Tumis Daun Singkong dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun singkong atau daun umbi kayu berasal dari tanaman singkong, umumnya dimasak dengan cara ditumis. Sedangkan untuk singkong biasanya dapat diolah dengan direbus, digoreng menjadi kudapan seperti combro, misro dan makanan lainnya.

Daun singkong sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh, seperti :

1. Mencegah penuaan dini
Daun singkong kaya akan antioksidan, sehingga dapat mencegah penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik hitam dan tanda penuaan dini lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit Saat Ramadhan

2. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan serat pada daun singkong cukup tinggi, jadi mengkonsumsi daun singkong baik sekali untuk anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan vitamin C dan asam folat pada daun singkong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu dapat menghambat mikroba penyebab infeksi atau peradangan seperti bakteri dan virus.

Sumber : alibaba.com

4. Mengatasi stroke
Kandungan isoflavon dalam daun singkong mampu menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh. Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan stroke.

5. Kenyang lebih lama
Kandungan protein yang tinggi dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang sedang program menurunkan berat badan.

6. Penambah darah
Mengonsumsi daun singkong sangat baik untuk Anda yang memiliki anemia atau kurang darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Ternyata daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita ya. Nah, tertarik untuk mengonsumsi daun singkong sebagai menu berbuka puasa? Berikut ini resep tumis daun singkong yang super mudah cara membuatnya :

Bahan-bahan :

5 ikat daun singkong

5 sampai dengan 8 butir bawang merah, diiris-iris

2 butir bawang putih

1 sendok makan terasi

5 buah cabe keriting, dipotong-potong

5 buah cabe rawit, dipotong-potong

50 gram teri nasi , seduh dengan air panas

1 sendok teh garam

1/4 sendok teh kaldu jamur

1/4 sendok teh gula pasir

Beli Bahan-Bahan Resep Tumis Daun Singkong di Sini

Cara buat :

1. Cuci bersih daun singkong, lalu siapkan air yang sudah ditambahkan secukupnya garam dan minyak goreng sekitar 3 sendok makan.

2. Masak daun singkong kurang lebih selama 10 menit. Jangan tutup wajan saat memasak agar warna daunnya tetap berwarna hijau. Rebus daun singkong dengan yang api besar.

3. Tiriskan daun singkong lebih dulu, lalu siapkan air yang sudah diberi es batu. Kemudian masukkan daun singkong yang sudah empuk.

4. Lalu tiriskan kembali dan remas-remas agar airnya berkurang. Potong daun menjadi potongan yang kecil.

5. Haluskan bawang putih dan terasi agar saat di tumis terasinya tidak menggumpal saat di tumis.

6. Panaskan sekitar 3 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bawang merah, cabe keriting, cabe rawit, dan teri.

7. Setelah harum, masukkan terasi, tumis sampai harum. Setelah aromanya keluar, masukkan daun singkong dan diaduk sampai rata.

8. Tambahkan air sedikit saja, kemudian masukkan garam, kaldu, dan gula.

9. Tumis daun singkong sampai benar-benar kering, lalu angkat dan sajikan.

Pastikan saat membersihkan daun singkong dicuci sampai bersih. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun singkong secara mentah. Ada bagian dalam daun singkong yang memiliki kandungan zat seperti sianida yang berpotensi berbahaya bagi tubuh. Jika Anda menunjukkan gejala keracunan setelah mengonsumsi daun singkong, segera hubungi dokter Anda.

Bagaimana resep tumis daun singkong ini, mudah bukan cara membuatnya? Cocok sebagai menu santapan utama setelah berbuka puasa. Jadi tunggu apalagi, langsung coba resep ini dirumah ya.

Buka Aplikasi Kliptalog untuk membantu Anda dalam membuat daftar belanja hemat dan hemat.id untuk mengetahui secara lengkap promo-promo terbaik yang sedang berlangsung di supermarket sekitar Anda.

Sumber :

  1. //www.linkedin.com/health-benefits-of-eating-cassava-leaves
  2. //doktersehat.com/manfaat-daun-singkong/
  3. //www.nutrition-and-you.com/cassava.html

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!