Mengenal Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Menurut Wikipedia saffron atau kuma-kuma adalah sejenis rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus Sativus atau yang lebih kita kenal dengan bunga pacar. Ciri-ciri bunga saffron memiliki tiga kepala putik yang terletak distal terhadap daun buah. Bunga ini pada umumnya di gunakan sebagai bumbu masakan, sebagai pewarna alami, campuran dalam infuse water, perawatan kulit wajah dan minuman kesehatan.

Saffron di gadang-gadang sebagai rempah-rempah termahal di dunia, setiap 1 gram jenis saffron Afganistan harganya mulai dari Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 400.000 di beberapa toko online. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan dalam satu bunga hanya terdapat 2 sampai 3 putik saffron saja. Jadi untuk menghasilkan 1 gram saja dibutuhkan sekitar 150 bunga, lalu pengolahannya pun dilakukan secara manual. Saffron dipisahkan secara satu per satu dengan tangan, tidak menggunakan alat ataupun mesin berteknologi tinggi sekalipun.

Saffron
Sumber : Freepik.com

Manfaat saffron

Berikut manfaat saffron untuk kesehatan :

1. Obat Gejala Depresi

Menurut wikipedia Saffron yang kering bisa dicampurkan ke dalam teh hangat, yang dapat berfungsi untuk obat gejala depresi.

2. Mencegah gangguan fungsi otak

Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyakit Alzheimer yang banyak menyerang orang lanjut usia, karena safron mengandung antioksidan.

3. Menurunkan nafsu makan

Saffron mampu mengontrol nafsu makan dan membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang.

4. Meningkatkan mood dan juga membantu pengobatan depresi

Saffron mengandung efek antiradang, antioksidan, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf) yang dapat menjadi tamabhan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang.

5. Meringankan nyeri haid dan gejala PMS

Dengan mengkonsumsi 15 mg safron sebanyak 2 kali sehari dapat meringankan gejala nyeri haid dan gejala PMS.

Rasa saffron

Saffron memiliki rasa agak pahit dan aromanya mirip dengan bau jerami karena mengandung bahan kimia bernama picrocrocin dan safranal.

Untuk dijadikan sebagai teh, siapkan 3-5 helai saffron. Diamkan saffron dalam 500 ml air hangat selama 15 menit, tunggu hingga mendapatkan saffron berwarna kuning. Diamkan sampai 30 menit, maka Anda saffron akan mengeluarkan warna yang lebih pekat.

Saffron
Sumber : Freepik.com

Efek samping

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Konsumsi saffron yang baik adalah tidak lebih dari 1,5 gram/hari atau maksimal 10 helai saja. Apabila saffron dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri perut, mual, perubahan nafsu makan, mulut kering dan rasa kantuk.

Penggunaan safron pada anak-anak

Anak usia 6 bulan sampai dengan 2 tahun cukup satu kali dalam seminggu untuk mengonsumsi saffron sebagai minuman yang menjaga daya tahan tubuh. Saffron juga mengandung antitussive yang mampu meredakan batuk.

Untuk anak umur 2 sampai dengan 4 tahun bisa minum 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu atau saat batuk pilek. Gunakan saffron sebanyak 2 sampai 3 helai tiap kali disajikan untuk anak-anak.

Manfaat saffron untuk wajah

1. Merawat kesehatan kulit wajah

Selain dikonsumsi, bunga saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang berfungsi untuk mebantu pembentukan dan perbaikan sel wajah kulit. Selain itu bunga saffron juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan, serta anti jamur yang dapat mengurangi jerawat dan bekas jerawat.

Siapkan 3 sampai 4 helai safron dan 1/4 gelas susu. Rendam saffron dalam susu selama sekitar 2 jam, oles susu kebagian wajah dan leher lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Dapatkan infonya : Promo susu cair terhemat

2. Menghilangkan mata panda

Jika anda memiliki lingkat hitam pada mata atau mata panda, maka lakukan ini : siapkan 2 sampai 3 helai safron dan 2 sendok makan air. Rendam safron dalam air dan biarkan semalaman, pada keesokan harinya haluskan rendaman safron kemudian aplikasikan di bawah mata. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, gunakan setiap pagi untuk memudarkan mata panda anda.

Sudahkah anda mencoba safron? Bagaimana anda dan keluarga mengkonsumsi nya? tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya…

Sumber :

  1. //www.alodokter.com/manfaat-saffron
  2. //www.sciencedirect.com/science/
  3. //www.ncbi.nlm.nih.gov/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!