Kelebihan dan Kekurangan Susu Frisian Flag Baby

Hai Sahabat Hemat, apa yang Anda pikiran ketika mengetahui brand Frisian Flag? Pasti susu kotak siap minum dan susu kental manis bukan? Nah, ternyata Frisian Flag juga ada produk lainnya loh yaitu Frisian Baby Primamil. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli produk satu ini yuk mampir di artikel ini. Benefit yang akan didapatkan adalah ulasan secara detail kelebihan dan kekurangan susu Frisian Baby Primamil. Bahkan nutrisi dan varian susu juga akan dibahas dalam artikel ini.

Sekilas tentang susu Frisian Baby Primamil

susu Frisian Baby Primamil, gambar dari shopee Frisian Flag Official Shop

Susu Frisian Baby Primamil adalah varian susu formula untuk tahapan bayi usia 0-12 bulan. Susu ini diformulasikan untuk bayi usia 0-12 bulan sebagai pendamping ASI sesuai anjuran tenaga medis bila ada kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan ASI. Susu ini dikembangkan melalui proses riset yang dilakukan di pusat riset Friesland Campina Research & Development Centre. Beberapa staf ahli bekerja sama dengan pakar kesehatan dan nutrisi anak telah meneliti pola makan anak di Indonesia untuk mengidentifikasi nutrisi apa yang penting untuk membantu perkembangan otak dan pertumbuhan fisik mereka.

Varian susu

Terdapat dua varian tahapan usia dalam susu ini yaitu Frisian Baby Primamil untuk usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Selengkapnya tentang varian susu Frisian Flag Baby bisa Anda simak tabel berikut

Varian Ukuran Rasa
Frisian Baby Primamil (usia 0-6 bulan)
  • 360 gram
  • 750 gram
  • 1500 gram
Plain
Frisian Baby Primamil (usia 6-12 bulan)

Harga susu

Pada official shop di Shopee, susu Frisian Baby Primamil baik untuk usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan, dijual dengan harga Rp93.500 untuk ukuran 750 gram sedangkan ukuran 1.500 gram seharga Rp173.800.

Jenis susu Ukuran Harga Harga per 100 gram
Frisian Baby Primamil 0-6 bulan 750 gram Rp93.500 Rp12.400
Frisian Baby Primamil 6-12 bulan 750 gram Rp93.500 Rp12.400

Apabila dibandingkan dengan susu lain di pasaran, susu Frisian Baby Primamil memiliki harga yang tergolong tidak terlalu mahal. Susu Frisian Baby Primamil dengan kisaran harga Rp12ribuan per 100gr termasuk harga yang terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Baca juga Perbandingan Susu Morinaga BMT PLatinum dan BMT Biasa (Gold)

Kandungan nutrisi

Kandungan nutrisi susu formula biasanya mengandung zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak termasuk pada Frisian Baby Primamil. Selain zat gizi makro, sufor juga mengandung nutrisi lain seperti mineral, laktosa, karnitin, vitamin dan lain-lain. Berikut kandungan zat gizi makro dan nutrisi lain pada susu Frisian Baby Primamil usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan per 100 gram.

Kandungan nutrisi Frisian Baby Primamil 0-6 bulan Frisian Baby Primamil 6-12 bulan
Karbohidrat 59 gram 60 gram
Protein 10 gram 13,2 gram
Lemak 25 gram 21,3 gram
Omega 3 & 6 450 mg & 3240 mg   375 mg & 2455 mg
AA & DHA 51 mg & 51 mg 43 mg & 43 mg
Sukrosa 4 gram
Laktosa 54 gram 51,9 gram
FOS 3 gram 1,7 gram
L-karnitin 12 mg 16 mg

Pada susu Frisian Baby Primamil per 100 gram mengandung beberapa nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Didukung denga nutrisi penting lainnya seperti Omega 3&6, AA&DHA, dan L-karnitin. Pemanis pada susu ini berasal dari laktosa.

Kandungan nutrisi susu Frisian Primamil 0-6 bulan, sumber gambar offical store Frisian Flag

Kandungan nutrisi pada susu Frisian Baby Primamil 6-12 bulan telah mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Selain itu, juga mengandung nutrisi tambahan seperti omega 3 & 6, AA, DHA, FOS, dan asam amino esensial. Sayangnya susu ini  mengandung sukrosa sebanyak 4 gram per 100 gram sajian. Sukrosa adalah kandungan gula untuk memberikan rasa manis pada susu. Kandungan sukrosa yang dikonsumsi perlu diperhatikan pada anak sebaiknya tidak berlebihan.

Tabel nutrisi susu Frisian Baby Primamil 6-12 bulan, sumber gambar offical store Frisian Flag

Komposisi susu

Selain nutrisi yang terkandung dalam susu, susu ini juga memiliki komposisi whey yang didemineralisasi, minyak nabati, laktosa, susu bubuk skim, FOS, premiks mineral dan 8 mineral, minyak ikan, minyak nabati, dan premiks vitamin. Ada bahan yang mengandung alergen yaitu susu bubuk skim, laktosa, dan whey yang didemineralisasi. Apa dampaknya? Jika bayi Anda tidak ada alergi tertentu maka aman saja mengkonsumsi susu ini namun bila ada alergi pada salah satu komposisi yang disebutkan tadi kemungkinan akan mengalami gangguan pencernaan, mual, muntah, sesak nafas dan kulit gatal. Maka wajar bila ada bayi yang cocok dengan susu tertentu namun tidak cocok dengan susu yang lain dimungkinkan karena reaksi alergi tersebut. Sebaiknya konsultasikan ke dokter bila bayi mengalami gejala tadi setelah konsumsi susu.

