Cara Memakai Sunscreen Agar Tidak Berminyak dan Kusam

Tahukah Anda memakai sunscreen atau tabir surya merupakan sebuah kewajiban untuk perawatan kulit. Biasanya digunakan sebelum beraktifitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar matahari memang bagus untuk pembentukan vitamin D, namun dapat memberikan efek kurang baik pada kulit jika terpapar terlalu lama. Maka dari itu, perlu menggunakan sunscreen sebagai perlindungan dan menjaga kulit agar tetap sehat. Perlu diketahui betapa pentingnya penggunaan sunscreen untuk kulit. Nah, langsung saja simak pembahasan di bawah ini sebagai wawasan agar dapat menggunakan sunscreen secara efektif.

Kenapa harus pakai sunscreen?

Sumber gambar: www.ncbi.nlm.nih.gov

Indonesia merupakan negara beriklim tropis karena letaknya berada di garis khatulistiwa. Artinya, negara kita memiliki paparan terik matahari dan kelembaban yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, efek dari pemanasan global mengakibatkan meningkatnya suhu udara dan semakin tinggi paparan sinar matahari. Dapat dibuktikan dari cuaca yang semakin hari semakin panas. Salah satu unsur paparan sinar matahari adalah sinar ultraviolet atau sinar UV. Ada dua jenis sinar UV dan bisa berdampak kerusakan pada kulit jika terlalu lama terkena paparannya. Jenis sinar ultraviolet yaitu:

  • UVA yang dapat mengakibatkan penuaan dini
  • UVB dapat mengakibatkan sun burn ditandai dengan gatal, kemerahan, dan nyeri pada kulit

Kedua jenis sinar UV di atas dapat terpapar langsung ke kulit kita. Jika terlalu banyak terkena paparan sinar UV maka dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Selain yang disebutkan di atas, bahaya sinar UV lainnya adalah kulit menjadi kering, kusam, gelap, bahkan beresiko terkena kanker kulit.

Mengetahui betapa bahayanya sinar UV yang berlebihan, maka diperlukan perlindungan pada kulit agar tidak terpapar langsung. Perlindungan pada kulit dapat berupa perlindungan fisik dan perlindungan kimiawi. Memakai pakaian lengan panjang, celana panjang, topi, dan aksesoris yang dapat menutupi kulit secara langsung merupakan bentuk perlindungan fisik. Sedangkan perlindungan secara kimiawi adalah dengan menggunakan sunscreen.

Manfaat memakai sunscreen

Sunscreen dirancang dalam bentuk krim atau lotion yang dapat diaplikasikan langsung di kulit kita. Formulanya dapat memantulkan radiasi sinar UV dan mencegah masuknya sinar UV ke lapisan kulit. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Manfaat pemakaian sunscreen lainnya yaitu:

  • Kulit lebih cerah dan warna kulit lebih merata
  • Mencegah munculnya komedo akibat produksi minyak yang berlebih
  • Mencegah timbulnya flek hitam dan kulit kusam
  • Mencegah timbulnya kerutan halus
  • Mengurangi resiko kanker kulit

Cara memakai sunscreen yang benar

Sumber gambar: www.fda.gov

Beberapa keluhan saat memakai sunscreen terkadang muncul seperti kulit berminyak dan semakin kusam. Padahal tujuan memakai sunscreen adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan meminimalisir efek sampingnya. Hal ini terjadi karena pemakaian sunscreen yang kurang tepat. Supaya pemakaian sunscreen lebih efektif, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Pilih jenis sunscreen yang sesuai

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan Anda sudah memahami jenis kulit Anda. Jenis sunscreen harus dapat mencegah dari paparan sinar UVA dan UVB. Karakteristik yang perlu diperhatikan saat memilih jenis sunscreen:

  • Apakah termasuk jenis kulit yang kering atau yang berminyak. Jenis kulit kering membutuhkan kelembaban ekstra sehingga Anda bisa memilih sunscreen yang berbahan dasar minyak, agar tetap terjaga kelembabannya. Sedangkan jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan sunscreen yang berbahan dasar air sehingga dapat diserap ke dalam kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jenis sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak yaitu yang water based, oil free, matte finish dan oil control.
  • Warna kulit juga menentukan jenis sunscreen yang Anda gunakan. Semakin terang warna kulit Anda, maka semakin tinggi SPF yang terkandung pada sunscreennya. Sedangkan pada kulit gelap boleh menggunakan sunscreen SPF rendah, karena memiliki kadar melanin untuk melindungi kulit.
  • Pilih sunscreen dengan kadar SPF dan PA yang tinggi saat berada di luar ruangan yaitu yang kadar SPF lebih dari 30. Tetap gunakan sunscreen dengan SPF dan PA yang rendah jika sedang berada di dalam ruangan, misalnya sunscreen dengan kadar SPF 15.

Cek juga Promo Harga Sunscreen Terbaru

Pakai sunscreen 15-30 menit sebelum beraktifitas

Biasanya sunscreen digunakan paling terakhir setelah menggunakan skincare lainnya. Pastikan kondisi wajah dalam keadaan bersih, tidak berminyak dan tidak berdebu. Memakai sunscreen 15-30 menit sebelum beraktifitas agar menyerap lebih optimal sehingga tidak luntur saat berkeringat.

Dapat dipakai berulang saat beraktifitas di luar

Jika Anda sedang berenang atau berkeringat, Anda dapat memakai kembali sunscreen yang sudah luntur. Bersihkan wajah dari debu dan kotoran sebelum mengulang pemakaian sunscreen. Boleh dioleskan sesering mungkin (setiap dua jam sekali) jika sedang beraktifitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

Gunakan pada seluruh bagian kulit yang terkena sinar matahari

Menggunakan sunscreen yang tidak rata dapat mengakibatkan kulit kusam. Bisa dioleskan secara rata dan menyeluruh termasuk di telinga, leher, kaki dan bagian lain yang terkena sinar matahari. Kocok wadah sunscreen sebelum digunakan agar tidak ada bagian yang menggumpal.

Pakai sunscreen dua ruas jari untuk wajah

Terlalu tipis ataupun terlalu tebal dalam mengaplikasikan sunscreen justru menjadi tidak efektif. Anda dapat mengoles sunscreen pada dua ruas jari sebagai takarannya dan ini cukup untuk wajah dan leher.

Sunscreen boleh digunakan setiap hari

Karena sunscreen merupakan produk perawatan, maka dapat digunakan secara rutin dalam jangka panjang. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Pastikan selalu membaca aturan pakai yang tertera di kemasan. Jika timbul reaksi alergi, segera konsultasikan ke dokter.

Banyak produk sunscreen yang tersedia di pasaran. Anda dapat menentukan jenis sunscreen sesuai dengan jenis kulit. Dapatkan harga terbaik di situs hemat.id serta promo menarik untuk pembelian sunscreen di supermarket seluruh Indonesia.

Sumber:
www.cdc.gov
www.loreal-paris.co.id
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2156