Perbandingan Susu Bebas Laktosa : Lactogen Lactose Free vs SGM LLM

Nutrisi terbaik untuk bayi usia di bawah 2 tahun adalah ASI. Namun, karena kendala dari ibu maupun bayi terkadang pemberian ASI menjadi tidak optimal. Sehingga, bayi memerlukan nutrisi pendamping seperti susu formula. Karena susu formula tidak semurni ASI, terkadang sufor memberikan reaksi tertentu misalnya alergi.

Susu bebas laktosa bisa menjadi alternatif untuk anak dengan indikasi medis intoleransi laktosa. Tentunya pemberian susu bebas laktosa perlu dalam pengawasan dokter anak ya Sahabat Hemat. Penjualan susu bebas laktosa juga biasanya hanya tersedia di apotek dan rumah sakit. Ada beberapa merk susu bebas laktosa yang terkenal dengan harganya yang terjangkau, yaitu Lactogen Lactose Free dan SGM LLM. Bagaimana perbandingan kedua susu tersebut? yuk disimak artikelnya.

*disclaimer : artikel ini ditujukan untuk memberikan literasi berdasarkan perbandingan merk susu, bukan untuk merekomendasikan susu formula. Pemberian susu formula terutama untuk bayi di bawah 2 tahun tetap harus berdasarkan anjuran dokter dan tenaga medis.

Apa itu susu bebas laktosa?

Laktosa adalah gula alami yang biasanya terkandung di dalam susu. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa sehingga ketika minum susu akan timbul reaksi muntah, diare, sakit perut atau yang biasa disebut intoleransi laktosa.

Normal lactose digestion and lactose intolerance. | Download ...
kondisi pencernaan normal vs pencernaan intoleransi laktosa, gambar dari researchgate

Produsen susu memproduksi susu bebas laktosa dengan menambahkan enzim laktase untuk membantu memecah laktosa sehingga lebih mudah dicerna. Kandungan dan rasa susu bebas laktosa kurang lebih sama seperti susu sapi biasa. Namun perlu diingat bahwa, susu bebas laktosa ini belum tentu cocok untuk orang yang alergi protein susu sapi.

Sekilas tentang susu Lactogen Lactose Free

Product image READY LACTOGEN LACTOSE FREE 400gr (Lactogen LLM)
susu Lactogen Lactose Free

Susu Lactogen Lactose Free adalah susu formula untuk kondisi medis khusus. Susu ini tidak mengandung laktosa alias lactose. Susu Lactogen Lactose Free ditujukan untuk bayi usia 0 sampai 12 bulan dengan indikasi medis intoleransi laktosa dan diare. Susu ini diproduksi oleh PT Nestle, yang juga merupakan produsen susu Lactogrow.

Susu Lactogen Lactose Free dikemas dalam kaleng ukuran 400gr. Untuk pembelian susu ini biasanya perlu resep dari dokter. Takaran dan penggunaan susunya juga berdasarkan dosis yang disesuaikan dengan kondisi si kecil.

Sekilas tentang SGM Bebas Laktosa LLM+

susu SGM LLM+

SGM LLM+ adalah susu formula untuk bayi usia 0-12 bulan dengan indikasi medis intoleransi laktosa/galaktosemia. Susu SGM LLM+ mengandung bebas laktosa. Susu ini diproduksi oleh PT Sari Husada. Susu SGM LLM+ dikemas dalam dus ukuran 200gr dan 400gr. Pemberian susu ini perlu petunjuk dan dosis yang disarankan oleh dokter.

Perbandingan harga susu Lactogen Lactose Free dan SGM LLM+

Berikut ini adalah perbandingan harga susu Lactogen Lactose Free dengan SGM LLM+ berdasarkan kisaran harga di marketplace :

per kemasan Lactogen Lactose Free SGM LLM+
400gr Rp140ribuan Rp45ribuan
100gr Rp35ribuan Rp11ribuan

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa ternyata susu SGM LLM+ harganya lebih terjangkau dibandingkan susu Lactogen Lactose Free. Dengan perbandingan harga hampir 2x lipat lebih mahal, apakah susu Lactogen Lactose Free lebih bagus dibandingkan dengan susu SGM LLM+? Tentunya perlu dibandingkan dari aspek lainnya seperti kandungan nutrisi.

