30 Ide Sepeda Hias Karnaval 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Sahabat Hemat, dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya akan banyak karnaval dan perlombaan ya. Salah satu karnaval yang paling populer saat 17 Agustus yaitu karnaval sepeda hias anak. Karnaval sepeda hias ini juga dijadikan sebagai lomba 17-an. Karnaval atau lomba sepeda hias biasanya dimulai dari tingkat RT. Setiap orang akan memamerkan hasil hiasan sepeda kemudian akan berkeliling di sekitar rumah bersama-sama. Nah, Sahabat Hemat lagi cari ide desain sepeda hias yang unik dan menarik? Siap-siap memenangkan lomba sepeda hias, yuk disimak artikelnya. Berikut ini 30 ide sepeda hias untuk 17-an dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik.

Baca juga : Ide Kostum Anak untuk Karnaval 17 Agustus yang Simpel dan Unik

Sepeda hias bentuk Burung Garuda

Inspirasi sepeda hias yang pertama adalah sepeda hias dengan desain Burung Garuda. Burung Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia, yang memiliki arti persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Lambang Burung Garuda juga identik dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan menghias sepeda berbentuk Burung Garuda, tentunya akan menambah jiwa nasionalisme dan cinta negara.

Bahan dasar yang digunakan untuk menghias sepeda ini juga cukup mudah ditemukan. Anda bisa menghias dengan kardus bekas, gabus, yang dipadukan dengan kertas krep.

Beberapa inspirasi sepeda hias burung Garuda:

sepeda hias burung Garuda, gambar dari jatim.kemenag
sepeda hias burung Garuda, gambar dari JatimKemenag
sepeda hias burung Garuda
sepeda hias burung garuda dari kardus dan kertas krep, IG @nikitawillyofficial94
Lomba Sepeda Hias Burung Garuda - YouTube
sepeda hias burung Garuda dari gabus, YouTube Sansha’s

Sepeda hias bentuk Burung Merak

Burung Merak adalah salah satu jenis satwa langka yang indah khas Indonesia. Tentunya ikon Burung Merak bisa mewakilkan sebuah ciri khas keberagaman satwa di Indonesia ya Sahabat Hemat. Burung Merak bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk menghias sepeda. Anda bisa menghias sepeda dengan bagian belakang menyerupai ekor merak yang cantik dan mekar. Padukan warna hijau, biru, dan merah untuk membentuk ekor merak yang megah. Anda bisa gunakan bahan dari barang bekas seperti kardus atau tangkai kayu yang tipis dan kreasikan dengan kertas warna maupun kertas krep. Berikut contoh inspirasi sepeda hias berbentuk burung merak yang cantik :

sepeda hias burung merak
sepeda hias roda tiga bentuk Burung Merak, YouTube
Bunda Almira Syakira
sepeda hias burung merak pink
sepeda hias Burung Merak pink, YouTube SDN AMBUNTEN TIMUR I
sepeda hias burung merak
sepeda hias roda empat bentuk Burung Merak, YouTube Anandaroo

Sepeda hias bentuk kupu-kupu

Saat mencari ide sepeda hias untuk anak, coba sesuaikan dengan kegemaran dan hal yang disukainya. Jika anak Anda menyukai kupu-kupu, cobalah membuat sepeda hias bentuk kupu-kupu. Tentunya sepeda hias yang sesuai dengan kesukaan anak-anak bisa membuat mereka lebih percaya diri dan enjoy saat karnaval sepeda hias nanti. Anda bisa kreasikan bagian belakang sepeda dengan bentuk sayap kupu-kupu. Kreasi sayap kupu-kupu bisa Anda buat dari kardus bekas. Bisa juga membuat rangka sayap kupu-kupu dari bambu tipis kemudian dilapisi kertas warna seperti saat membuat layangan. Beberapa contoh ide sepeda hias bentuk kupu-kupu :

Peserta sepeda hias bertemakan kupu - kupu. (Foto : Doc. Info Pacitan)
sepeda hias anak perempuan bentuk kupu-kupu, gambar dari pacitanku
sepeda hias laki-laki bentuk kupu-kupu, gambar dari SolorayaSolopos

Sepeda hias bentuk pesawat

Banyak anak-anak yang sudah memiliki ketertarikan terhadap alat transportasi, salah satu yang menjadi favorit adalah pesawat terbang. Jika anak Anda pecinta pesawat terbang, Anda bisa buatkan kreasi sepeda hias berbentuk pesawat terbang. Untuk membuat sepeda hias bentuk pesawat terbang ini cukup teknis ya Sahabat Hemat. Anda perlu membuat rangkanya terlebih dahulu, baru dilapisi dengan kardus bekas kemudian di cat. Meskipun agak sulit, hasilnya pasti akan terlihat unik dan menarik. Bahkan, dengan desain ini Anda berpotensi mendapatkan juara lomba sepeda hias lho! Berikut ini beberapa contoh sepeda hias bentuk pesawat terbang dan helikopter :

sepeda hias pesawat tempur
sepeda hias pesawat, YouTube mom3kiddos
sepeda hias bentuk pesawat tempur
sepeda hias bentuk pesawat tempur, YouTube Rozi Creative
sepeda hias bentuk pesawat terbang
sepeda hias bentuk pesawat terbang, YouTube Camperush
sepeda hias bentuk pesawat tempur
sepeda hias bentuk pesawat tempur, YouTube ide kreatif R2
sepeda hias bentuk Helicopter
sepeda hias bentuk Helikopter, YouTube CreativeChannel

