7 Alternatif Sarapan Hemat Anak Kost Selain Mie Instant

Mahasiswa perantauan yang tinggal di kost pasti tidak asing lagi dengan menu sarapan seperti mie instant. Perlu diketahui walaupun kalian, anak kost, malas untuk mencari makanan ribet-ribet, jika kalian selalu sarapan dengan mie instant kalian bisa mendapat masalah pencernaan. Mie instant bukan sesuatu yang mudah dicerna walaupun harganya terjangkau di kantong mahasiswa. Ada menu sarapan lainnya kok yang tentunya murah dan sehat seperti berikut ini :

1. Nasi Goreng

Sumber : almarjan.id
Sumber : almarjan.id

Sebagai anak kost, jika ingin menghemat uang, kamu wajib mempunyai rice cooker di kost. Nasi yang kamu masak sendiri jauh lebih murah dibanding beli di tempat makan. Agar tidak hanya nasi putih yang membosankan, kamu bisa beli satu atau dua bungkus sosis di warung, dan mulai bereksperimen di dapur. Masaklah nasi goreng yang cuma butuh waktu 5-10 menit, bumbu-bumbunya bisa kamu pinjam di persedian dapur ibu kos, dan cara masaknya bisa kamu tengok di youtube. Jika tidak mempunyai dapur di kost, kamu bisa menggunakan rice cooker untuk memasak nasi goreng.

Lihat promo rice cooker, promo beras, dan promo bumbu nasi goreng yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

2. Nasi Gulung Telur

Sumber: foodnetwork.com
Sumber: foodnetwork.com

Jika kamu buru-buru dan hanya bisa membuat telur dadar bahkan tidak sempat memakannya, kamu bisa membawanya sebagai bekal ke kampus. Tapi jika kamu tidak ingin bekal kamu terlihat biasa saja, kamu bisa mendesain bekal kamu dengan membungkus nasi kedalam telur dadar, seperti layaknya nasi goreng telur dadar.

Lihat promo telur ayam yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

3. Sandwich

Sumber : pangaos.com
Sumber : pangaos.com

Bosan dengan nasi? Kamu bisa membuat sandwich ala seadanya hanya dengan roti tawar, lembaran keju cheddar, dan lembaran beef burger. Dan sebagai tambahan bisa dengan daun selada, tomat, lalu mayonaise dan saus tomat untuk membuatnya lebih berwarna. Lama membuatnya juga hanya 1-3 menit. Cocok untuk yang tidak ingin ribet dalam membuat sarapan.

Lihat promo roti tawar, promo keju, & promo beef burger yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

4. Roti Celup Susu

Sumber : food.detik.com
Sumber : food.detik.com

Untuk yang suka minum susu setiap pagi, kamu bisa mengandalkan roti untuk membuat perutmu kenyang di pagi hari. 2-3 lembar roti tawar di pagi hari dengan cara mencelupkannya ke susu hangat dapat cepat mengisi perut. Susu yang digunakan bisa coklat, plain, maupun strawberry sesuai dengan selera masing-masing.

Lihat promo susu yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

5. Pisang

Sumber : digitalmapia.com
Sumber : digitalmapia.com

Buah yang satu ini dapat menjadi alternatif sarapan yang hemat karena memang harganya murah dan pisang dapat memberimu cukup energi untuk beraktifitas. Dengan kandungan yang ada pada pisang, satu pisang dapat menggantikan makan selama dua jam. Pisang juga mengandung sumber vitamin sehingga cocok untuk penambah energi di pagi hari.

Lihat promo buah pisang yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

6. Bubur

Sumber : kiresep.com
Sumber : kiresep.com

Jika kamu ingin sarapan yang dapat diselesaikan dengan cepat karena terburu-buru untuk ke kampus, kamu bisa membeli beberapa bubur instant di minimarket sebagai stok sarapan di pagi. Mudah membuatnya juga mudah mengkonsumsinya.

Lihat promo bubur instant yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

7. Sereal

Sumber : health.liputan6.com
Sumber : health.liputan6.com

Tidak terlalu disarankan tapi sereal dapat menjadi pilihan sebagai pengganjal perut dipagi hari. Walaupun porsinya sedikit, kamu bisa memakan sereal terlebih dahulu jika buru-buru berangkat ke kampus, lalu saat dikampus kamu bisa membeli makanan lainnya untuk menambah energi.

Lihat promo sereal yang ada di seluruh supermarket Indonesia.

Masih banyak lagi alternatif sarapan yang tidak terlalu menguras dompet anak kost, seperti ikutan sarapan dengan teman bisa menjadi alternatif yang baik serta gratis. Hal yang penting adalah jangan pernah lewatkan sarapan, karena sarapan sangat penting sebagai energi memulai aktifitas. Kamu bisa semakin hemat dengan membeli bahan-bahan makanan yang sedang promo, kunjungi saja HEMAT.ID dan dapatkan informasi promo disana. Salam, HEMAT.ID.