Review Usaha Ritel SuperIndo

Diperbarui

dan ditulis oleh

pada

SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berbentuk supermarket di Indonesia. Menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, peralatan elektronik, perlengkapan makan dan mandi serta yang lainnya. Memiliki motto andalan Lebih Segar, Lebih Hemat dan Lebih Dekat, SuperIndo menjadi salah satu usaha ritel Indonesia yang memiliki tingkat kompetensi tinggi. Hal itu terlihat dari harga jual…

gerai superindo

SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berbentuk supermarket di Indonesia. Menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, peralatan elektronik, perlengkapan makan dan mandi serta yang lainnya. Memiliki motto andalan Lebih Segar, Lebih Hemat dan Lebih Dekat, SuperIndo menjadi salah satu usaha ritel Indonesia yang memiliki tingkat kompetensi tinggi. Hal itu terlihat dari harga jual yang ditawarkan, berbagai macam produk yang tersedia, serta beberapa penghargaan yang telah diperoleh SuperIndo.

Menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk berbelanja karena tingkat pelayanannya pun cukup nyaman dan harga yang cukup terjangkau. SuperIndo yang berdiri sejak tahun 1997 ini juga sudah berkembang pesat dengan banyaknya gerai-gerai yang di buka di beberapa kota besar Indonesia.

Sejarah SuperIndo

SuperIndo merupakan jaringan dari perusahaan besar Delhaize Group yang merupakan salah satu ritel Internasional. Delhaize Group berkantor pusat di Brussel, Belgia. Saat ini perusahaan ritel internasional tersebut telah memiliki jaringan hingga di 3 benua dan 11 negara, yaituย  Indonesia, Luksemburg, Yunani, Amerika Serikat, Romania, Belgia, Serbia, Montenegro, Albania, Bosnia dan Herzegovina serta Bulgaria. Ada sekitar 3.451 gerai yang dimilili oleh Delhaize Group di seluruh dunia. Tidak heran jika perusahaan ini juga masuk dalam bursa saham di Bursa Efek New York dan Euronext.

SuperIndo sendiri mulai berkembang di tahun 1997 dengan kepemilikan saham Delhaize Group sebesar 51%. Sejak saat itu SuperIndo makin memperluas usahanya dengan membuka gerai-gerai yang kebanyakan terdapat di Pulau Jawa. Total gerai SuperIndo hingga saat ini ada sekitar 126 buah dengan karyawan sebanyak 5.400 orang.

Jenis market SuperIndo dan produk yang dijual

Superindo adalah supermarket di mana memiliki banyak produk yang merupakan jenis produk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun makanan dan minuman menjadi mayoritas produk yang dijual. Sebagai supermarket, SuperIndo bisa berdiri pada bangunan sendiri atau berada di dalam lingkungan mall atau pusat perbelanjaan. Yang jelas sebagai area supermarket, ukuran SuperIndo sangat luas.

Selain variasi produk yang dijual, kualitas produk menjadi prioritas nomor satu. Artinya kualitas produk yang dijual di SuperIndo memiliki standar kesehatan dan keamanan yang tinggi. Sesuai motto mereka โ€œLebih Segarโ€, maka produk yang dijual, terutama produk makanan, sangat terjaga kesegaran dan kesehatannya. Makanan yang ย dijual di Superindo terjaga baik dari nutrisi hingga ancaman kadaluarsa. Sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir dengan tingkat kesehatan atau keamanan produk tersebut.

Superindo Serbu Belanja Super Hemat! 15-18 September 2025

halaman 1

Superindo 10.000 Mania 11-17 September 2025

halaman 1halaman 2halaman 3halaman 4halaman 5halaman 6halaman 7halaman 8halaman 9halaman 10halaman 11

Berbagai brand produk bisa dengan mudah didapatkan di SuperIndo. Sehingga selera konsumen yang berbeda-beda bisa terakomodir dengan baik. Sebagai supermarket tentu kelengkapan barang yang dijual juga menjadi perhatian. Karena umumnya konsumen akan lebih senang jika bisa berbelanja semua barang kebutuhannya hanya di satu lokasi saja. Ditambah semua produk di SuperIndo memiliki harga yang cukup bersaing. Artinya harga yang ditawarkan SuperIndo cukup murah dan terjangkau untuk semua pelangganya. Hal ini sesuai sekali dengan salah satu motto mereka yang berbunyi โ€œLebih hematโ€

SuperIndo juga memiliki brand sendiri yang dinamakan โ€œ365โ€. Private brand ini diluncurkan pada tahun 2006 dengan jumlah produk yang dinaungi mencapai 140 produk.

