Tips Menghias Sepeda Anak Rayakan Kemerdekaan RI

Pawai sepeda hias saat 17an adalah momen yang pasti ditunggu anak-anak. Tidak hanya ingin menjadikan sepedanya sepeda terindah dan terbaik, tapi juga sangat menyenangkan karena menghabiskan waktu untuk menghias sepedanya bersama Ayah dan Bunda.

Walau sepeda hias tidak selalu dilombakan dan hanya diadakan pawai keliling komplek saja, tetap saja Ayah dan Bundanya harus putar otak untuk menghias sepeda anak agar terlihat menarik. Apalagi jika Anda ingin berbagi kebahagiaan dengan membagikan foto-foto si kecil bersama sepeda hiasnya di media sosial.

Sayangnya dimasa pandemi seperti sekarang ini, tidak semua daerah bisa mengadakan kegiatan seperti ini. Kemungkinan besar hanya kawasan dengan status green zone yang diperbolehkan. Tak lupa tetap dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan selalu menjaga jarak.

Untuk kawasan yang masih berstatus red dan yellow zone harap bersabar ya, berdoa saja semoga pandemi ini segera teratasi. Nah, untuk Ayah dan Bunda yang daerahnya mengadakan pawai atau lomba sepeda, berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk menjadi inspirasi dalam menghias sepeda sederhana tapi tetap terlihat bagus pada saat merayakan HUT RI di tahun ini :

1. Tentukan Tema

Agar menghias sepeda jadi lebih mudah, mempersiapkan tema adalah hal pertama yang harus dilakukan. Jika Anda memiliki anak perempuan, tema yang diambil akan lebih ke Princess, Barbie, bunga-bunga atau nuansa pink. Untuk laki-laki Anda bisa mengambil tema bernuansa biru, super hero atau mengambil tema karakter kesukaan anak.

Jika anak belum memiliki sepeda, Bunda dan Ayah bisa mencari referensi promo sepeda di hemat.id. Ada banyak sekali pilihan sepeda yang bisa dipilih dengan harga terhemat.

pawai 17an
Sumber : idekunik.com

2. Membeli kelengkapan

aksesoris sepeda hias
Sumber : Genpi.co

Jika sudah mengetahui tema apa yang akan dipakai untuk sepeda hias maka saatnya membeli atau menyiapkan perlengkapannya, seperti :

  1. Kertas krep
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Aksesoris tambahan lainnya seperti bendera

Untuk menghias bagian pinggiran badan sepeda gunting kertas krep dengan potongan memanjang dan gunting menyerupai sisir untuk membuat rawis-rawis pada sepeda kemudian pasang dengan menggunakan double tape.

Jika bunda ingin meminimalisir biaya pengeluaran maka pintar-pintarlah dalam mengkreasikan hiasan sepeda dengan perlengkapan utama, dan menambahkan aksesoris tambahan seperti bendera atau hiasan lain yang tersedia di rumah.

3. Membungkus Sepeda dengan Kertas Koran

sepeda hias
Sumber : 99.co

Sebelum Anda memulai untuk memberikan lem pada sepeda anak, terlebih dulu Anda membungkus sepeda sepeda dengan kertas koran dengan menggunakan double tape. Jangan memilih lem yang daya rekatnya terlalu kuat yang malah nanti setelah selesai acara menghias sepeda, cat sepeda anak menjadi terkelupas dan membersihkan hiasan jadi lebih sulit.

4. Jangan Berlebihan

Jangan menghias sepeda dengan tidak memperhatikan keselamatan anak. Beban sepeda menjadi lebih berat akan membuat anak mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengayuh sepedanya. Hiasan yang terlalu banyak diletakkan di daerah stang akan membuat anak sulit untuk mengendalikan sepedanya ke kanan maupun ke kiri.

sepeda hias
Sumber : Pinterest

Ingatlah yang akan mengendarainya adalah anak dan bukan orangtuanya, jadi pastikan Anda sering bertanya dan menyuruh anak untuk mencoba sepedanya saat Ayah atau Bunda menambah hiasan pada sepeda. Jangan sampai anak menjadi tidak gembira dan merasa tidak nyaman. Jika hiasan sudah terpasang dan ternyata anak mengalami kesulitan, mau tidak mau Anda harus mendampingi mereka sepanjang menggunakan sepeda tersebut, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Manfaatkan Aksesoris dan Hiasan Tambahan Tahun Lalu

Jika memang setiap tahun Anda suka berpartisipasi dalam pawai atau lomba sepeda hias, maka lebih baik Anda selalu menyimpan aksesoris dan perlengkapan lain seperti sisa kertas krep. Simpan juga hiasan tambahan seperti bendera dan pita berwarna merah putih untuk mengurangi pengeluaran untuk menghias sepeda di tahun depan.

6. Mainan Anak

Anda bisa menambahkan mainan kesukaan anak seperti boneka atau action figure dari karakter pahlawan, yang bisa Anda letakkan di keranjang atau di bagian boncengan anak. Untuk menjadi teman si kecil saat mereka berkeliling komplek. Bila anak-anak suka boneka, Anda bisa tambahkan koleksi boneka dino mungil ini yang bisa didapatkan di Hypermart dengan diskon 10% yang berlaku hingga 19 Agustus 2020.

7. Pakaian

Selain menghias sepeda, pakaikan juga anak pakaian yang sesuai dengan tema hiasan sepeda anak. Jika tema yang diambil adalah princess, jika ada pakaikan anak dengan dress simpel atau pakaian yang bernuansa pink. Begitu juga untuk tema anak laki-laki, pakaikan kostum yang ingin dipakai anak pada saat mengendarai sepeda hiasnya. Jangan lupa tetap perhatikan apakah anak sudah nyaman dengan pakaian yang dipakai sambil membawa sepeda. Tambahkan topi atau helm sepeda untuk keamanan dan agar anak tidak kepanasan.

Bunda juga bisa mendandani anak dengan pakaian kasual. Saat ini pakaian anak merk Rodeo sedang ada diskon spesial HUT RI sampai dengan 70% di Lottemart, harga mulai dari Rp. 40.000.

8. Membuat hiasan sendiri (Do It Yourself Craft)

Anda bisa mencari inspirasi untuk membuat bunga atau hiasan lainnya di Pinterest, Instagram, Youtube hingga beberapa blogger yang membahas tentang inspirasi menghias sepeda.

Anda bisa menggunakan kertas warna, dengan nuansa merah putih atau sesuaikan dengan tema sepeda yang dihias. Bahkan Anda juga bisa coba tutorial-tutorial membuat berbagai macam hiasan seperti membuat mobil-mobilan, tank atau pun kuda dengan bahan daur ulang seperti kardus dan bahan-bahan yang mudah didapat.

9. Perbaiki

Jangan lupa untuk melakukan service dan perbaikan pada sepeda si kecil jika memang diperlukan. Sehingga anak tidak akan mengalami kesulitan dalam mengendarai sepedanya. Lakukan pengecekan pada ban untuk dipompa, rem, rantai sepeda, dan lain-lain.

bengkel sepeda
Sumber : Solopos.com

Semoga beberapa tips di atas dapat menginspirasi Bunda dan juga Ayah dalam menghias sepeda anak dalam memeriahkan HUT RI ke 75. Tema apa yang Anda dan si kecil ambil untuk menghias sepedanya di tahun ini?Bagikan ceritanya di kolom komentar di bawah ini ya..

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!