Pilihan Desain dan Dekorasi Meja Makan yang Patut Dicoba

Makan bersama keluarga sudah menjadi tradisi sejak dahulu. Bagaimana dengan sekarang? Di saat sekarang ini, dimana banyak keluarga  sudah sadar berhemat, sadar harus meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga di rumah. Apalagi di saat maraknya Virus Korona yang baru tiba di Indonesia ini, makan di rumah adalah pilihan terbaik, ternyaman dan tersehat.

Sumber : Unsplash.com

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba dalam mempersiapkan aktivitas makan bersama di keluarga menjadi lebih akrab dan hangat. Baik untuk meja makan yang akan dibeli ataupun mendekorasi meja makan yang sudah tersedia di rumah dengan menarik.

Perhatikan Desain Meja Makan

Bentuk meja makan erat kaitannya dengan konsep bangunan rumah atau gedung apartemen tempat Anda dan keluarga tinggal. Jika Anda baru saja menempatinya, berikut beberapa desain meja makan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan.

1. Meja Makan Bentuk Sudut (Persegi, Persegi Panjang, Oval)

Sumber : Courts

Bentuk meja seperti ini menjadi bentuk paling klasik yang biasa dihadirkan di ruang makan keluarga. Baik yang berukuran untuk 2 orang atau lebih, meja makan berbentuk petak atau oval ini selalu menarik perhatian. Penyediaan berbagai jenis makanan dirasa cukup jika diletakkan di atas meja makan dengan tipe Stronje Dining Set. Khusus bulan Maret ini, promo paket meja makan Stronje + rak sepatu Domo diskon hingga 42%.

Untuk Anda yang memiliki anggota keluarga lebih dari 3 orang, pilihlah ukuran meja makan yang panjangnya lebih dari 1 meter. Anda bisa dengan leluasa menyusun menu makanan di atasnya. Namun jika Anda adalah keluarga baru, pilihlah yang berbentuk persegi dengan panjang tidak kurang dari 1 meter. Meja dengan ukuran seperti ini lebih dari cukup untuk menyediakan menu 2 orang bukan?

Sumber : archiproducts.com

Anda bisa menyiasatinya dengan konsep pemasangan meja yang ditempel di dinding lho. Letakkan pengait di ujung bagian meja satunya sebagai media penempelan kembali ke dinding. Kursinya bisa Anda gunakan multifungsi di ruang kerja atau untuk sekedar bersantai di balkon rumah atau teras apartemen.

Baca Juga : Model Sofa Ruang Keluarga Minimalis

2. Meja Makan Bentuk Lingkaran

Sumber : Pexels.com

Konsep makan dengan meja berbentuk lingkaran membuat Anda dan keluarga akan berada pada posisi mengelilingi meja. Bisa saling melihat satu sama lain tanpa harus menoleh ke kanan atau ke kiri seperti menggunakan meja berbentuk petak.

Anda patut mencoba desain meja makan berbentuk lingkaran dengan meletakkannya dekat dengan dapur. Pada umumnya dapur tersusun atas kitchen set yang didominasi bentuk kitchen cabinet berbentuk persegi atau persegi panjang. Bentuk lingkaran di antaranya akan memberi kesan tersendiri yang cukup unik.

3. Meja Makan Bentuk ¼ Lingkaran

Meja jenis ini paling cocok diletakkan di salah satu sudut ruangan. Dengan menggunakan meja ini, Anda dan pasangan atau anggota keluarga lainnya memiliki sudut pandang yang saling berbeda. Dengan meja tipe ini, untuk berbicara dengan lawan bicara Anda harus memalingkan wajah hampir 45 derajat untuk bisa saling menatap. Kesan yang ditimbulkan dari cara pandang seperti ini patut dicoba untuk Anda yang menginginkan sensasi kebersamaan yang romantis. Jangan lupa letakkan meja ini dekat dengan jendela atau berikan dekorasi lampu untuk menambah kesan saat makan.

4. Meja Makan Bentuk ½ Lingkaran

Sumber : Pinterest.com

Salah satu desain meja makan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis meja makan berukuran ½ lingkaran yang mempesona meskipun tidak diletakkan rapat dengan dinding. Anda bisa menemukan sensasi makan di 2 bentuk yang berbeda, yaitu panjang dan melingkar dengan menggunakan meja ini. Meletakkan posisinya rapat dengan dinding juga tidak menjadi masalah, tidak akan mengurangi nilai estetika dan fungsional dari meja jenis ini.

Aksesoris Meja Makan

Aksesori meja makan tidak boleh luput dari perhatian Anda ya. Selain akan membuat dekorasi meja makan menjadi lebih menarik, aksesoris meja makan bisa menjadi spot foto yang menarik untuk dibagikan di beranda media sosial Anda. Tidak percaya? Coba aplikasikan beberapa hal berikut ini.

a. Perlengkapan Elektronik Dapur

Lengkapi meja makan Anda dengan berbagai perlengkapan elektronik yang unik nan murah dan mudah didapatkan baik di toko elektronik di mall maupun secara online. Barang elektronik yang dimaksud bisa berupa juicer mini, pemanggang roti, pemanas sup, pemanas air sampai coffee maker.