Komposisi susu Frisian Baby Primamil 0-6 bulan, sumber gambar offical store Frisian Flag

Kelebihan susu Frisian Baby Primamil

Setelah meringkas bagaimana kandungan nutrisi, rasa, dan varian dari Susu Frisian Baby Primamil maka kelebihan dari susu tersebut adalah:

1. Harga susu Frisian Baby Primamil terjangkau

Susu ini terjangkau karena bila dibandingkan susu formula lain sekelasnya harganya tidak terpaut jauh. Misal susu merek A per 100 gram seharga Rp9.500 sedangkan Frisian Baby Primamil Rp12.400, hanya selisih sekitar Rp3.000. Meskipun lebih murah merek A namun harga susu Frisian Baby Primamil masih tergolong terjangkau.

2. Varian ukuran cukup banyak yaitu ada 3 pilihan

Susu Frisian Baby Primamil tersedia dalam 3 ukuran yaitu 360, 750 dan 1.500 gram. Bagi Anda yang berniat untuk mencoba dulu bisa membeli kemasan kecil yaitu 360 gram sehingga tidak mubazir bila ternyata bayi Anda tidak cocok dengan susu tersebut. Disisi lain Frisian Baby Primamil juga menyediakan kemasan besar ukuran 1.500 gram, kemasan ini bisa dijadikan stok untuk Anda supaya tidak repot berulang kali membeli susu.

3. Kandungan nutrisinya bervariasi

Susu Frisian Baby Primamil mengandung zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Selain itu juga ada zat gizi tambahan lainnya seperti vitamin, omega 3 & 6, AA, DHA, FOS dan asam amino esensial.

4. Mengandung 9 AAE (Asam Amino Esensial) sebagai nutrisi yang penting

Maksud dari 9 AAE adalah protein esensial yang diperlukan bayi yang sedang masa pertumbuhan. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membangun dan memelihara sel serta jaringan tubuh. Tubuh manusia tidak mampu memproduksi asam amino esensial sendiri sehingga dibutuhkan asupan berupa protein hewani, salah satunya melalui susu formula. 9 AAE ini memiliki fungsi dalam meningkatkan perkembangan otak, kesehatan tulang dan memperkuat daya tahan tubuh.

Kekurangan susu Frisian Baby Primamil

Berdasarkan paparan singkat tentang Frisian Baby Primamil dapat dibuat poin bahwa kekurangan produk tersebut adalah:

1. Pada varian untuk usia 6-12 bulan masih mengandung sukrosa

Pada kemasan di informasi nilai gizi tertera bahwa per 100 gram susu terkandung 4 gram sukrosa. Apa itu sukrosa? Sukrosa adalah nama lain dari gula pasir. Bila sukrosa dibandingkan dengan laktosa, laktosa lebih baik karena laktosa adalah jenis karbohidrat utama yang juga ada di dalam ASI. Selain itu laktosa juga tidak semanis sukrosa.

2. Belum ada varian susu khusus untuk anak dengan intoleransi laktosa

Pada kemasan susu terdapat peringatan bahwa daftar komposisi yang dicetak tebal adalah bahan yang mengandung alergen yaitu susu bubuk skim, laktosa, whey protein konsentrat, dan whey yang didemineralisasi. Maka dari itu susu ini belum tentu cocok untuk semua bayi. Meskipun laktosa baik untuk bayi namun ternyata bayi juga bisa alergi terhadap laktosa, alias intoleransi laktosa. Sayangnya bayi yang intoleransi laktosa kemungkinan tidak cocok mengkonsumsi susu ini.

3. Tidak tersedia kemasan kaleng

Susu Frisian Baby Primamil walaupun ada kemasan besar 1.500 gram namun ternyata kemasan tersebut bukan kemasan kaleng. Susu ini tidak menjual kemasan kaleng sehingga Anda memerlukan wadah susu sendiri yang tentunya steril dan aman untuk menyimpan susu bayi bila ingin membeli susu ini.

Kesimpulan

Selama saya menulis artikel ini saya hanya berpedoman pada official store Frisian Flag yang ada di Shopee, termasuk sekilas info susu dan informasi nilai gizi susu.

Susu Frisian Baby Primamil adalah susu yang diformulasikan untuk bayi usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Kelebihan susu ini dari segi harga masih tergolong terjangkau, varian ukuran juga banyak, dan kandungan nutrisinya bervariasi. Tetapi susu ini juga memiliki kelemahan yaitu untuk susu yang ditujukan pada bayi usia 6-12 bulan masih mengandung sukrosa, ada beberapa komposisi yang merupakan alergen.

Referensi: