Interior Fungsional : Gaya Kantor Coworking Space

Kehadiran internet berdampak banyak pada perubahan pola hidup manusia. Salah satunya adalah terbukanya sekat antarnegara. Kini, mengetahui informasi tentang luar negeri bukan lagi hal luar biasa. Informasi dari belahan dunia manapun sangat mudah kita dapatkan. Hanya dengan sekali klik, Anda bisa memperoleh berbagai informasi yang Anda inginkan.

Selain masalah keterbukaan informasi, internet juga telah mengubah pola kerja manusia. Akibat hilangnya batas fisik antarwilayah dunia, muncullah pekerjaan baru yang, mungkin, sebelumnya tidak pernah terbayang. Pekerjaan seperti influencer, copywriter, data analyst, dan admin sosial media adalah beberapa contoh pekerjaan baru yang muncul setelah era internet. Itu sebabnya, jenis pekerjaan tersebut adalah yang paling digemari saat ini.

Munculnya pekerjaan baru tersebut, perlahan-lahan, memudarkan model kerja konvensional. Saat ini, banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa ruangan yang besar seperti di gedung perkantoran. Kebutuhan ruang kerja semakin minimalis sebab pekerjaan dengan internet tidak begitu membutuhkan ruangan yang besar. Hal itulah yang membuat coworking space menjadi tren di Indonesia saat ini.

Apa itu coworking space?

Sumber: CoHive Space

Menurut Wikipedia, coworking dapat diartikan sebagai sebuah pertemuan beberapa karyawan dari berbagai perusahaan yang berbeda saling berbagi ruang kerja dalam rangka keefektifan dan penghematan biaya melalui penggunaan satu fasilitas yang sama. Coworking space adalah ruang yang memfasilitasi pertemuan tersebut. Biasanya, interior dari coworking space terdiri dari beberapa meja besar dengan banyak kursi yang memungkinkan para penggunanya melakukan pekerjaan seperti menulis, riset, menggambar desain, dan lain sebagainya di tempat tersebut.

Konsep coworking

Sumber: Mime Asia

Selain ruang kerja bersama, hal lain yang menarik dari coworking space adalah konsep coworking nya itu sendiri. Pengelola coworking space seringkali mengadakan event menarik yang memungkinkan para pesertanya untuk networking. Biasanya, tema event yang diadakan berkaitan dengan dunia digital yang banyak diminati millennial. Misalnya, event tentang digital marketing, personal branding, tips mengelola akun media sosial, dan lain sebagainya. Berawal dari media networking tersebut lah, diharapkan dapat terjadi sebuah kolaborasi positif yang lebih mengembangkan kemampuan masing-masing individu.

Perbedaan coworking space dengan kantor konvensional (serviced office)

  • Karakteristik ruangan

Perbedaan pertama yang paling nampak adalah perbedaan karakteristik ruangan di coworking space dengan karakteristik ruangan di serviced office. Ruangan yang ada di coworking space biasanya lebih berwarna-warni dengan tujuan mendorong kreatifitas para penggunanya. Sedangkan serviced office lebih memilih warna-warna monokrom yang lebih formal dan menjunjung tinggi professionalism.

Apabila Anda ingin mengusung konsep coworking space ke ruang kerja Anda, beranilah untuk memadukan warna-warni dari ruangan itu sendiri. Anda bisa memilih furnitur-furnitur dengan warna terang, seperti merah, hijau, kuning, ataupun biru. Contohnya adalah Sofa Sudut Tipe Renata yang berwarna merah cerah berikut, bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Untuk promo bulan ini khusus satu set Sofa Sudut + Reeder Set Meja Makan, ada diskon hingga 44%.

Sumber: Courts

Sofa kantor yang berwarna terang dapat memberikan aksen menarik untuk ruang kerja Anda. Warna terang tersebut membuat mata langsung tertuju kepada meja kerja Anda yang berada di tengah ruangan.

  • Biaya sewa

Apabila Anda menyewa space di serviced office, biaya sewa akan dihitung per satu ruangan yang Anda sewa. Maka, tidak heran jika biaya sewa di serviced office bisa cukup tinggi. Belum lagi jika serviced office tersebut terletak di lokasi strategis seperti di tengah kota ataupun di area perkantoran. Selain itu, biaya sewa juga biasanya dikenakan dalam jangka panjang, yaitu hitungan bulan atau bahkan tahun.

Namun, hal tersebut tidak berlaku di coworking space. Jika Anda menyewa di coworking space, biayanya akan dihitung per meja dan kursi yang Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyewa satu ruangan besar. Itulah yang berlaku di coworking space. Anda juga tidak perlu menyewa dalam jangka panjang, seperti hitungan bulan atau tahun. Anda bisa menyewa bahkan hanya untuk satu hari saja.

  • Jam kerja

Jam kerja di coworking space lebih fleksibel dibandingkan jika Anda bekerja di kantor konvensional. Itu sebabnya, jam buka coworking space juga lebih panjang daripada serviced office. Bahkan, saat ini, sudah banyak coworking space yang buka 24 jam untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Sumber : Courts

Nah, selain warna terang, di coworking space sendiri biasanya juga memiliki aksesoris unik yang tersebar di seluruh ruangan. Salah satu aksesoris unik yang bisa digunakan untuk memperindah ruang kerja diantaranya pajangan, lampu meja hingga jam dinding. Alternatif aksesoris seperti jam dinding bisa dipertimbangkan untuk mengisi area kerja.

