11 Cara Menghilangkan Noda Cat yang Sudah Kering di Baju

Noda cat di baju yang sulit hilang sungguh hal yang menyebalkan. Terkadang sudah dicuci berulang kali namun tidak kunjung hilang. Maka dari itu perlu Anda perhatikan hal utama supaya noda cat benar-benar hilang adalah  mengenali jenis cat yang terkena di baju. Jenis cat pada dasarnya ada dua yaitu cat berbahan dasar air (cat air) dan cat berbahan dasar minyak (cat minyak).

Cat berbahan dasar air dan minyak bila terkena kain dan mengering maka keduanya sulit dihilangkan bila hanya dicuci dengan air. Hal itu terjadi karena kain telah menyerap cat lalu menciptakan ikatan yang kuat sehingga sulit dibersihkan.

Maka dari itu saya merekomendasikan 11 cara untuk menghapus noda cat yang sudah mengering. Tidak semua cara dibawah ini sesuai untuk semua jenis dan warna kain yang terkena cat. Oleh karena itu Anda perlu baca dengan seksama untuk mengetahui beberapa hal yang harus dihindari dan dilakukan dalam menghilangkan noda cat di baju.

1. Merendam baju dengan citrun (citric acid)

citrun untuk menghilangkan noda cat dibaju

Fungsi utama citrun adalah sebagai pengurai noda dan kerak yang membandel, wajar ya bila dengan menggunakan citrun kita bisa membersihkan noda cat di baju. Perlu Anda garisbawahi bahwa cara ini direkomendasikan untuk menghilangkan cat yang berbahan dasar air dan khusus untuk baju warna putih. Jika diaplikasikan di baju warna lain akan ada risiko luntur.

Langkah-langkah dalam menghapus noda catnya adalah:

  1. Rebus air secukupnya hingga mendidih lalu matikan kompor
  2. Tuang citrun secukupnya
  3. Aduk hingga larut
  4. Rendam baju yang terkena noda cat, usahakan air membasahi seluruh baju
  5. Diamkan kurang lebih 2 menit
  6. Bilas lalu sikat noda di baju sampai bersih menggunakan deterjen dan pemutih baju
  7. Setelah noda hilang bilas hingga bersih

Nah, itu cara pertama untuk baju berwarna putih. Anda bisa beli citrun di toko kelontong, pasar dan swalayan. Mudah bukan? Selamat mencoba!

2. Menyikat noda di baju dengan Alkohol 70%

Alkohol untuk menghilangkan noda cat di baju

Secara umum alkohol memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa digunakan sebagai penghilang noda. Cara ini direkomendasikan untuk semua jenis cat, kain, dan warna kain namun jangan menggunakan alkohol untuk noda yang terkena di jaket kulit asli maupun sintetis karena akan menurunkan kualitas bahan kulit tersebut. Pastikan alkohol yang digunakan adalah murni alkohol bukan handsanitizer yang memiliki kandungan alkohol. Itu karena handsanitizer bisa jadi mengandung pewarna yang bisa meninggalkan noda pada baju. Cara untuk menghilangkan noda cat di baju dengan alkohol yaitu:

  1. Menyemprotkan alkohol ke permukaan baju yang terkena noda cat. Semakin banyak noda maka jumlah alkohol yang digunakan juga semakin banyak
  2. Gosok menggunakan sikat gigi bekas
  3. Biarkan beberapa menit hingga noda memudar
  4. Cuci baju sesuai petunjuk label pada baju

Anda bisa membeli alkohol 70% di apotek, toko bahan kimia dan swalayan.

3. Menggosok baju dengan pasta gigi dan sabun cuci piring

pasta gigi, gambar dari freepik

Cara ini bisa Anda gunakan bila baju terkena noda cat berbahan dasar air dan minyak serta bisa digunakan untuk semua jenis dan warna kain. Pasta gigi dan sabun cuci piring adalah keperluan rumah tangga yang pada dasarnya berfungsi untuk menghilangkan noda. Sabun cuci piring aman bila terkena tangan, sedangkan pasta gigi aman untuk gigi sehingga wajar bila aman juga digunakan untuk membersihkan noda pada baju. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah:

  • Pasta gigi
  • Air panas
  • Sabun cuci pirng
  • Sikat

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Tuang pasta gigi ke baju yang terkena noda cat
  2. Gosok dengan sikat sampai noda memudar
  3. Tuang sabun cuci piring dan air panas
  4. Gosok dengan sikat hingga noda menghilang

Simpel bukan cara yang ini? Selain caranya yang simpel bahan yang digunakan pun juga tidak perlu beli lagi karena Anda pasti sudah memilikinya dirumah.