Perbandingan nutrisi susu Lactogen Lactose Free vs SGM LLM+

Untuk membandingkan nutrisi kedua susu ini, saya mengambil sampel data dari tabel informasi nilai gizi yang tertera di kemasan susunya.

kemasan susu Lactogen Lactose Free
informasi nilai gizi dan kemasan susu Lactogen Lactose Free
informasi nilai gizi di kemasan susu SGM LLM+
informasi nilai gizi di kemasan susu SGM LLM+

Berikut ini adalah tabel perbandingan nutrisi susu Lactogen Lactose Free dengan Susu SGM LLM+ dengan takaran saji hitungan per 100kkal :

Perbandingan nutrisi Lactogen Lactose Free SGM LLM+
Protein 2gr 2,1gr
Lemak total 5,1gr 4,8gr
Omega 3&6 59,3 & 616,8 mg 72 & 894mg
Karbohidrat total 11,6gr 12gr
Laktosa 0gr 0gr

Berdasarkan tabel perbandingan nutrisi di atas, dapat dilihat bahwa susu Lactogen Lactose Free dan Susu SGM LLM+ memiliki kadar kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda. Dengan kandungan lemak pada susu Lactogen Lactose Free yang lebih tinggi. Sedangkan protein, Omega 3&6, karbohidrat yang sedikit lebih unggul. Meskipun terdapat sedikit selisih, kandungan nutrisi pada kedua susu ini tentunya sudah diformulasikan oleh nutritionist sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kelebihan dan kekurangan susu Lactogen Lactose Free

Jika dibandingkan dengan susu SGM LLM+, maka susu Lactogen Lactose Free memiliki keunggulan tersendiri. Namun ada juga yang menjadi kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan Kekurangan
  • dikemas dalam kaleng sehingga lebih higienis
  • tidak perlu dipindahkan ke wadah lain
  • kandungan lemak total lebih tinggi daripada susu SGM LLM+
  • harga lebih mahal
  • hanya ada satu ukuran kemasan

Kelebihan dan kekurangan susu SGM LLM+

Susu SGM LLM+ dibandingkan dengan susu Lactogen Lactose Free memiliki keunggulan dan kekurangan yaitu :

Kelebihan Kekurangan
  • harga lebih terjangkau
  • kandungan Omega3&6 lebih tinggi
  • ukuran kemasan lebih bervariasi
  • belum ada kemasan kaleng
  • perlu dipindahkan ke wadah steril

Baca juga : Perbandingan Susu Bebelac dan Lactogrow

Kesimpulan

Dari perbandingan ini, dapat dilihat bahwa susu Lactogen Lactose Free harganya lebih mahal dibandingkan susu SGM LLM+. Namun, susu Lactogen Lactose Free dikemas dalam kaleng sehingga lebih steril dan tidak perlu dipindahkan ke wadah lain. Kandungan lemak Lactogen Lactose Free juga lebih tinggi. Pada susu SGM LLM+ kandungan Omega3&6 lebih unggul meskipun harganya lebih terjangkau.

Baik susu Lactogen Lactose Free dan SGM LLM+ keduanya sama-sama susu bebas laktosa, kandungan laktosa per 100kkal hanya 0gr sesuai yang tertera di kemasan. Memilih nutrisi terbaik tentunya perlu di konsultasikan dengan tenaga kesehatan ya Sahabat Hemat. Dengan membaca artikel ini Anda jadi mengetahui kandungan susu bebas laktosa dan diskusi dengan dokter untuk memilih nutrisi terbaik untuk sikecil.