Review Usaha Ritel SuperIndo

Diperbarui

dan ditulis oleh

pada

SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berbentuk supermarket di Indonesia. Menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, peralatan elektronik, perlengkapan makan dan mandi serta yang lainnya. Memiliki motto andalan Lebih Segar, Lebih Hemat dan Lebih Dekat, SuperIndo menjadi salah satu usaha ritel Indonesia yang memiliki tingkat kompetensi tinggi. Hal itu terlihat dari harga jual…

gerai superindo

SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berbentuk supermarket di Indonesia. Menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, peralatan elektronik, perlengkapan makan dan mandi serta yang lainnya. Memiliki motto andalan Lebih Segar, Lebih Hemat dan Lebih Dekat, SuperIndo menjadi salah satu usaha ritel Indonesia yang memiliki tingkat kompetensi tinggi. Hal itu terlihat dari harga jual yang ditawarkan, berbagai macam produk yang tersedia, serta beberapa penghargaan yang telah diperoleh SuperIndo.

Menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk berbelanja karena tingkat pelayanannya pun cukup nyaman dan harga yang cukup terjangkau. SuperIndo yang berdiri sejak tahun 1997 ini juga sudah berkembang pesat dengan banyaknya gerai-gerai yang di buka di beberapa kota besar Indonesia.

Sejarah SuperIndo

SuperIndo merupakan jaringan dari perusahaan besar Delhaize Group yang merupakan salah satu ritel Internasional. Delhaize Group berkantor pusat di Brussel, Belgia. Saat ini perusahaan ritel internasional tersebut telah memiliki jaringan hingga di 3 benua dan 11 negara, yaituย  Indonesia, Luksemburg, Yunani, Amerika Serikat, Romania, Belgia, Serbia, Montenegro, Albania, Bosnia dan Herzegovina serta Bulgaria. Ada sekitar 3.451 gerai yang dimilili oleh Delhaize Group di seluruh dunia. Tidak heran jika perusahaan ini juga masuk dalam bursa saham di Bursa Efek New York dan Euronext.

SuperIndo sendiri mulai berkembang di tahun 1997 dengan kepemilikan saham Delhaize Group sebesar 51%. Sejak saat itu SuperIndo makin memperluas usahanya dengan membuka gerai-gerai yang kebanyakan terdapat di Pulau Jawa. Total gerai SuperIndo hingga saat ini ada sekitar 126 buah dengan karyawan sebanyak 5.400 orang.

Jenis market SuperIndo dan produk yang dijual

Superindo adalah supermarket di mana memiliki banyak produk yang merupakan jenis produk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun makanan dan minuman menjadi mayoritas produk yang dijual. Sebagai supermarket, SuperIndo bisa berdiri pada bangunan sendiri atau berada di dalam lingkungan mall atau pusat perbelanjaan. Yang jelas sebagai area supermarket, ukuran SuperIndo sangat luas.

Selain variasi produk yang dijual, kualitas produk menjadi prioritas nomor satu. Artinya kualitas produk yang dijual di SuperIndo memiliki standar kesehatan dan keamanan yang tinggi. Sesuai motto mereka โ€œLebih Segarโ€, maka produk yang dijual, terutama produk makanan, sangat terjaga kesegaran dan kesehatannya. Makanan yang ย dijual di Superindo terjaga baik dari nutrisi hingga ancaman kadaluarsa. Sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir dengan tingkat kesehatan atau keamanan produk tersebut.

Superindo Weekday 20-23 Oktober 2025

halaman 1

Superindo Oktofest Food Festival 16-22 Oktober 2025

halaman 1halaman 2halaman 3halaman 4halaman 5halaman 6halaman 7halaman 8halaman 9

Berbagai brand produk bisa dengan mudah didapatkan di SuperIndo. Sehingga selera konsumen yang berbeda-beda bisa terakomodir dengan baik. Sebagai supermarket tentu kelengkapan barang yang dijual juga menjadi perhatian. Karena umumnya konsumen akan lebih senang jika bisa berbelanja semua barang kebutuhannya hanya di satu lokasi saja. Ditambah semua produk di SuperIndo memiliki harga yang cukup bersaing. Artinya harga yang ditawarkan SuperIndo cukup murah dan terjangkau untuk semua pelangganya. Hal ini sesuai sekali dengan salah satu motto mereka yang berbunyi โ€œLebih hematโ€

SuperIndo juga memiliki brand sendiri yang dinamakan โ€œ365โ€. Private brand ini diluncurkan pada tahun 2006 dengan jumlah produk yang dinaungi mencapai 140 produk.

Promo Superindo hari ini 20 Oct 2025

Anggur Shine Muscat

Rp34.700 / pcs

Anggur Shine Muscat

Rp34.700 Rp57.900 40%

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
Downy Premium Parfum  550 ml

Rp3.255 / 100 ml

Downy Premium Parfum 550 ml

Rp17.900 Rp29.890 40%

Maks 6 Pch Beli 1 Rp. 20….

