Ide Kostum Anak untuk Karnaval 17 Agustus yang Simpel dan Unik

Menyambut hari Kemerdekaan Indonesia pasti identik dengan kemeriahan dan berbagai perlombaan untuk merayakannya. Salah satunya adalah lomba kostum saat karnaval 17 Agustus. Biasanya anak-anak akan pawai berkeliling di sekitar perumahan atau lingkungan RT sambil membawa sepeda hias atau berjalan kaki dengan kostum unik. Nah pas banget nih artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Sahabat Hemat yang lagi bingung cari tema untuk kostum karnaval 17 Agustus nanti, yuk disimak!

Ketahui Manfaat Anak Mengikuti Lomba 17 Agustus

Tips memilih kostum anak untuk karnaval

sumber gambar : blorakab.go.id

Selain sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan hari Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, memakaikan kostum pada anak juga baik untuk mengasah kreatifitas dan imajinasinya. Berikut beberapa tips untuk memilih kostum yang tepat :

  • Sesuaikan dengan tema.
    Setiap perlombaan pasti akan mengusung tema tertentu sebagai salah satu kriteria untuk memenangkan perlombaan tersebut. Tema kostum bisa disediakan dari panitia perlombaan, ataupun dibebaskan memilih tema. Jadi pastikan sebelum mencari kostum, Anda mengetahui tema apa yang diangkat untuk perlombaan kostumnya.
  • Diskusikan dengan anak.
    Karena yang akan mengikuti lomba adalah anak Anda, sebaiknya coba diskusikan dahulu kira-kira tema kostum apa yang ingin dipakai saat karnaval nanti. Jangan sampai tema yang sudah Anda tentukan berbeda dengan keinginan anak ya. Usahakan Anak juga tetap enjoy mengikuti lomba kostum karena sesuai dengan keinginannya.
  • Pilih kostum yang nyaman.
    Kostum yang biasa digunakan untuk karnaval bisa dibuat sendiri ataupun sewa. Periksa dahulu kostum ataupun pakaian yang akan digunakan mulai dari bahannya, kebersihannya, dan juga kenyamanan kostum saat dipakai anak.
  • Perhatikan detail dan ciri khas kostum.
    Apabila Anda ingin menyiapkan kostum sendiri, pastikan detailnya tidak tertinggal, seperti aksesoris dan riasan wajah yang menjadi ciri khas. Contohnya ketika Anda ingin memilih kostum dengan tema pahlawan nasional, jangan lupa untuk research atau survey apa yang menjadi ciri khasnya. Contoh kostum pakaian Ir.Soekarno yang identik dengan jas dan peci hitam. Tidak lupa riasan wajah yang mirip juga penting agar penampilan si kecil lebih all out.
  • Ide yang kreatif.
    Carilah tema kostum yang unik dan tidak biasa sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Aksesoris tambahan yang dibuat sendiri alias handmade juga  bisa menjadi nilai plus dalam perlombaan.

Ide kostum untuk karnaval 17 Agustus

Berikut ini beberapa tema yang bisa Anda pilih sebagai kostum karnaval 17 Agustus untuk si kecil :

Baju Adat

sumber gambar : pinterest.com

Beberapa baju adat yang simpel untuk dijadikan kostum saat kanaval 17 Agustus seperti baju adat dari Jawa Tengah yaitu baju lurik dengan blangkon untuk anak laki-laki, dan baju kebaya dan kain untuk anak perempuan. Memakaikan baju adat untuk anak merupakan salah satu cara mengajarkan  anak untuk bangga terhadap budaya Indonesia. Selain dari Jawa Tengah, pakaian yang simpel untuk dijadikan kostum yaitu pakaian adat khas Bali, Jawa Barat, Madura, DKI Jakarta, dan masih banyak lagi.

sumber gambar : instagram @aurelie.hermansyah

Pakaian adat untuk anak juga banyak dijual di e-commerse ya Sahabat Hemat harganya juga relatif murah mulai Rp35 ribuan.

Tokoh pahlawan

sumber gambar : SD IRADA FULL DAY EDUCATION

Memakai kostum pakaian para tokoh pahlawan Indonesia merupakan salah satu cara mengedukasi anak kita agar lebih mengenal para pejuang negara Indonesia pada jaman dahulu. Kita bisa memperkenalkan betapa besar perjuangan para pahlawan dalam membangun dan mensejahterakan Indonesia. Sedini mungkin kita tanamkan rasa bersyukur dan cinta tanah air pada anak agar lebih menghargai jasa para pahlawan.

 

sumber gambar : SD IRADA FULL DAY EDUCATION

Cukup sederhana namun begitu iconic kostum dengan teman tokoh pahlawan Indonesia ini. Anda bisa berkreasi dengan pakaian yang simpel seperti kebaya putih dan bunga mawar merah untuk membuat kostum pakaian pahlawan R.A Kartini. Atau jas safari dan peci hitam untuk kostum pakaian khas Ir.Soekarno.