Sepeda hias bentuk mobil tank

Jika si kecil sudah mulai mengenal profesi abdi negara, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya mobil tank. Kreasi sepeda hias berbentuk mobil tank cukup menarik dan terlihat gagah. Mobil tank dapat melambangkan sebuah perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk membuat sepeda hias berbentuk mobil tank, Anda perlu membuat kerangka terlebih dahulu. Dari video tutorial YouTube yang saya lihat, kerangka hiasan mobil tank bisa terbuat dari bambu tipis, ataupun paralon. Kemudian dilapisi kardus bekas lalu dicat. Sebagai referensi, berikut contoh sepeda hias berbentuk mobil tank :

sepeda hias mobil tank
sepeda hias mobil tank unik, YouTube Rozi Creative
sepeda hias mobil tank
sepeda hias mobil tank tentara, YouTube Kanghar Family
sepeda hias mobil tank
sepeda hias mobil tank, YouTube Mandiri Jaya Bike
sepeda hias bentuk mobil tank, gambar dari pwmu

Sepeda hias bentuk mobil pemadam

Pemadam adalah salah satu profesi yang disukai anak-anak. Nah, mobil pemadam bisa Anda jadikan inspirasi untuk menghias sepeda anak Anda. Sepeda hias berbentuk mobil pemadam tentunya sangat menarik dan pastinya membuat anak Anda senang. Untuk membuat sepeda hias berbentuk mobil pemadam, Anda perlu membentuk kerangka terlebih dahulu, kemudian lapisi dengan kardus ataupun kertas warna. Tidak lupa lengkapi dengan beberapa aksesoris seperti miniatur  APAR (Alat Pemadam Api Ringan), selang, dan sirine. Berikut ini adalah beberapa inspirasi sepeda hias unik berbentuk mobil pemadam kebakaran :

sepeda hias mobil pemadam
sepeda hias mobil pemadam, YouTube Diari Rei Hikari
sepeda hias pemadam kebakaran
sepeda hias pemadam kebakaran, YouTube Jelajah Nesia
sepeda hias pemadam
sepeda hias pemadam kebakaran, YouTube Hudakesha

Sepeda hias bentuk motor dan mobil polisi

Apakah anak Anda excited ketika melihat motor atau mobil polisi di jalan? Jika iya, Anda bisa menyenangkan anak Anda dengan menghiaskan sepedanya berbentuk motor atau mobil polisi.  Sepeda hias motor polisi identik dengan bagian depan dengan berbentuk perisai dengan ciri khas warna biru dan merah bertuliskan polisi. Bagian belakang bisa Anda buatkan bagasi lebar seperti motor patroli polisi, serta dihiasi dengan kertas berwarna. Untuk mobil polisi, tentunya perlu dibuat kerangka terlebih dahulu, lalu dilapisi kardus dan kertas berwarna. Di bawah ini beberapa inspirasi sepeda hias berbentuk motor dan mobil polisi.

sepeda hias moto polisi
sepeda hias motor polisi, YouTube Faza Pro
sepeda hias mobil polisi
sepeda hias mobil polisi, YouTube Math Education Official

Sepeda hias bentuk perahu

Sepeda hias berbentuk kapal laut atau perahu bisa menarik perhatian saat karnaval 17 Agustus nanti. Anda bisa buatkan kerangka dari bambu dan kardus kemudian dilapisi dengan kertas berwarna dan bendera merah putih. Ide desain sepeda hias berbentuk perahu yang unik :

sepeda hias bentuk perahu
sepeda hias bentuk perahu, YouTube Raharjos
sepeda hias bentuk perahu, gambar dari alibrahgresik
sepeda hias bentuk perahu, gambar dari alibrahgresik
sepeda hias perahu
sepeda hias perahu, YouTube Mandiri Jaya Bike

Sepeda hias bentuk karakter kartun Tayo

Anak-anak pasti tidak asing dengan karakter bus yang satu ini. Bus Tayo bisa Anda jadikan inspirasi untuk menghias sepeda karnaval 17 Agustus. Sepeda hias berbentuk karakter bus Tayo bisa menarik perhatian karena bentuknya yang unik dan lucu. Anda bisa membuat sepeda hias berbentuk Tayo dari kardus bekas, dari gabus bisa di cat atau dilapisi kertas warna. Tidak lupa sebelumnya dibuatkan kerangka terlebih dahulu. Berikut contoh sepeda hias unik berbentuk karakter di kartun Tayo :

sepeda hias tayo
sepeda hias Gani Tayo, YouTube dyLuMaDa Fam
sepeda hias bentuk tayo
sepeda hias bentuk Alice Tayo, YouTube Arival Prandheli
sepeda hias tayo
sepeda hias bentuk tayo, YouTube Math Education Official

Sepeda hias bentuk mobil Ambulance

Sepeda hias berbentuk mobil Ambulance juga cukup unik dan menarik. Anda bisa buat sepeda hias berbentuk Ambulance dengan kreasi dari kardus bekas dan kertas berwarna. Tentunya perlu diberikan aksesoris sebagai ciri khas mobil Ambulance seperti sirine. Berikut contoh sepeda hias unik berbentuk mobil Ambulance :

sepeda hias bentuk Ambulance
sepeda hias bentuk Ambulance, YouTube Creative Channel
sepeda hias bentuk mobil Ambulance, gambar dari sekolahutsman