Review Susu Lactogen 0-6 bulan Terhadap Berat Badan Bayi

Banyaknya merk susu formula pasti membuat kita galau, ingin memberikan yang mana untuk si kecil. Nah, meskipun pemberian sufor harus berdasarkan resep dan indikasi medis tertentu, tidak ada salahnya kita sebagai orangtua mencari tau profil dan kandungan apa saja yang terkandung pada setiap merk sufor. Salah satunya adalah susu Lactogen yang biasa saya temukan di apotik. Kira-kira bagaimana ya review susu lactogen? Apakah lactogen bisa menambah berat badan si kecil? Yuk di simak artikelnya.

Pemberian sufor perlu pengawasan tenaga medis

Menghadapi masalah pada pertumbuan berat badan si kecil memang bukan hal yang mudah. Tidak terkecuali saya sebagai new mom yang masih harus banyak belajar terutama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sepemahaman saya, bayi berusia 0-6 bulan memang harus difokuskan dengan ASI eksklusif tanpa tambahan apapun, dan hal tersebut resmi direkomendasikan oleh tenaga kesehatan dan Kemenkes RI. Namun apa yang harus dilakukan jika berat badan si kecil bermasalah sedangkan ada kendala dalam pemberian ASI? Dilansir dari kemenkes RI, apabila ada indikasi medis tertentu pada bayi maupun pada ibu sehingga tidak bisa memberikan ASI maka pemberian susu formula diperbolehkan. Tentunya dengan catatan pemberian sufor berada di bawah pengawasan tenaga medis layaknya pemberian obat dengan resep. Sebagai orangtua, perlu juga menambah literasi terkait nutrisi apa yang diberikan oleh tenaga medis pada anak kita. Selain menambah wawasan, mencari tahu kandungan suatu produk juga bisa sebagai bahan diskusi disaat produk tersebut direkomendasikan oleh tenaga medis.

Mengenal susu Lactogen 0-6 bulan

sumber gambar : tokopedia lactogrow

Lactogen merupakan produk yang di produksi dan di pasarkan oleh PT Nestle Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Nestlé S.A. Berpusat di Vevey, Swiss, dan diketahui telah beroperasi di Indonesia dari tahun 1971 serta telah memperoleh sertifikat halal.

Lactogen yang diformulasikan khusus untuk bayi 0-6 bulan adalah Lactogen 1. Apa bedanya lactogen dan lactogrow? bedanya ada di tahap usia pemberiannya. Kalau lactogrow adalah susu lanjutan dari lactogen untuk usia 1 tahun ke atas.

Kandungan nutrisi Lactogen 1 0-6 bulan

Berikut ini adalah tabel informasi nilai gizi pada susu Lactogen 1 yang tertera di kemasannya.

 

sumber gambar : tokopedia lactogrow

Hal yang menjadi fokus saya saat membaca tabel informasi gizi pada susu formula adalah jumlah kalori, protein, lemak, dan kandungan gula. Sedangkan untuk nutrisi penunjang seperti vitamin dan mineral, serta faktor pendukung kecerdasan menjadi pertimbangan yang kesekian.

Apakah kandungan nutrisi Lactogen 1 mencukupi AKG Bayi 0-6 bulan?

sumber gambar : freepik.com

Kebutuhan energi atau kebutuhan kalori pada bayi bervariasi tergantung pada berat badan dan usianya. Pada usia 2 bulan pertama memerlukan 120 kkal/kg BB/hari, karena merupakan masa pertumbuhan yang cepat. Secara umum, saat 6 bulan pertama usianya, bayi memerlukan sekitar 115-120kkal/kg BB/hari. Dan akan berkurang 110-105kkal/kg BB/hari pada 6 bulan sesudahnya. Berikut ini adalah AKG berdasarkan Permenkes No 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan pada bangsa Indonesia, untuk bayi usia 0-6 bulan :

  • Kebutuhan kalori 550kkal/hari
  • Protein 12 gram/hari
  • Lemak total 34 gram/hari
  • Karbohidrat 58 gram/hari
  • Serat 0 gram/hari

Karena kandungan gizi yang tertera pada kemasan susu Lactogen 1 dihitung per 100 gram, maka perlu perhitungan yang detail untuk menentukan dosis pada pemberian susu Lactogen 1 agar sesuai AKG gizi si kecil.

Apakah susu Lactogen 1 mengandung laktosa ?