Baca juga Rekomendasi Pembersih Keramik Kamar Mandi yang Ampuh

4. Menyikat baju dengan deterjen, pemutih pakaian dan sabun cuci piring

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda cat berbahan dasar air  dan cocok untuk semua jenis dan warna pakaian, tidak hanya warna putih ya. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah:

  • Deterjen cair
  • Cairan pemutih pakaian
  • Sabun cuci piring cair
  • Sikat

Cara menghilangkan noda cat di baju yaitu:

  1. Campurkan deterjen dengan air lalu tuang ke baju yang bernoda sambil disikat
  2. Siapkan air panas dan masukkan cairan pemutih secukupnya
  3. Rendam baju yang sudah disikat tadi ke dalam air panas dan diamkan hingga air tidak panas lagi
  4. Angkat baju lalu tuang sabun cuci piring
  5. Sikat hingga noda benar-benar hilang

Jika dengan cara di atas noda belum hilang silakan Anda tambahkan citrun pada air rendaman lalu rendam sebentar. Setelah itu sikat baju yang bernoda dengan air bekas rendaman hingga noda benar-benar hilang dengan sempurna. Sebagai rekomendasi sabun cuci baju dan piring yang bisa Anda gunakan, Anda bisa cek katalog hemat.id ya Sahabat hemat.

5. Menggosok baju dengan thinner dan sabun cuci piring

Thinner memiliki salah satu fungsi sebagai pelarut yang berfungsi untuk membersihkan cat terutama yang berbahan dasar minyak. Meskipun demikian cat bahan dasar air juga bisa dibersihkan dengan thinner. Thinner dapat membantu menghapus noda cat dari tangan, pakaian (khususnya kain satin) dan permukaan lain (misalnya keramik). Berikut langkah-langkah untuk membersihkan noda cat di baju dengan thinner :

  1. Tuang thinner secukupnya pada baju yang bernoda (sebaiknya dibawah baju yang bernoda diberi alas handuk supaya thinner yang dituang tidak menyebar)
  2. Gosok menggunakan handuk kecil bekas
  3. Jika noda sudah cukup memudar beri sabun cuci piring cream dan sedikit air
  4. Gosok hingga noda memudar lalu rendam selama 1×24 jam
  5. Hari berikutnya siram baju yang bernoda dengan thinner, beri sabun cuci piring cream lalu gosok dengan sikat
  6. Lakukan perendaman 1×24 jam
  7. Lakukan hal yang sama di hari ke-3

Sayangnya thinner cukup berbahaya bila kontak langsung dengan kulit karena bisa menimbulkan iritasi kulit. Maka dari itu sebaiknya Anda memakai sarung tangan berbahan lateks saat menggunakan thinner tetapi jika sudah terlanjur tidak menggunakan sarung tangan maka segera bilas tangan menggunakan air dan sabun lalu beri pelembab kulit seperti handbody.

6. Menggosok noda cat dengan bensin

Gambar dari pertamina

Bensin dapat digunakan untuk menghilangkan noda cat berbahan dasar minyak. Sama seperti thinner, sebaiknya Anda perlu menggunakan sarung tangan saat kontak dengan bensin karena bila kulit terpapar bensin secara berkepanjangan akan ada risiko terkena dermatitis kontak yaitu peradangan yang terjadi pada kulit akibat kontak langsung dengan zat kimia tertentu. Selain itu bensin juga bisa merusak serat dan warna kain tertentu, untuk mengujinya sebaiknya Anda menggunakan pada kain kecil dahulu sebelum diaplikasikan pada noda.

Bensin tidak disarankan untuk menghilangkan noda cat pada baju berbahan wol karena kain wol bila bergesekan dengan material lain akan memunculkan listrik statis dan bila terkena bensin bisa menyebabkan kebakaran. Cara aman membersihkan noda cat menggunakan bensin adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan sarung tangan saat berkontak dengan bensin
  2. Tuangkan bensin pada kain bersih
  3. Gosok pelan-pelan kain yang telah diberi bensin pada baju yang terkena noda cat hingga noda hilang
  4. Sebaiknya gunakan masker supaya tidak langsung menghirup bensin

7. Campuran sabun cuci piring, deterjen bubuk dan alkohol

Campuran bahan ini efektif menghilangkan noda cat yang berbahan dasar minyak maupun air. Selain itu juga bisa digunakan pada semua jenis dan warna baju kecuali baju berbahan kulit asli atau kulit sintetis. Langkah-langkah membersih noda cat di baju dengan campuran sabun cuci piring, deterjen dan alkohol adalah:

  1. Tuangkan sabun cuci piring, deterjen bubuk dan alkohol pada baju yang bernoda
  2. Gosok menggunakan sikat hingga noda sedikit memudar
  3. Rendam dalam air sekitar 10 menit maka noda cat akan hilang

8. Menggosok noda cat dengan Lemon oil

Lemon punya sifat asam yang ternyata mampu mengangkat dan melarutkan noda cat. Penggunaan lemon oil bisa untuk segala jenis cat dan warna kain. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan lemon oil ke baju yang bernoda lalu gosok menggunakan lap atau handuk kecil sampai noda menghilang. Cara ini mungkin tidak seefektif menggunakan thinner namun patut Anda coba terutama bila noda cat belum mengering.