Seragam profesi

sumber gambar : TK Strada Budi Luhur

Mengenal berbagai profesi sejak dini bisa memberikan motivasi pada anak terutama untuk memiliki cita-cita yang mulia. Hal ini juga bisa Anda dukung dengan memakaikan kostum profesi pada anak sebagai bentuk edukasi agar anak semakin semangat untuk meraih impiannya. Nah kostum profesi ini juga cukup sederhana untuk dijadikan kostum saat karnaval 17 Agustus. Contohnya adalah seragam dokter, dengan memakaikan baju setelan dengan warna yang senada, lalu ditambah jas laboraturium berwarna putih, tidak lupa ditambah stetoskop sebagai identitasnya.

sumber gambar : Sekolah Alam Insan Mulia

Selain seragam dokter, seragam polisi juga simpel untuk dijadikan kostum karnaval 17 agustus. Biasanya seragam polisi dan seragam profesi lainnya sudah banyak di jual di toko dan e-commerse mulai Rp90ribuan, cukup terjangkau bukan?

Tokoh Superhero

sumber gambar : youtube Pixel Kinara Gendis

Superhero memang sebuah karakter fiksi yang hanya ada di layar kaca. Namun ada beberapa nilai positif yang bisa kita petik dari karakter superhero seperti jiwa dan tubuh yang kuat, suka menolong, dan tidak mudah menyerah. Anda bisa sesuaikan karakter superhero apa yang paling disukai anak untuk dijadikan kostum saat karnaval nanti. Kostum superhero juga sudah banyak dijual dengan kisaran harga mulai Rp80 ribuan.

Karakter animasi kekinian

sumber gambar : pinterest.com

Akhir-akhir ini banyak selebgram yang berlomba-lomba memakai kostum ala karakter Barbie. Cukup simpel untuk pakai kostum ini, Anda tinggal menyiapkan rok tutu dan kaos berwarna pink fuschia yang menjadi ciri khas warna karakter Barbie. Tinggal ditambah aksesoris seperti sepatu boots yang nyaman untuk anak, pita rambut dan tas mini. Sedangkan untuk karakter Ken yaitu karakter pria yang ada di film barbie, Anda bisa menggunakan setelan jas mini dan dasi kupu-kupu. Selain Barbie, masih banyak kostum karakter animasi lainnya yang simpel seperti Dora The Explorer, Masha and The Bear, Crayon Sinchan, Nobita, Upin Ipin, karakter Princess Disney, dan masih banyak lagi.

Tips makeup yang aman untuk anak saat karnaval

Sumber gambar: Freepik

Untuk memaksimalkan penampilan anak saat karnaval, Anda bisa menambahkan makeup atau riasan yang sesuai. Tentunya harus disesuaikan dengan kenyaman si kecil ya. Pastikan makeup yang Anda pilih memang aman digunakan untuk anak, berikut ini beberapa tipsnya:

Gunakan sunscreen

Karena biasanya acara karnaval dan pawai akan berkeliling di luar rumah, pastikan Anda beri perlindungan untuk Anak agar terhindar dari bahaya sinar UV. Sudah banyak produk sunscreen khusus untuk bayi dan anak-anak, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 15 untuk anak.

Promo Sunscreen hari ini 25 Sep 2023

Implora Perfect Shield Sunscreen SPF 40 Pa  50 ml

Hemat ★

Sampai 30 Sep 2023

Alfamart
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Yogya
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Alfamart
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Tip Top
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Indomaret
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Lottemart
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Tokopedia
Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30  30 ml

Sampai 01 Oct 2023

Blibli
Biore UV Fresh & Bright Sunscreen SPF 50+ PA Instant Cover, Oil Control Matte 30 ml

Sampai 27 Sep 2023

Superindo
Pond's UV Protect Sun Serum SPF 50+ PA+++ Sunscreen  30 gr

Rp780 / gr

Pond's UV Protect Sun Serum SPF 50+ PA+++ Sunscreen 30 gr

Rp23.400 Rp29.900 21%

Poinku +1.000 Poin

Sampai 26 Sep 2023

Indomaret

Pilih produk makeup sesuai usia anak

Karena kulit anak-anak masih sensitif, pastikan gunakan makeup yang sesuai dengan usianya. Beberapa contoh merk makeup khusus anak yaitu :

  • Amara makeup : harga kisaran Rp135.000-Rp150.000 diproduksi oleh PT Gloria Cosmetics yang masih satu grup dengan Purbasari. Kandungan makeupnya food grade sehingga aman jika tidak sengaja termakan oleh anak. Satu paket berisi compact powder, blush on, eyeshadow, lipstick, lipgloss, lengkap dengan brush dan aplikator makeupnya.
  • Luna Organics : kisaran harga Rp350.000-Rp385.000 . Brand makeup ini memiliki beberapa produk seperti  bedak foundationblush oneyeshadowlip balmmakeup remover dan juga brush makeup. Bahan dasarnya terbuat dari bahan alami, non toxic, dan anti alergi, serta sudah disetujui oleh FDA di Amerika.

Gunakan face painting

Beberapa produk face painting memang aman digunakan untuk kulit anak-anak. Cocok untuk membuat riasan wajah yang bervariasi, seperti membuat kumis palsu, hiasan bunga di wajah, dan lain-lain. Pastikan memakai face painting tidak teralu dekat dengan mata agar lebih aman.

sumber :

  1. https://www.cdc.gov/healthequity/features/kidsafety/index.html
  2. https://journal.sociolla.com/beauty/brand-makeup-yang-aman-untuk-anak/