Cara Memakai Toner dengan Efektif beserta Manfaatnya

Memakai toner adalah langkah penting saat melakukan skincare routine. Toner menjaga kulit tetap bersih, terhidrasi, dan siap untuk produk skincare berikutnya.

Untuk memaksimalkan manfaat toner, Anda perlu mengetahui mengenai berbagai jenis toner yang tersedia hingga memahami cara penggunaannya yang tepat.

Bagaimana cara memakai toner yang benar?

Berikut langkah-langkah mengenai cara menggunakan toner dengan efektif untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda, di antaranya yaitu:

1. Pilih jenis toner yang sesuai kebutuhan

Berikut jenis-jenis toner yang tersedia di pasaran berdasarkan kemasannya:

  • Toner botol

    Cocok digunakan ketika Anda ingin fokus menggunakan toner pada area bagian-bagian wajah tertentu yang lebih spesifik. Kelebihan dari jenis toner dengan kemasan botol yaitu ukuran yang lebih besar dan isinya yang lebih banyak.
    Seperti salah satu rekomendasi toner dengan kemasan botol, toner dari brand Dojako tersedia di pasaran dalam 2 pilihan ukuran yaitu 400ml dan 100ml. Untuk penggunaan normal 2x dalam sehari, toner Dojako 400ml dapat bertahan hingga 6 bulan.
  • Toner semprot

    Toner semprot memberikan rasa segar dengan menyemprotkannya langsung ke wajah dan leher. Jika ingin lebih terkontrol, semprotkan toner ke kapas bersih dan usapkan ke kulit hingga kapas tidak lagi kotor.
    Salah satu produk spray toner yang telah laris terjual hingga ribuan kemasan dalam sebulan yaitu spray toner yang berasal dari brand COSRX.

2. Persiapan sebelum penggunaan toner

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut sebelum menggunakan toner pada wajah:

  • Bersihkan kulit
    Selalu aplikasikan toner setelah kulit wajah dibersihkan. Gunakan pembersih yang lembut, bilas secara menyeluruh, dan tepuk-tepuk kulit Anda kering dengan handuk lembut.
  • Pertimbangkan jenis kulit
    Untuk menggunakan toner dengan benar, pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda: berminyak, kombinasi, normal/sensitif, atau kering. Jika kulit Anda kering, gunakan toner 2x sehari, pagi dan malam, untuk mencegah kulit menjadi terlalu kering.

3. Gunakan toner Anda dengan benar

Ada beberapa cara dalam menggunakan toner yang dapat kamu sesuaikan dengan jenis toner yang kamu gunakan:

  • Menggunakan kapas
    Basahi kapas dengan toner sampai lembap tetapi tidak menetes. Usap lembut di seluruh wajah dan leher, hindari kontak langsung dengan bibir. Aplikasikan dengan gerakan ke atas dan ulangi dengan kapas bersih hingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa.
    Cara ini lebih cocok untuk toner dalam botol karena lebih mudah menuangkan toner ke kapas. Menggunakan toner dengan kapas bisa memberikan hasil yang lebih maksimal karena Anda dapat menempelkan kapas yang sudah dibasahi toner dan mendiamkannya di wajah untuk beberapa waktu agar wajah lebih lembap.
  • Menggunakan tangan
    Untuk cara yang lebih sederhana, semprotkan toner ke tangan Anda dan tepuk-tepuk dengan lembut ke kulit Anda, pastikan toner merata. Pastikan tangan Anda sangat bersih saat melakukan ini.

4. Tips tambahan memakai toner

Untuk memaksimalkan manfaat dari toner, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Waktu penggunaan toner
    Pastikan toner sudah kering sepenuhnya sebelum Anda mengoleskan serum, pelembab, atau produk skincare lainnya. Jika toner masih basah saat Anda langsung menggunakan produk skincare lainnya, itu bisa membuat produk saling bercampur atau mencair, yang mengurangi efektivitas toner atau produk lainnya.
  • Gunakan secukupnya
    Hindari penggunaan toner yang berlebihan, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering, karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi lebih lanjut.
  • Bahan kandungan pada toner
    Pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan lembut dan hidratif untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah iritasi.

Dengan menggabungkan langkah-langkah dan tips ini ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda, Anda dapat efektif menggunakan toner untuk membersihkan, menyegarkan, dan menyeimbangkan kulit Anda, memastikan kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

Manfaat toner dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda

Menambahkan toner yang bagus ke dalam rutinitas skincare harian Anda dapat sangat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit Anda. Saat ini kami akan membahas mengenai beragam manfaat dari toner

Menghilangkan kotoran pada wajah

Toner sangat penting untuk membersihkan kulit dengan baik, menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sisa makeup setelah mencuci wajah. Toner memastikan kulit bersih sempurna dan siap untuk produk skincare selanjutnya. Dengan menghilangkan kotoran ini, toner mencegah penumpukan di pori-pori dan meningkatkan kejernihan serta kesehatan kulit Anda.

Mengembalikan keseimbangan pH

Pembersih wajah yang terlalu keras dan faktor lingkungan sering mengganggu pH alami kulit. Toner kulit membantu menjaga keseimbangan pH, yang penting untuk melindungi kulit dari bakteri dan polutan dengan mempertahankan lapisan asam kulit.

Hidrasi dan penyegaran

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kulit tetap kenyal dan muda. Toner, terutama yang diformulasikan dengan bahan berbasis air, menambahkan lapisan kelembaban ekstra ke kulit. Hal ini membantu menghidrasi kulit sekaligus mengurangi penampilan garis halus, dan membuat wajah terlihat lebih bercahaya dan segar.

Meningkatkan daya serap

Seperti halnya spons kering sulit menyerap air tanpa dibasahi terlebih dahulu, kulit yang kering juga sulit menyerap pelembap atau serum yang lebih kental tanpa persiapan yang tepat. Toner membantu dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mempersiapkan tekstur kulit agar produk skincare berikutnya bisa meresap lebih baik.

Penyempitan pori dan penghalusan

Menggunakan toner secara teratur dapat secara signifikan mengurangi ukuran pori-pori kulit. Toner membantu menyempurnakan tekstur kulit dengan mengurangi ukuran pori-pori, sehingga kulit terasa lebih halus dan tampak lebih merata.

Efek menenangkan dan menyegarkan

Banyak toner termasuk bahan seperti lidah buaya dan teh hijau, yang memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi. Komponen ini menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan iritasi, dan sangat bermanfaat bagi jenis kulit sensitif atau meradang.

Kesimpulan

Dengan kemampuan toner dalam membersihkan, menghidrasi, dan menyiapkan kulit, bersama dengan sifat menenangkannya, toner adalah produk perawatan kulit yang tidak tergantikan yang melayani berbagai kebutuhan kulit. Apakah tujuan Anda untuk menjaga kesehatan kulit, mendapatkan kulit yang sempurna, atau hanya memastikan kulit Anda menerima perawatan maksimal, menggabungkan toner adalah langkah menuju kulit yang lebih sehat dan lebih bercahaya.

Referensi:
https://fleurandbee.com/blogs/news/how-to-use-face-toner
https://fleurandbee.com/blogs/news/benefits-of-facial-toner
https://www.revivalabs.com/understanding-how-toner-can-transform-your-skin-the-benefits-of-using-a-toner-in-your-skincare-routine/
https://www.kiehls.com.au/skincare-advice/what-does-toner-do.html
https://asianbeautyessentials.com/blogs/the-idol-beauty-blog/what-does-toner-do