Sumber : Courts

Barang-barang ini akan membantu menghemat waktu Anda apalagi saat lelah sepulang bekerja seharian di kantor. Membuat teh dan kopi untuk pasangan jadi lebih mudah dan cepat jika sedang dalam kondisi terburu-buru.

b. Variasi Taplak Meja

Taplak meja mungkin menjadi salah satu aksesoris yang kurang dipertimbangkan. Karena selain akan menyebabkan kotor karena makanan atau minuman yang tumpah, noda yang tinggal pun seringkali membandel untuk dibersihkan. Belum lagi harus memikirkan taplak meja yang sesuai dengan desain meja makan di rumah Anda.

Anda bisa menyiasatinya dengan melapisi taplak meja makan menggunakan plastik bening jika menggunakan taplak yang menutupi meja secara keseluruhan. Atau memilih bahan dari kain atau karet sintetis yang tahan panas yang bisa digunakan untuk alas mangkuk sup atau makanan lainnya yang masih panas.

c. Menu Sederhana dalam Sebuah Papan Tulis

Jika Anda singgah ke kafe kekinian, di sana Anda mungkin menemukan dinding kafe bertuliskan menu andalan atau promosi, untuk menarik minat pengunjung. Biasanya tulisan menggunakan papan dan kapur yang diletakkan di pintu masuk untuk menarik minat pengunjung. Dekorasi ini Anda bisa gunakan untuk menciptakan kenangan makan ala kafe di rumah.

d. Kursi Makan

Sumber : Courts

Poin lain yang tidak boleh terlewatkan adalah pemilihan kursi makan. Apalagi jika Anda sengaja memilih untuk membeli meja makan yang tidak satu set dengan kursinya. Artinya Anda harus memikirkan lagi untuk jenis kursi yang cocok dengan meja Anda. Pada bagian ini, Anda bisa memilih jenis kursi kesukaan Anda yang bisa saja berbeda dengan pilihan pasangan. Pilihan kursi yang sederhana dan nyaman digunakan seperti stool chair atau kursi mini dapat menjadi pilihan anggota keluarga.

Tipsnya, pilihlah kursi makan yang nyaman untuk diduduki sekitar 1 – 1.5 jam. Jika memang ingin melanjutkan obrolan yang lebih lama setelah makan bersama, Anda dan keluarga bisa menggunakan kursi mini yang mudah untuk dipindah-pindahkan.

Tips dan Trik Mengisi Rumah Baru

Modifikasi Meja Makan

Meja makan pilihan Anda bisa dilakukan sedikit modifikasi untuk menambah nilai penggunaannya. Dengan tetap tidak mengurangi fungsi dan keindahan bentuk tentunya.

1. Menambahkan Laci atau Kantong Ajaib

Sumber : cuckooland.com

Anda bisa melakukan sedikit perubahan pada meja makan dengan menempelkan kantong ajaib atau berupa laci kecil yang bisa dibongkar pasang dengan bantuan pengait yang ditempatkan di bagian bawah meja makan. Kantong ajaib itu berfungsi untuk menyimpan sendok dan peralatan makan lainnya jika suatu saat Anda sedang kedatangan tamu dan menyiapkan beberapa jenis menu masakan.

2. Membuat Lapisan Meja Putar

Jika sebelumnya menu makanan tambahan atau penutup justru diletakkan di bagian bawah meja, kali ini Anda bisa mencoba konsep dekorasi meja berlapis. Dengan meminta bantuan tenaga profesional untuk membuat layer meja makan dan memberikan kesan yang unik. Tempatkan buah, jus atau puding di bagian atas dari lapisan meja tersebut.

Penempatan Meja Makan

Satu hal yang tidak kalah penting dengan pemilihan meja makan adalah tata letak dan penyusunannya, apalagi jika tempat tinggal Anda tidak memiliki ruang yang cukup luas untuk meletakkan meja berukuran besar. Berikut tips dan trik dekorasi yang bisa Anda manfaatkan :

1. Menempel dengan Meja Memasak

Sumber : asew.com

Penempatan seperti ini dimaksudkan untuk mereka yang mencintai masakan jenis hangat atau yang membutuhkan waktu untuk penyediaannya, misalnya dihangatkan kembali atau baru saja dimasak. Mengajak pasangan untuk menonton aktivitas memasak juga menjadi tujuan penempatan meja dengan cara seperti ini.

Selain itu, mencuci piring juga jadi lebih mudah karena piring kotor bisa langsung diangkat ke meja  pencucian piring atau wastafel tanpa harus berjalan dari ruang makan menuju dapur.

2. Menyatu dengan Meja Kerja

Si penggila kerja akan memanfaatkan waktu dengan sangat baik, salah satunya adalah dengan memangkas waktu makan. Hal ini bukan berarti makan dengan cara terburu-buru. Selesai makan, jika yang dipandang adalah meja kerja maka akan memacu keinginan untuk segera bekerja atau melanjutkan pekerjaan. Hal ini juga membuat waktu lebih efisien karena Anda bisa dengan mudah memantau apakah makanan sudah siap terhidang di meja dan siap untuk disantap.

Demikianlah informasi pilihan desain dan dekorasi meja makan yang patut untuk Anda coba. Aplikasikan juga tips dan trik untuk membuat makan menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga Anda. Kira-kira tips mana yang sudah Anda coba? Mari berbagi dengan meninggalkan pesan di kolom komentar ya untuk menjadi inspirasi bersama.