Promo Superindo hari ini 16 Sep 2025

My Baby Hair & Body Wash  400 ml

Rp4.475 / 100 ml

My Baby Hair & Body Wash 400 ml

Rp17.900 Rp28.990 38%

Maksimal 4 pch

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Melon Red Sweet  100x

Rp16 / pcs

Melon Red Sweet 100x

Rp1.590 Rp2.580 38%

JATIM Rp1.390

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Anggur Shine Muscat

Rp29.900 / pcs

Anggur Shine Muscat

Rp29.900 Rp59.900 50%

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Bernardi Delicious Sosis Sapi Goreng  360 gr

Rp8.194 / 100 gr

Bernardi Delicious Sosis Sapi Goreng 360 gr

Rp29.500 Rp54.890 46%

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Pepsodent Pasta Gigi Sensitive Expert  100 gr

Rp21.900 / 100 gr

Pepsodent Pasta Gigi Sensitive Expert 100 gr

Rp21.900 Rp38.990 43%

Harga Mulai, Maksimal 4 t…

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Belfoods Royal Sausages Cheese Frankfurter, Beef Frankfurter 200 gr

Rp8.475 / 100 gr

Belfoods Royal Sausages Cheese Frankfurter, Beef Frankfurter 200 gr

Rp33.900 Rp67.800 50%

Beli 1 Gratis 1

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Belfoods Nugget Chicken Nugget Ceria 500 gr

Rp6.700 / 100 gr

Belfoods Nugget Chicken Nugget Ceria 500 gr

Rp33.500 Rp61.090 45%

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
Baby Happy Baby Diapers Pants Fun & Comfort M32, L28 28 pcs

Rp1.532 / pcs

Baby Happy Baby Diapers Pants Fun & Comfort M32, L28 28 pcs

Rp42.900 Rp61.900 30%

Maksimal 6 bag

Hemat ★★★

Sampai 18 Sep 2025

Superindo
SOS Pembersih Lantai Apple, Orange, Lemon Twist 1400 ml

Rp1.064 / 100 ml

SOS Pembersih Lantai Apple, Orange, Lemon Twist 1400 ml

Rp14.900 Rp23.490 36%

PWP

Hemat ★★★

Sampai 17 Sep 2025

Superindo
365 Minyak Goreng  2000 ml

Rp1.690 / 100 ml

365 Minyak Goreng 2000 ml

Rp33.800 Rp39.290 13%

Disertai pembelian Dua Be…

Hemat ★★★

Sampai 17 Sep 2025

Superindo

Yang lebih penting lagi adalah SuperIndo sangat mendukung perekonomian lokal. Bisa terlihat dari pasokan produk di gerai-gerai mereka yang juga memberikan ruang bagi produk usaha lokal. Sehingga banyak sekali UKM yang menjadi rekanan SuperIndo. SuperIndo membuktikan sebagai supermarket yang lebih modern, nyatanya mereka tidak melupakan untuk ikut serta memberdayakan usaha lokal yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar.

Perluasan yang dilakukan oleh SuperIndo juga semakin menambah jumlah lapangan kerja yang ada. Hal ini membantu sekali untuk mengurangi pengangguran, utamanya di daerah tempat gerai SuperIndo tersebut berdiri. SuperIndo tidak hanya mengapresiasi potensi usaha lokal, namun juga memberikan kesempatan berkarier bagi masyarakat di sekitarnya.

Lokasi SuperIndo

Seperti yang telah disebutkan di atas, SuperIndo memiliki banyak gerai yang tersebar lebih dominan di daerah Jawa. Di Jakarta, gerai SuperIndo ada 27 buah yang tersebar di Jakarta Selatan 8 gerai, Jakarta Barat 7 gerai, Jakarta Utara dan Jakarta Timur masing-masing 6 gerai. Kemudian untuk di kota Bogor ada sekitar 7 gerai dan Depok 2 gerai.

Di Tangerang sendiri ada 7 gerai SuperIndo dan 6 gerai yang berada di Tangerang Selatan. Kemudian di Bekasi memiliki gerai SuperIndo yang paling banyak yaitu 17 gerai dan di Banten hanya ada 1 gerai. Di Jawa Barat ada 1 gerai SuperIndo yang terletak di daerah Karawang, 7 gerai di Bandung dan 3 gerai di Cirebon. Untuk Jawa Timur ada 9 gerai di Surabaya, 2 gerai di Malang dan 1 gerai di Kediri.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, SuperIndo memiliki masing-masing 2 gerai di Magelang dan Solo, 4 gerai di Semarang, 1 gerai di Salatiga dan 8 gerai di Yogyakarta. Sedangkan untuk wilayah Sumatera ada 1 gerai SuperIndo di Sumatera Selatan dan 1 gerai di Bandar Lampung.

Review masyarakat terhadap SuperIndo

Kehadiran SuperIndo mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Bisa terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke gerai SuperIndo di berbagai kota tersebut. Selain itu jumlah gerai yang masih akan ditambah menjadi indikasi bahwa SuperIndo adalah salah satu supermarket yang cukup besar peminatnya.

Pada tahun 2015 SuperIndo meraih penghargaan sebagai Top Brand Awards yang menandakan bahwa SuperIndo menjadi sebuah brand supermaket dengan tingkat pelayanan yang berkualitas. Dan hal itu memang sesuai dengan visi mereka untuk selalu mengutamakan pelayanan bagi pelanggan. Tidak hanya ketika berbelanja, namun kualitas produknya pun dapat mereka jaga.

Kerja sama SuperIndo dengan para pengusaha lokal juga membuktikan bahwa SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berkonsep pada lingkungan. Mereka tidak hanya tumbuh dan berkembang sendiri saja tapi juga ikut menggandeng masyarakat di sekitanya.

Selain itu SuperIndo juga sering menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya dengan mengadakan berbagai macam kegiatan sosial. Maka tak heran jika SuperIndo mendapat review positif dari masyarakat, karene ritel tersebut bukan hanya mampu memberikan pelanggannya pelayanan yang terbaik, tapi juga peduli terhadap masyarakat sekitar.