Kelebihan coworking space (dibandingkan gedung perkantoran)

  • Biaya sewa lebih rendah

Coworking space adalah salah satu solusi bagi permasalahan tingginya harga sewa gedung perkantoran. Oleh karena itu, biasanya, perusahaan yang bermarkas di coworking space adalah perusahaan-perusahaan start-up. Harga sewa yang lebih rendah membuat para start-up tersebut lebih memilih coworking space dibandingkan gedung perkantoran biasa.

Namun sebenarnya, tidak menutup kemungkinan juga bagi para perusahaan besar untuk menyewa coworking space. Coworking space bisa digunakan untuk menempatkan karyawan pada satu project tertentu. Misal, perusahaan A sedang mempersiapkan sebuah event besar yang akan diselenggarakan tiga bulan lagi. Agar tim lebih fokus dan lebih intens dalam mempersiapkan event tersebut, maka perusahaan menyewa ruang di coworking space untuk tim event tersebut, selama tiga bulan, dimana jam kerja mereka menjadi lebih fleksibel. Begitu juga agar mereka lebih mudah bertemu satu sama lain karena anggota tim berasal dari divisi yang berbeda-beda.

  • Jam buka lebih panjang

Keunggulan lain dari coworking space adalah jam bukanya yang tidak mengikuti jam buka gedung perkantoran biasa atau jam kerja pada umumnya. Jadi, pengguna coworking space bebas ingin datang jam berapa saja. Saat ini juga sudah banyak coworking space yang buka 24 jam. Karena hampir semua pekerjaan di era digital bisa dilakukan kapanpun, maka, fasilitas 24 jam tersebut tentu saja sangat menguntungkan penggunanya.

  • Dedicated desk
Sumber : Spaces Work

Dedicated desk adalah istilah untuk satu set meja dan kursi yang menjadi area kerja setiap orang di coworking space. Untuk memberikan kesan yang lebih minimalis, modern, dan simple seperti coworking space, Anda bisa memilih meja kerja yang sederhana tanpa terlalu banyak pernak-pernik.

Sumber : Courts

Meja laptop yang simple tersebut bisa Anda letakkan sebagai centre dari ruang kerja Anda. Dipadukan dengan kursi kerja yang colourfull, maka spot ini bisa menjadi aksen utama dari ruangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris di meja kerja tersebut, seperti tanaman hias, foto-foto, tempat ATK, dan lain sebagainya.

  • Ruang Meeting
Sumber : Xwork

Ruang meeting adalah area kedua yang pasti ada di sebuah coworking space. Interior di area ini seringkali cukup unik. Sebab, ruangan sekecil apapun mesti disulap menjadi sebuah area yang bisa menampung beberapa orang dan tetap menghindari kesan sumpek.

Sumber : Courts

Apabila ruang kerja Anda juga terbatas pada space, jangan khawatir. Anda bisa mengakalinya dengan membuat meja meeting seminimalis mungkin. Contohnya adalah dengan menggunakan Tristan Meja Makan. Meski fungsi awalnya adalah sebagai meja makan, namun, kita tetap bisa menggunakannya sebagai meja pertemuan yang diletakkan di ruang kerja. Desainnya yang minimalis akan memberikan kesan yang lebih lapang untuk ruang kerja kita.

  • Area Tamu

Setiap coworking space memiliki fasilitas resepsionis yang digunakan secara bersama-sama oleh para penggunanya. Resepsionis berfungsi untuk urusan surat- menyurat, menerima paket, menerima telepon, dan lain sebagainya. Satu fasilitas ini digunakan bersama-sama oleh para pengguna coworking space sehingga lebih hemat dan efisien.

Di dekat resepsionis, biasanya disediakan juga ruang tunggu yang bisa digunakan untuk menerima tamu atau mengobrol sejenak. Dilengkapi dengan sofa empuk yang bisa membuat suasana ngobrol menjadi lebih nyaman, tempat ini adalah salah satu fasilitas terbaik dari sebuah coworking space.

Sumber: Courts

Untuk ruang kerja, Natalie L-Shape Sofa bisa menjadi rekomendasi furnitur terbaik untuk menjadi area tunggu para tamu. Sofa yang nyaman dapat meninggalkan kesan yang baik untuk para tamu.

Selain bisa meningkatkan kreativitas, suasana baru di ruang kerja juga bisa menghindarkan kita dari rasa jenuh. Tidak ada salahnya selalu mengagendakan untuk dekorasi atau menata ulang ruang kerja Anda. Apalagi jika Anda menggunakan konsep coworking space yang sangat fleksibel dan lebih terbuka, konsep ini memberikan Anda banyak ruang untuk berinovasi.

Nah, supaya Anda lebih hemat setiap kali melakukan dekorasi, cobalah cek berbagai promo furnitur dan aksesoris interior di Hemat.id. Temukan juga berbagai promo supermarket, kesehatan hingga elektronik yang bisa menemani dan melengkapi aktivitas kerja Anda.