9. Sabun cuci piring dicampur air hangat

Cara ini direkomendasikan untuk menghilangkan noda cat berbahan dasar air dan jenis kain yang biasa digunakan untuk baju dan korden. Caranya cukup mudah yaitu campur sabun cuci piring dan air hangat lalu gunakan campuran itu untuk membersihkan noda dengan cara disikat cepat menggunakan sikat gigi yang ada gerigi dibaliknya. Cara menyikatnya bisa bergantian yang pertama menggunakan sikat gigi lalu dilanjutkan dengan bagian dibalik sikat gigi yang bergerigi. Sikat dengan cepat hingga noda benar-benar hilang. Setelah noda hilang bisa di lap menggunakan handuk bekas, jika masih ditemukan noda gunakan cara yang sama untuk membersihkannya. Gerakan cepat yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan air yang masih hangat supaya tidak dingin saat proses pembersihan. Silakan mencoba, semoga berhasil!

10. Menyemprotkan hairspray ke noda cat

Penggunaan hairspray digunakan untuk membersihkan noda cat akrilik di baju. Cat akrilik biasanya digunakan untuk melukis, merupakan salah satu cat yang berbahan dasar air dan resin akrilik. Alat yang perlu digunakan cukup dua yaitu hairspray dan spons/ kain yang sudah tidak digunakan. Cara membersihkannya adalah:

  1. Semprot hairspray ke baju yang terkena noda cat
  2. Gosok-gosok menggunakan kain yang tidak terpakai/ spons hingga noda memudar
  3. Jika noda masih ada semprot lagi hairspray dan gosok kembali
  4. Lakukan berulang hingga noda cat bersih

Cara ini tidak direkomendasikan untuk baju yang memiliki bahan kain asetat atau triasetat karena akan membuat kain semakin rusak. Kain asetat atau triasetat adalah kain yang seratnya terbuat dari asam asetat dan selulosa melalui reaksi esterfikasi. Bentuk fisiknya hampir mirip seperti kain sutra murbei yaitu kainnya lembut, warnanya cerah dan berkilau. Kain asetat biasanya digunakan untuk pakaian formal seperti gaun dan blouse sedangkan triasetat biasanya digunakan untuk bahan korden. Jika kain Anda termasuk kain tersebut sebaiknya Anda menggunakan metode lain seperti menggunakan deterjen dan sabun cuci piring atau membawanya ke layanan laundry.

Contoh kain asetat dari patternvip.vom

11. Menggosok noda cat dengan penghapus kuteks

aseton untuk menghilangkan noda cat

Penghapus kuteks mengandung aseton yang merupakan zat pelarut kuat untuk membersihkan kuteks dan cat akrilik. Sama seperti hairspray jenis baju yang tidak boleh dibersihkan dengan penghapus kuteks adalah kain asetat atau triasetat. Cara membersihkan noda dengan penghapus kuteks adalah:

  1. Siapkan kapas/ kain yang sudah tidak terpakai
  2. Tuang pembersih kuteks ke baju yang terkena noda lalu gosok menggunakan kapas/ kain yang sudah disiapkan
  3. Tambahkan penghapus kuteks dan gosok secara berulang hingga noda benar-benar memudar

Dalam menggunakan aseton sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan karena aseton termasuk zat kimia, tetapi sejauh ini saya sering menggunakan aseton untuk membersihkan kuteks satu bulan sekali namun tidak ada efek samping serius. Itu karena setelah menggunakan aseton saya mencuci tangan dengan sabun untuk menghilangkan sisa kimia dari kulit.

Kesimpulan

Itulah 11 cara mudah menghilangkan noda cat yang mengering pada baju. Bahan-bahan untuk membersihkan bisa Anda temukan juga loh di katalog hemat.id seperti deterjen, sabun cuci piring, pasta gigi, dan pemutih pakaian. Anda bisa memilah sendiri ya kira-kira cara mana yang cocok dengan ketersediaan bahan, warna dan jenis kain yang terkena noda cat serta jenis catnya. Sharing sedikit pengalaman saya ya Sahabat Hemat, jika baju saya terkena cat biasanya langsung saya cuci sebelum cat mengering dan terbukti bahwa noda cat langsung hilang. Jadi sebaiknya jika baju terkena noda cat jangan tunda sampai kering namun segeralah cuci saat cat masih dalam keadaan basah.

Referensi:

  1. https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Noda-Cat-Akrilik
  2. https://digilib.esaunggul.ac.id/factors-related-to-complaints-of-contact-dermatitis-among-motorcycle-mechanics-in-the-south-and-north-kembangan-areas-jakarta-in-2021-26986.html
  3. youtube.com
  4. https://patternvip.com/id/the-advantages-and-properties-of-acetate-fabrics/