Tips Tidur Berkualitas Walaupun Cuaca Tidak Bersahabat

Tidur merupakan istirahat yang paling dibutuhkan setelah lelah melakukan aktifitas seharian. Mengantuk adalah sinyal yang di terima oleh otak saat tubuh lelah dan butuh istirahat. Rasa kantuk biasanya mulai terasa saat malam hari dan setelah tidur badan akan merasa segar kembali. Biasanya orang dewasa memerlukan 7 jam untuk tidur dalam sehari. Cuaca hujan dan mendung yang sekarang ini terjadi di pagi hari membuat kita nyaman tidur berlama – lama dan akhirnya membuat terlambat bangun dan kegiatan kita di pagi hari menjadi terlambat. Dan sering kali saat terlambat bangun pagi, tubuh masih merasa lelah. Jika Anda mengalami hal seperti itu, maka tidur Anda kurang berkualitas. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh Anda terasa segar di pagi hari meskipun Anda tidur kurang dari 7 jam perhari. Berikut ini beberapa tips bagaimana medapatkan tidur sebentar namun tetap berkualitas.

1. Tetap aktif di siang hari

sumber : www.istockphoto.com/search/lightbox/9786738]

Orang yang memiliki keagiatan yang cukup aktif di siang hari biasanya memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan yang pasif. Jika pekerjaan anda tidak menuntut anda bergerak aktif, anda bisa membuat kegiatan aktif anda sendiri, misalnya memilih menggunakan tangga daripada lift. Anda juga bisa berjalan saat memilih café untuk makan siang dari pada menggunakan mobil atau motor. Selain itu Anda juga bisa membuat badan anda tetap bergerak aktif dengan berolahraga ringan di dekat meja kerja anda. Olah raga dan berusaha aktif di siang hari meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa menaikkan suhu tubuh dan mengaktifkan hormone kortisol. Hormon kortisol ini membantu tubuh saat proses metabolism sehingga tubuh mendapatkan energi maksimal.

2. Jaga makan malam Anda

sumber : www.istockphoto.com

Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa apa yang kita makan di siang hari dapat mempengaruhi kualitas tidur kita dimalam hari terutama apa yang kita makan saat menjelang tidur.
Jika anda suka mengkonsumsi kopi di siang hari, maka kebiasaan itu harus ditinggalkan karena caffeine dalam kopi baru akan terasa efeknya 10 jam setelah dikonsumsi. Hal ini lah yang membuat anda kadang terbangun di tengah malam. Merokok beberapa jam sebelum waktu tidur juga akan mengganggu tidur anda dan dapat menyebabkan insomnia.

Jika anda berniat untuk tidur pukul 9, maka sebaiknya anda berhenti makan pada jam 7 malam. Makanan yang anda santap beberapa jam sebelum tidur juga tidak boleh berlebihan, terlalu pedas atau terlalu asam. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang ringan namun cukup berkalori agar perut anda tetap merasa kenyang. Beberapa contoh snack yang bisa dikonsumsi sesaat sebelum tidur namun tidak mengganggu tidur anda yaitu pisang, yogurt, gandum dan granola. Cek hemat.id untuk belanja hemat produk makanan segar setiap hari.

3. Tetap bangun di jam yang sama setiap hari

sumber : www.istockphoto.com

Menjaga body hour adalah kunci utama agar tidur anda tetap berkualitas dan anda tidak akan memerlukan jam alarm untuk membangunkan anda. Akhir – akhir ini munkin terasa sulit menjaga body hour melihat kondisi cuaca yang kurang bersahabat yang membuat anda lebih memilih bangun terlambat daripada memulai hari dengan bersemangat meski diluar sedang hujan. Suhu dingin karena hujan adalah penyebab kenapa Anda menjadi malas beranjak dari tempat tidur. Untuk itu anda perlu menjaga suhu ruang tidur anda. Anda bisa memanfaatkan timer di remote AC anda. Jika anda tidak memiliki AC maka anda bisa memanfaatkan jendela dan sinar matahari untuk menaikkan suhu tempat tidur anda. Jangan menjadikan cuaca menjadi celah untuk bangun terlambat. Tubuh akan kembali bingung jika anda tidak bangun pada jam seperti biasanya.

4. Posisi tidur yang baik

sumber : www.istockphoto.com

Tidur dengan posisi yang berbeda-beda. Mengubah posisi tidur anda dapat membuat perubahan besar pada kualitas tidur anda. Saat anda akan tidur atau setelah anda terbangun di tengah malam cobalah memposisikan tubuh anda “mid-line”, yaitu posisi dimana kepala dan leher lurus sejajar dengan wajah mengghadap langit – langit kamar. Hindari tidur tertelungkup karena akan menyulitkan pernafasan anda. Jika anda ingin tidur dengan tertelungkup, coba letakkan bantal dibawah pinggul anda bukan dibawah kepala. Hal ini akan membuat tekanan pada perut berkurang dan anda tetap bisa bernafas dengan baik sepanjang tidur.

Demikian tadi tips – tips agar tidur Anda berkualitas dan Anda tetap bisa bangun pagi walau mendung dan hujan turun. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu jaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi bahan makanan segar setiap hari.