25 Ide Kostum Karnaval dari Barang Bekas Daur Ulang

Acara karnaval 17 Agustus biasanya akan menampilkan berbagai kreativitas warga, salah satunya peragaan busana atau kostum yang unik.

Tema kostum yang diangkat untuk karnaval beragam, misalnya tema peduli lingkungan seperti karnaval kostum daur ulang. Pada karnaval tersebut biasanya akan diperagakan berbagai kostum unik yang terbuat dari barang daur ulang seperti barang-barang bekas hingga limbah organik.

Barang bekas atau limbah daur ulang yang dapat digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kostum karnaval seperti kardus, koran, botol plastik, gelas plastik, kantong plastik dan karung. Sedangkan limbah organik untuk bahan kostum karnaval daur ulang seperti kulit jagung dan daun. Jika Sahabat Hemat sedang mencari inspirasi kostum karnaval dari barang bekas dan limbah organik yang unik, yuk disimak artikel ini.

Baca juga : 30 Ide Sepeda Hias Karnaval 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Kostum karnaval dari kardus bekas

Kardus merupakan bahan daur ulang yang mudah dilipat, ditekuk, ditempel, dan mudah untuk dipotong mengikuti pola. Selain itu bahan dari kardus umumnya ringan dan nyaman untuk dikenakan. Anda bisa membuat kostum berbentuk sayap Burung Garuda, membuat kostum dan aksesoris baju adat, bahkan membuat gaun dari bahan kardus. Contoh desain kostum karnaval dari kardus yang bisa dibuat adalah :

Kostum karnaval tema burung garuda dari kardus, YouTube Arynyster Can
Kostum karnaval tema lambang pancasila, TikTok Riyya Jaya
Kostum karnaval tema pakaian adat Lampung dari kardus, Pinterest Mainan Kardus
Kostum karnaval tema gaun dari kardus, Flickr Amanda

Kostum karnaval dari koran bekas

Dengan menggunakan koran bekas ada banyak sekali desain kostum karnaval yang dapat dibuat, karena sifatnya yang mudah untuk dibentuk dan ringan. Anda dapat melipatnya menjadi bentuk origami, seperti bunga atau pola unik. Selain itu, warna dan teks pada koran dapat menambah dimensi visual menarik pada kostum. Dengan begitu, dapat diciptakan gaun atau hiasan kepala cantik. Inspirasi desain kostum karnaval dari koran bekas :

Kostum karnaval tema gaun dari koran bekas, gambar dari lingkarnusa
Kostum karnaval tema gaun dari koran bekas, YouTube Ono Karya

Kostum karnaval dari botol plastik

Botol plastik merupakan barang bekas yang mudah ditemukan. Anda bisa membuat kostum dari botol plastik untuk karnaval 17 Agustus nanti. Anda bisa mengaturnya secara selang-seling untuk mendapatkan perpaduan warna unik dan menarik, dan ditambah dengan kertas krep. Atau memberikan warna dengan cat untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Beberapa ide kreatif kostum karnaval dari botol plastik :

Kostum karnaval tema gaun dari botol bekas, gambar dari Pasbana
Kostum karnaval tema gaun dari botol bekas, Instagram beritapekalongan1

Kostum karnaval dari gelas plastik

Gelas plastik bekas air mineral atau minuman kemasan bisa Anda jadikan bahan utama membuat kostum daur ulang yang unik. Kini sudah ada gelas plastik dengan warna merah putih, jadi Anda tidak sulit untuk mendesain kostum untuk karnaval dengan tema kemerdekaan. Anda juga bisa menggabungkan bahan daur ulang plastik agar kreasi kostum karnaval Anda menjadi lebih cantik.  Referensi desainnya seperti ini :

Kostum karnaval tema gaun dari gelas dan kantong plastik, YouTube ono karya
Kostum karnaval tema gaun dari gelas dan kantong plastik, YouTube ono karya
Kostum karnaval tema gaun dari gelas dan kantong plastik, gambar dari Youtube ono karya

Kostum karnaval dari kantong plastik

Kantong plastik termasuk bahan yang mudah untuk dibentuk untuk membuat kostum karnaval. Karena sifatnya yang lemas, selain itu kelebihan lainnya adalah bahan ini memiliki banyak varian ukuran sehingga dapat dibuat pola dan ditempel. Anda bisa kreasikan bungkus plastik menjadi kostum karnaval 17-an yang unik seperti ini :

