Perbandingan Susu Frisian Flag Primagro vs Morinaga Chil*Go!

Sahabat Hemat, susu Frisian Flag Primagro dan susu Morinaga Chil*Go! sudah dikenal di pasaran dengan harga yang terjangkau ya. Frisian Flag dan Morinaga juga termasuk brand susu terkenal yang sudah berpengalaman memproduksi susu sebagai tambahan nutrisi untuk anak-anak. Dengan harga jual yang ramah di kantong, kira-kira lebih bagus susu Frisian Flag Primagro atau Susu Morinaga Chil*Go? Yuk disimak artikelnya.

Perbandingan harga

Harga susu Frisian Flag Primagro kemasan paling kecil mulai dari Rp20ribuan. Sedangkan susu Morinaga Chil*Go! kemasan paling kecil mulai Rp30ribuan. Karena kemasan paling kecil kedua susu ini memiliki ukuran yang berbeda, maka perlu dibandingkan dengan takaran yang sama yaitu per 100gr, seperti pada tabel di bawah ini :

Harga Frisian Flag Primagro 1+ Morinaga Chil*Go! 1+
Per kemasan Rp23.200/120gr Rp35.838/270gr
Per 100gr Rp19.333 Rp13.273

Kisaran harga susu di atas diambil dari harga jual di marketplace officialnya. Dari  tabel perbandingan harga susu Frisian Flag Primagro 1+ dan Morinaga Chil*Go! 1+ dapat dilihat bahwa susu Morinaga Chil*Go! ternyata harganya lebih terjangkau.

Perbandingan nutrisi

Pembahasan selanjutnya adalah perbandingan nutrisi yang terkandung pada susu Frisian Flag Primagro dan Morinaga Chil*Go!. Perbandingan di bawah ini dikutip dari informasi yang tertera pada kemasan susunya.

Perbandingan nutrisi susu Frisian Flag Primagro 1+ rasa vanilla dan Morinaga Chil*Go!

perbandingan nutrisi Primagro 1+ dan Chil*Go1+
perbandingan nutrisi Primagro 1+ dan Chil*Go1+

Perbandingan kandungan nutrisi dengan varian rasa dan takaran saji :

  • Frisian Flag Primagro 1+ rasa vanilla 37gr per sajian
  • Morinaga Chil*Go! 1+ rasa vanilla 35gr per sajian
Perbandingan Frisian Flag Primagro 1+ Morinaga Chil*Go! 1+
Kalori 170kkal 150kkal
Karbohidrat 22gr 23gr
Protein 5gr 5gr
Lemak 6gr 5gr
Gula total 17gr (Laktosa 13gr & Sukrosa 4gr) 12gr (Laktosa 7gr Sukrosa 3gr)
AA&DHA DHA 16gr 11mg
Omega 3&6 93mg & 666mg 36mg & 259mg
Serat pangan 1gr 1gr
Vitamin C 100% 30%
Kolin 15% 6%
Kalsium 30% 30%

Dari tabel perbandingan nutrisi susu Frisian Flag Primagro 1+ dan Morinaga Chil*Go! 1+ rasa vanilla dengan takaran saji yang berbeda, jumlah kalori pada susu Primagro 1+ lebih tinggi. Kandungan AA&DHA, Omega 3&6, Vitamin C, dan Kolin pada susu Primagro 1+ lebih banyak dibandingkan dengan susu Chil*Go! 1+.

Pada susu Morinaga Chil*Go! 1+ rasa vanilla kandungan gula lebih rendah dibandingkan dengan susu Primagro 1+. Jumlah kandungan karbohidrat lebih tinggi, sedangkan kandungan nutrisi lainnya tidak jauh berbeda.

Perbandingan nutrisi susu Frisian Flag Primagro 3+ dengan Morinaga Chil*Go! 3+

perbandingan nutrisi Primagro 3+ dan Chil*Go3+
perbandingan nutrisi Primagro 3+ dan Chil*Go3+

Untuk membandingkan kedua susu ini, saya mengambil sampel rasa yang sama yaitu rasa vanilla. Dengan masing-masing takaran saji :

  • Frisian Flag Primagro 3+ rasa vanilla 40gr per saji
  • Morinaga Chil*Go! 3+ rasa vanilla 40gr per saji
Perbandingan Frisian Flag Primagro 3+ Morinaga Chil*Go! 3+
Kalori 180kkal 170kkal
Karbohidrat 24gr 27gr
Protein 5gr 5gr
Lemak 7gr 5gr
Gula total 16gr (Laktosa 10gr,Sukrosa 4gr) 12gr (Laktosa 7gr,Sukrosa 4gr)
AA&DHA DHA 17mg DHA 11mg
Omega 3&6 96mg & 688mg 41mg & 296mg
Serat pangan 2gr 1gr
Vitamin C 40% 30%
Kolin 15% 6%
Kalsium 25% 30%

Dari tabel perbandingan susu Frisian Flag Primagro 3+ dan susu Morinaga Chil*Go! 3+ dapat dilihat bahwa dengan takaran saji yang sama, susu Primagro 3+ jumlah kalorinya lebih tinggi. Kandungan DHA, Omega3&6, serat pangan, vitamin C dan Kolin pada susu Primagro 3+ lebih tinggi dari Chil*Go! 3+.

