertama dalam hidup jelas menjadi melelahkan. Anak yang rewel dan pekerjaan rumah yang terasa tidak ada akhirnya menjadikan semuanya semakin berat. Tidak jarang suami juga susah untuk diajak bekerja sama dalam mengasuh anak. Untuk menghindari stress berlebihan dan kelelahan saat mengasuh anak, Anda bisa lakukan hal berikut ini.

pexels-photo-1661823.jpeg

1. Atur pola makan

Meskipun waktu makan menjadi lebih singkat, namun Anda tidak boleh melewatkan jam makan. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang makan sembarangan karena takut anak menjadi rewel karena ditinggal makan oleh ibunya. Mengatur pola makan yang sehat tetap menjadi hal yang penting bagi ibu. Moms juga membutuhkan asupan makanan sehat agar tubuh tetap berenergi dan sehat. Pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang agar ibu tetap sehat.

Ketahui Asupan Gizi yang Penting Bagi Wanita

2. Atur waktu tidur

Tidur adalah hal yang berharga bagi setiap orang. Begitu pula dengan ibu, anak yang sering terjaga sepanjang malam terkadang membuat ibu kurang tidur. Meskipun begitu, ibu tetap perlu waktu tidur dan istirahat yang cukup agar tidak mudah lelah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu tidur adalah dengan mengajak si kecil. Aturlah waktu tidur si kecil sehingga Anda dapat ikut tidur saat anak-anak tidur. Lupakan sejenak rutinitas rumah tangga dan tidurlah sejenak sehingga saat terbangun, tubuh Anda sudah kembali berenergi.

3. Sempatkan berolahraga

Meski sudah beraktivitas seharian, ibu tetap membutuhkan olahraga paling tidak 30 menit sehari. Olahraga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta menenangkan pikiran. Dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang, Anda akan lebih mudah untuk mengontrol emosi dan terhindar dari stress. Bila tidak punya cukup waktu, Anda bisa mengajak anak untuk ikut olahraga ringan seperti senam di rumah, jalan-jalan, jogging, dan sebagainya.

Baca Juga : Tips Memilih Running Shoes yang Tepat dan Nyaman

4. Biarkan suami membantu

Ada beberapa orang yang menganggap bila mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga sepenuhnya dilakukan oleh ibu. Anda dan suami adalah satu tim yang harus saling melengkapi dan membantu satu sama lain. Anda bisa meminta bantuan suami untuk menjaga anak, mencuci piring, menyapu, atau berbagi tugas yang lain. Dengan membagi tugas dengan suami, pekerjaan rumah dan mengasuh anak akan terasa ringan dan ibu tidak terlalu lelah.

5. Charging Time

Dengan rutinitas sebagai ibu rumah tangga, charging time menjadi alternatif rehat yang menyenangkan. Cobalah melakukan charging time dengan beribadah, melakukan perawatan wajah dan tubuh, menonton drama favorit, membaca buku yang inspiratif dan sebagainya. Charging time atau waktu untuk diri sendiri diperlukan untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental agar terhindar dari stress. Anda bisa meminta bantuan suami untuk menjaga anak-anak saat ingin melakukan charging time.

pexels-photo-904612.jpeg

 

Meskipun pengalaman mengasuh anak masih sedikit sebagai ibu, Anda harus tetap sehat dan bugar. Jangan ragu untuk meminta dukungan suami dalam mengasuh anak karena kekompakan ayah dan ibu menjadi kunci sukses dalam mengasuh anak.