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
Mamy Poko Baby Wipes  48 pcs

Rp134 / pcs

Mamy Poko Baby Wipes 48 pcs

Rp12.900 Rp20.990 38%

Maks 4 Bdd

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
So Good Premium Sausage Original 300 gr

Rp7.998 / 100 gr

So Good Premium Sausage Original 300 gr

Rp47.990 Rp95.980 50%

Beli 1 Gratis 1

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
365 Facial Tissue  200 sheet

Rp3.950 / 100 sheet

365 Facial Tissue 200 sheet

Rp7.900 Rp13.900 43%

Maks 4 Pck

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
Dettol Body Wash All Variants 370 ml

Rp5.378 / 100 ml

Dettol Body Wash All Variants 370 ml

Rp19.900 Rp32.990 39%

Maks 4 Pch

Hemat ★★★

Sampai 23 Oct 2025

Superindo
Clear Shampoo All Variants 300 ml

Rp12.300 / 100 ml

Clear Shampoo All Variants 300 ml

Rp36.900 Rp61.990 40%

Maks 4 btl

Hemat ★★★

Sampai 22 Oct 2025

Superindo
Dove Body Wash  400 ml

Rp3.750 / 100 ml

Dove Body Wash 400 ml

Rp15.000 Rp35.190 57%

Hemat ★★★

Sampai 22 Oct 2025

Superindo
Pear Century  100x

Rp18 / pcs

Pear Century 100x

Rp1.780 Rp3.090 42%

Hemat ★★★

Sampai 22 Oct 2025

Superindo
So Klin Softener All Variants 800 ml

Rp1.181 / 100 ml

So Klin Softener All Variants 800 ml

Rp18.900 Rp28.380 33%

Maks 6 pch

Hemat ★★★

Sampai 22 Oct 2025

Superindo

Yang lebih penting lagi adalah SuperIndo sangat mendukung perekonomian lokal. Bisa terlihat dari pasokan produk di gerai-gerai mereka yang juga memberikan ruang bagi produk usaha lokal. Sehingga banyak sekali UKM yang menjadi rekanan SuperIndo. SuperIndo membuktikan sebagai supermarket yang lebih modern, nyatanya mereka tidak melupakan untuk ikut serta memberdayakan usaha lokal yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar.

Perluasan yang dilakukan oleh SuperIndo juga semakin menambah jumlah lapangan kerja yang ada. Hal ini membantu sekali untuk mengurangi pengangguran, utamanya di daerah tempat gerai SuperIndo tersebut berdiri. SuperIndo tidak hanya mengapresiasi potensi usaha lokal, namun juga memberikan kesempatan berkarier bagi masyarakat di sekitarnya.

Lokasi SuperIndo

Seperti yang telah disebutkan di atas, SuperIndo memiliki banyak gerai yang tersebar lebih dominan di daerah Jawa. Di Jakarta, gerai SuperIndo ada 27 buah yang tersebar di Jakarta Selatan 8 gerai, Jakarta Barat 7 gerai, Jakarta Utara dan Jakarta Timur masing-masing 6 gerai. Kemudian untuk di kota Bogor ada sekitar 7 gerai dan Depok 2 gerai.

Di Tangerang sendiri ada 7 gerai SuperIndo dan 6 gerai yang berada di Tangerang Selatan. Kemudian di Bekasi memiliki gerai SuperIndo yang paling banyak yaitu 17 gerai dan di Banten hanya ada 1 gerai. Di Jawa Barat ada 1 gerai SuperIndo yang terletak di daerah Karawang, 7 gerai di Bandung dan 3 gerai di Cirebon. Untuk Jawa Timur ada 9 gerai di Surabaya, 2 gerai di Malang dan 1 gerai di Kediri.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, SuperIndo memiliki masing-masing 2 gerai di Magelang dan Solo, 4 gerai di Semarang, 1 gerai di Salatiga dan 8 gerai di Yogyakarta. Sedangkan untuk wilayah Sumatera ada 1 gerai SuperIndo di Sumatera Selatan dan 1 gerai di Bandar Lampung.

Review masyarakat terhadap SuperIndo

Kehadiran SuperIndo mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Bisa terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke gerai SuperIndo di berbagai kota tersebut. Selain itu jumlah gerai yang masih akan ditambah menjadi indikasi bahwa SuperIndo adalah salah satu supermarket yang cukup besar peminatnya.

Pada tahun 2015 SuperIndo meraih penghargaan sebagai Top Brand Awards yang menandakan bahwa SuperIndo menjadi sebuah brand supermaket dengan tingkat pelayanan yang berkualitas. Dan hal itu memang sesuai dengan visi mereka untuk selalu mengutamakan pelayanan bagi pelanggan. Tidak hanya ketika berbelanja, namun kualitas produknya pun dapat mereka jaga.

Kerja sama SuperIndo dengan para pengusaha lokal juga membuktikan bahwa SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berkonsep pada lingkungan. Mereka tidak hanya tumbuh dan berkembang sendiri saja tapi juga ikut menggandeng masyarakat di sekitanya.

Selain itu SuperIndo juga sering menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya dengan mengadakan berbagai macam kegiatan sosial. Maka tak heran jika SuperIndo mendapat review positif dari masyarakat, karene ritel tersebut bukan hanya mampu memberikan pelanggannya pelayanan yang terbaik, tapi juga peduli terhadap masyarakat sekitar.