Berdasarkan komposisi yang tertera di kemasan susu lactogen 1, susu ini terbuat dari padatan susu yang mengandung susu bubuk skim, bubuk whey, laktosa. Apa itu laktosa? Laktosa adalah jenis karbohidrat yang sudah dipecah menjadi lebih sederhana yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Laktosa berfungsi sebagai sumber energi, menjaga kesehatan saluran cerna, dan mendukung perkembangan sistem syaraf pusat.

Susu Lactogen juga tersedia yang bebas laktosa yaitu Lactogen Lactose Free yang diformulasikan untuk bayi usia 0-12 bulan yang terindikasi alergi laktosa dan diare. Pemberian susu ini juga berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Apakah susu Lactogen 1 bisa menambah berat badan bayi?

Setelah saya melakukan research dari beberapa review di youtube dan pengalaman teman saya, ternyata susu ini cukup membantu untuk menambah berat badan si kecil. Ada yang anaknya berat badannya naik dengan stabil sesuai kurva kenaikan berat badan. Dengan jumlah kalori, protein, karbohidrat dan lemak yang terkandung pada susu Lactogen 1, dapat membantu proses kenaikan berat badan si kecil lebih.

Kembali lagi bahwa pemberian susu untuk bayi tergantung kondisinya. Bisa jadi cocok bahkan bisa juga alergi. Untuk menambah berat badan bayi, penting sekali diperhitungkan dan dalam pengawasan dokter. Tentunya dokter akan menyarankan pemberia ASI Eksklusif lebih optimal. Sedangkan pemberian susu formula berdasarkan indikasi medis saja.

Takaran saji susu Lactogen 1

Berikut ini adalah anjuran takaran saji susu lactogen 1 yang tertera pada kemasan. Anda bisa berdiskusi dengan tenaga medis terkait takaran yang tepat untuk si kecil. Sedangkan pada infografis di bawah ini hanya sebagai referensi, jadi Anda tinggal mencocokan dan memastikan ke dokter apakah takaran susu yang dianjurkan dikemasan bisa Anda ikuti atau tidak.

Petunjuk penggunaan: Jumlah untuk 1x minum
Usia Bayi Air Masak (ml) Takaran Sendok Jumlah Pemberian/Hari
0-2 minggu 90 3 6
3-4 minggu 120 4 5
1 bulan 150 5 5
2-3 bulan 180 6 5
4-5 bulan 210 7 5
6 bulan 210 7 4-3

Kelebihan dan kekurangan susu Lactogen 1

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan karena kebutuhan setiap individu berbeda-beda. Kelebihan dan kekurangan susu Lactogen 1 bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat memutuskan pemberian nutrisi untuk si kecil.

Kelebihan susu Lactogen 1 :

  • Harga susu lactogen terjangkau
  • Tinggi karbohidrat dan tinggi protein
  • Tinggi kalsium, vitamin dan mineral lengkap
  • Mengandung serat pangan inulin yang baik untuk pencernaan
  • Mengandung Omega 3, Omega 6 dan DHA yang bagus untuk kecerdasan

Kekurangan susu Lactogen 1 :

  • Tidak ada kemasan kecil, paling kecil ukuran 350 gram
  • Sulit didapat, biasanya dijual di supermarket atau apotek tertentu
  • Hanya tersedia kemasan dus
  • Belum tentu semua anak cocok

Harga susu Lactogen 1

Daftar harga susu lactogen 1 berdasarkan variasi kemasannya :

Harga Ukuran Kemasan
Rp66 ribuan 350 gr
Rp141 ribuan 735 gr
Rp174 ribuan 1 kg
Rp140 ribuan Lactogen Lactose Free 400 gram

Promo Lactogen 1 hari ini 24 Feb 2024

Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 26 Feb 2024

Alfamart
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 26 Feb 2024

Indomaret
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli

Kesimpulan

Susu lactogen 1 bisa menjadi pertimbangan Anda atau bahan diskusi dengan tenaga kesehatan jika ingin memberikan tambahan susu formula. Harganya juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan susu premium lainnya. Namun tidak semurah susu non premium. Tentunya ada harga ada kualitas. Susu Lactogen 1 meskipun bukan susu yang paling murah, kandungan nutrisinya cukup lengkap.

sumber :

  1. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JHS/article/download/1090/887
  2. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/130524/Permenkes%20Nomor%2075%20Tahun%202013.pdf
  3. https://www.lactoclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/manfaat-laktosa-untuk-anak