Perbandingan Susu Morinaga BMT Platinum dan BMT Biasa (Gold)

LPApakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memberikan anak Anda susu formula? Salah satu susu yang sering kita temukan iklannya adalah susu Morinaga. Susu Morinaga BMT adalah susu formula untuk bayi berumur 0-6 bulan yang diformulasikan oleh perusahaan asal Jepang yang diproduksi oleh Kalbe Morinaga Indonesia. Beberapa Ibu mungkin bingung terkait perbedaan susu Morinaga BMT platinum dan BMT biasa (BMT gold). Pada artikel kali ini saya akan membahas perbedaan di antara kedua susu tersebut untuk membantu Ayah Bunda memilih mana yang paling cocok untuk di kecil. Yuk disimak artikelnya sampai selesai ya…

Baca juga : Perbandingan Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Kelas Premium Terbaik

Perbandingan harga

Dari segi harga, kedua susu ini memiliki perbedaan yang lumayan signifikan Sahabat Hemat. Pada tabel di bawah ini adalah perbandingan harga susu Morinaga BMT platinum dan BMT biasa per kemasan dan per 100 gram.

Perbandingan Morinaga BMT Platinum Morinaga BMT biasa (Gold)
Harga per kemasan Rp 171.600/400gr Rp 99.200/390gr
Harga per 100 gram Rp 42.900 Rp 25.436

Dari tabel perbandingan di atas bisa dilihat harga susu Morinaga BMT platinum hampir dua kali lipatnya dibandingkan susu Morinaga BMT gold. Kira-kira apa yang membuat perbedaan harga yang jauh di antara keduanya? Yuk simak perbedaannya pada pembahasan selanjutnya.

Perbandingan harga Morinaga BMT Platinum vs Gold per 100 gr hari ini 18 Jul 2024
Produk Varian Harga terendah Rata-rata harga per 100 gr
Morinaga BMT Gold Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Plain 400 gr Rp99.400
Rp24.800 / 100 gr
Rp25.650
Morinaga BMT Platinum Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Plain 800 gr Rp320.000 Rp40.450
Morinaga BMT Platinum Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Plain 400 gr Rp165.850 Rp42.300

Baca juga : Perbandingan Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Kelas Ekonomis Terbaik

Perbandingan komposisi susu

Varian susu Morinaga BMT Gold mengandung AA, DHA, prebiotik, mineral, laktoferin dan laktulosa.

Sementara susu Morinaga BMT platinum selain mengandung AA, DHA, prebiotik, mineral, laktoferin dan laktulosa, susu ini dilengkapi juga dengan triple bifidus bacterium, alfa-laktalbumin dan nukleotida. Susu Morinaga BMT Platinum diusahakan untuk mendekati kandung ASI yang memiliki prebiotik dan probiotik.

Mari kita lihat detail perbedaannya dari nutrition fact masing-masing susu BMT di bawah ini.

Informasi nilai gizi Morinaga BMT Gold by official store Morinaga
Informasi nilai gizi Morinaga BMT Platinum by official store Morinaga

Perbandingan nutrisi

Untuk melihat perbandingan nutrisi susu Morinaga BMT Gold dan susu Morinaga BMT Platinum, saya akan mengambil informasi dari nutrition fact dari gambar tabel informasi nilai gizi di atas. Beberapa kandungan nutrisi per 100 gram yang akan saya bandingkan adalah :

Nutrisi Morinaga BMT Gold Morinaga BMT Platinum
Protein 10 g 10 g
Lemak total 27 g 27 g
AA 65 mg 108 mg
DHA 65 mg 108 mg
Fosfolipid 230 mg 230 mg
Omega 3 538 mg 628 mg
Omega 6 3270 mg 3560 mg
Karbohidrat total 58 g 58 g
Serat pangan 2 g 2 g
Laktosa 54 g 54 g
Kolin 80 mg 90 mg
Vitamin C 80 mg 90 mg
Vitamin D 8.8 mcg 9.3 mcg
Vitamin E 7 mg 7.5 mg
Zinc 3.3 mg 3.5 mg
Triple bifidobacterium NO YES
Laktoferin 42 mg 50 mg
Alfa-laktalbumin 2300 mg
Nukleotida 20 mg
Prebiotik GOS 2000 mg 2000 mg

Saya mengambil nutrisi unggulan yang ditawarkan dari produk susu Morinaga BMT. Beberapa jenis nutrisi memiliki nilai yang sama seperti protein, lemak total, AA, DHA, fosfolipid, karbohidrat total, serat pangan, laktosa, dan prebiotik GOS. Namun untuk nutrisi omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin E, zinc dan laktoferin pada susu Morinaga BMT Platinum lebih unggul dibandingkan susu Morinaga BMT Gold. Keunggulan lain susu Morinaga BMT Platinum adalah kandungan triple bifidobacterium, alfa-laktalbumin dan nukleotida yang tidak dimiliki susu Morinaga BMT Gold.

Perbandingan varian

Perbandingan varian yang akan saya bahas di sini adalah varian kemasan susu Morinaga BMT.

Susu Morinaga BMT Gold Susu Morinaga BMT Platinum
Kemasan dus : 190gr, 390 gr, 780 gr Kemasan kaleng : 400 gr, 800 gr

Susu Morinaga BMT Gold memiliki tiga ukuran dalam kemasan dus sehingga jika ingin mencoba lebih dulu, Anda bisa membeli kemasan kecil 190 gr. Sementara susu Morinaga BMT Platinum dikemas dengan kemasan kaleng yang lebih higienis namun kemasan terkecilnya adalah 400 gr.

Kelebihan dan kekurangan

Susu Morinaga BMT Gold tentu memiliki kelebihan berupa harga yang lebih murah dibandingkan versi Platinumnya. Kekurangannya tentu dari segi nutrisi yang tidak selengkap Morinaga BMT Platinum. Tapi tenang saja Sahabat Hemat, komposisi nutrisi per sajian susu Morinaga BMT pasti sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi 0-6 bulan.

Kelebihan susu Morinaga BMT Platinum yang paling menonjol adalah kandungan probiotik yaitu tiga jenis bakteri yang akan membantu kesehatan saluran pencernaan yang merupakan salah satu sumber imunitas anak. Jadi anak diberikan asupan lengkap berupa kandungan prebiotik sebagai asupan nutrisi dan probiotik sebagai perlindungan agar tidak mudah sakit. Sementara pada susu Morinaga BMT Gold hanya mengandung prebiotik tanpa ada tambahan probiotik. Sedangkan kekurangan susu Morinaga BMT Platinum adalah harganya yang berbeda hampir 2 kali lipat dibandingkan BMT Gold.

FAQ

Apakah susu BMT Morinaga mengandung gula?

Tidak, karena memang susu ini diformulasikan untuk bayi umur 0-6 bulan.

Susu Morinaga BMT untuk apa?

Sebagai susu pengganti jika anak kesulitan mendapatkan ASI. Asupan terbaik anak umur 0-6 bulan tetap ASI ya Sahabat Hemat.

Kesimpulan

Susu Morinaga BMT diformulasikan untuk anak umur 0-6 bulan yang butuh nutrisi tambahan selain ASI. Di antara dua varian Morinaga BMT Gold dan Platinum memiliki kandungan nutrisi yang mirip seperti sama-sama mengandung prebiotik. Namun BMT Platinum merupakan varian susu Morinaga kelas premium dengan kandungan lengkap prebiotik dan probiotik. Dari segi harga tentu BMT Platinum lebih mahal, tapi sebanding dengan nutrisi yang ditawarkan. Kira-kira Sahabat Hemat akan memilih susu BMT yang mana?