Susu Morinaga Chil*Go! 3+ kandungan karbohidrat dan kalsium lebih tinggi dari susu Primagro 3+. Sedangkan kandungan gula pada susu Morinaga Chil*Go! 3+ lebih rendah dibandingkan Primagro 3+.

Perbandingan komposisi

Selain kandungan nutrisi, pada kemasan susu juga tertera komposisi apa saja yang terkandung pada susu.

Komposisi susu Frisian Flag Primagro 1+ rasa vanilla : Susu Skim Bubuk, Sirup glukosa padat, Lemak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat dan dl-a-tokoferol), Sukrosa, Inulin, Laktosa, Maltodekstrin, Premiks mineral dan 3 mineral, Bubuk madu, Premiks vitamin dan 2 vitamin, Minyak ikan (Mengandung DHA, antioksidan natrium askorbat dan tokoferol), Perisa sintetik (mengandung dl-a-tokoferol), Pengemulsi lesitin kedelai, Ekstrak krim, Penstabil nabati.

Komposisi susu Morinaga Chil*Go! 1+ rasa vanilla : Susu bubuk (47,33%), Maltodekstrin, Krimer Nabati (mengandung Susu), Sukrosa, Minyak Nabati (mengandung Antioksidan Askorbil Palmitat), Inulin, DHA (mengandung Antioksisan Natrium Askorbat, Tokoferol Campuran Pekat, Askorbil Palmitat), Perisa Sintetik (mengandung Susu), Pengemulsi Nabati, Premiks Mineral dan Premiks Vitamin.

Pada komposisi susu Primagro yang pertama ditulis adalah susu skim bubuk, yang artinya kandungan terbanyak pada susu ini adalah susu skim. Sedangkan pada susu Chil*Go! komposisi dominannya adalah susu bubuk. Bedanya komposisi ini adalah susu skim mengandung lemak yang lebih rendah dari susu bubuk, sehingga susu Chil*Go! memiliki tekstur yang lebih creamy.

Pemanis susu Primagro berasal dari sirup glukosa padat, sukrosa,laktosa, dan maltodekstrin. Laktosa adalah pemanis alami yang berasal dari susu, sedangkan sirup glukosa, sukrosa dan maltodekstrin adalah pemanis tambahan. Pada susu Chil*Go! pemanisnya berasal dari maltodekstrin, sukrosa dan laktosa. Jadi, dari kedua susu ini memiliki kandungan pemanis alami dan tambahan. Sehingga perlu takaran yang bijak untuk dikonsumsi sikecil agar tidak berlebihan. Menurut American Health Assosiation, batas konsumsi gula pada anak sebaiknya tidak lebih dari 25gr per hari.

Perbandingan varian rasa dan kemasan

Susu Primagro dan Chil*Go! adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, berikut perbandingan varian rasa dan kemasan susunya :

Varian Frisian Flag Primagro Morinaga Chil*Go!
Tahapan Usia
  • 1+ untuk 1-3tahun
  • 3+ untuk 3-6 tahun
  • 1+ untuk 1-3tahun
  • 3+ untuk 3-7 tahun
Rasa vanilla, madu, coklat vanilla & madu
Ukuran kemasan 120gr, 360gr, 750gr, 800gr, 1200gr, 2000gr, 3000gr 270gr, 330gr, 660gr, 950gr

Kelebihan dan kekurangan

Setelah membahas perbandingan susu Frisian Flag Primagro dan Morinaga Chil*Go! kedua susu ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi sikecil. Agar lebih optimal, dalam memberikan tambahan nutrisi bisa didampingi oleh tenaga medis profesional seperti dokter anak dan ahli gizi. Karena setiap anak membutuhkan nutrisi yang berbeda. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari perbandingan susu Frisian Flag Primagro dan Morinaga Chil*Go!

Kelebihan susu Frisian Flag Primagro :

  • Lebih tinggi kalori
  • Kandungan lemak, DHA, Omega 3&6, vitamin C dan kolin lebih tinggi
  • Varian rasa susu lebih lengkap, ada rasa coklat
  • Ukuran kemasan lebih bervariasi paling kecil 120gr hingga 3000gr

Kekurangan susu Frisian Flag Primagro :

  • Harga sedikit lebih mahal
  • Kandungan gula total dan sukrosa lebih tinggi

Kelebihan susu Morinaga Chil*Go! :

  • Harga sedikit lebih terjangkau
  • Kandungan gula total dan sukrosa lebih rendah
  • kandungan karbohidrat lebih tinggi
  • pada Chil*Go! 3+ kalsium lebih tinggi

Kekurangan susu Morinaga Chil*Go!

  • varian rasa lebih sedikit
  • varian ukuran lebih sedikit

Kesimpulan

Susu Frisian Flag Primagro dan susu Morinaga Chil*Go! harganya tergolong ekonomis, namun Chil*Go! lebih terjangkau. Susu Primagro memiliki kandungan kalori, DHA, Omega3&6, vitamin C dan kolin yang lebih tinggi daripada Chil*Go!. Pada susu Morinaga Chil*Go! kandungan gula total lebih rendah, sedangkan kandungan karbohidrat lebih tinggi. Kedua susu ini sama bagusnya, sebelum memilih pastikan Anda juga berkonsultasi dengan dokter anak dan ahli gizi untuk menyesuaikan kebutuhan nutrisi anak dengan susu yang akan dikonsumsi.