Kostum karnaval tema pakaian anak laki-laki dari kantong kresek, gambar dari Youtube Putra Putri Kreatif
Kostum karnaval tema gaun dari kantong kresek, gambar dari Youtube HID Channel
Kostum karnaval tema gaun dari kantong kresek, gambar dari Youtube HID Channel
Kostum karnaval tema gaun dari kantong kresek, gambar dari Youtube Fitriani Yusika

Kostum karnaval dari karung

Karung bekas bisa Anda sulap menjadi kostum yang cantik. Berbagai jenis karung misalnya karung beras, karung bawang ataupun karung goni, termasuk barang bekas yang mudah dibentuk untuk dijadikan kostum karnaval. Beberapa contoh kostum karnaval yang terbuat dari karung bekas yaitu :

Kostum karnaval tema gaun dari karung bawang, gambar dari Youtube Fitriani Yusika
Kostum karnaval tema pakaian adat dari karung goni, gambar dari Tumblr distropramuka
Kostum karnaval tema gaun dan pakaian adat dari karung goni, gambar dari PWMU

Kostum karnaval dari kulit jagung

Terdapat filosofi di balik penggunaan kulit jagung sebagai busana karnaval, salah satunya ada di Kabupaten Malaka di sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ibu kota Betun mempunyai tradisi yang bernama tradisi hamis batar (syukur jagung). Dirayakan untuk menyambut musim panen jagung, sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Pencipta atas panen yang mereka peroleh. Berikut ini adalah inspirasi kostum karnaval unik yang terbuat dari kulit jagung :

Kostum karnaval tema gaun dan pakaian pria dari kulit jagung, gambar dari SDN-Prajurikulon2.mojokerto
Kostum karnaval tema gaun dari kulit jagung, gambar dari Pinterest Zuly Hermoso
Kostum karnaval tema gaun dari kulit jagung, gambar dari darulistiqamah.ponpes

Kostum karnaval dari daun

Meskipun sampah daun adalah limbah organik, namun ternyata beberapa jenis daun dapat diolah menjadi kostum yang menarik. Anda bisa menggunakan daun kering yang sudah diwarnai agar kostum jadi lebih menarik, tambahkan ranting atau bunga sebagai aksesoris tambahan. Kelebihan dari bahan daur ulang ini adalah merupakan bahan alami dan dapat dengan mudah di temukan di mana saja. Contoh kostum karnaval yang terbuat dari daun :

Kostum karnaval tema gaun dari daun, gambar dari TikTok @brielle.kin
Kostum Karnaval tema gaun wanita dari daun, gambar dari baselpos
Kostum karnaval tema gaun dari daun, gambar dari penarakyat
Kostum karnaval tema pakaian pria dari daun kelapa, gambar dari mediasulutgo

Tips mempersiapkan kostum karnaval dari barang bekas

Membuat kostum karnaval dari barang bekas tentunya perlu memperhatikan beberapa hal agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan berikut tipsnya :

  • Sesuaikan desain dengan tema yang akan ditampilkan. Misalnya, jika tema yang akan diangkat adalah hari kemerdekaan, pastikan desain yang dibuat mewakili tema tersebut.
  • Buatlah sketsa atau gambaran kasar tentang bagaimana kostum akan terlihat. Hal ini dapat membantu Anda dalam proses pembuatan, memudahkan untuk melakukan perubahan, dan meminimalisir kesalahan.
  • Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kostum. Untuk mendapatkan bahan-bahannya, Anda bisa meminta kepada tetangga, pergi ke pasar, atau mencari di tempat-tempat lain.
  • Buat kostum dan hias dengan berbagai macam aksesoris, seperti bendera merah putih, hiasan kepala berwarna merah putih, pita, dan lain sebagainya. Selain terlihat indah, aksesoris tambahan ini dapat membantu mempertegas tema yang akan diangkat.

Kesimpulan

Penggunaan kostum daur ulang juga dapat menginspirasi kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. Dengan menunjukkan bahwa barang-barang bekas masih dapat digunakan kembali dengan cara yang kreatif dan estetik, kita dapat membangkitkan minat masyarakat untuk lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan. Melalui kostum-kostum ini, kita dapat mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan dampak dari sampah-sampah yang dihasilkan dan mencari cara-cara baru untuk mengurangi limbah. Dengan kostum dari daur ulang memperingati Hari Kemerdekaan RI akan terasa lebih hidup dan unik, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang lebih dalam dengan lebih peduli terhadap lingkungan.