10 Cara Menghemat Listrik pada Mesin Cuci dengan Optimal

Menggunakan mesin cuci dapat membantu meringankan pekerjaan rumah saat mencuci pakaian. Alat elektronik ini sangat praktis, serta dapat menghemat waktu dan tenaga.

Alih-alih menghemat waktu dan tenaga, menggunakan mesin cuci di rumah tentunya perlu pertimbangan karena akan menguras listrik. Tanpa disadari tagihan listrik bulanan bisa membengkak karena tingginya pemakaian daya listrik di rumah. Perlukah kita berhenti memakai mesin cuci dan mencuci manual dengan tangan? Jangan khawatir! Simak beberapa ulasan berikut ini untuk membantu menghemat penggunaan listrik mesin cuci.

Berapa rata-rata pemakaian daya listrik oleh mesin cuci?

Akibat tagihan listrik bulanan yang melonjak, seringkali kita bertanya-tanya alat elektronik apa yang paling menguras daya listrik? Tidak jarang bagi kita yang mengira bahwa pemakaian mesin cuci adalah penyebabnya. Maka dari itu, mari kita kenali berapa jumlah daya listrik pada tipe mesin cuci top loading (bukaan atas) dan mesin cuci front loading (bukaan depan) :

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Nilai daya listrik yang pada tabel di atas adalah hitungan rata-rata dari beberapa jenis mesin cuci. Mesin cuci top loading memakai daya listrik rata-rata sebesar 190 – 280 Watt, sedangkan mesin cuci front loading memakai daya listrik rata-rata sebesar 250 – 310 Watt. Jumlah daya listrik secara aktualnya bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung dari setiap merknya.

Pada mesin cuci front loading jumlah watt yang tertera pada tabel adalah saat menggunakan air dingin. Sedangkan apabila menggunakan air hangat, daya listrik yang terpakai akan lebih banyak, sekitar 2100 watt lebih. Tipe mesin cuci top loading biasanya membutuhkan daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe front loading.

Cara menghemat listrik pada mesin cuci

Sumber gambar: Freepik

Menggunakan mesin cuci dapat meringankan pekerjaan sehari-hari. Anda bisa memakai mesin cuci dengan bijak tanpa takut boros listrik dengan beberapa tips di bawah ini:

Pilih mesin cuci sesuai kapasitas

Menggunakan mesin cuci yang tidak sesuai kapasitas bisa menyebabkan boros listrik. Apabila anggota keluarga di rumah tidak banyak, tentunya baju yang dicuci lebih sedikit, sehingga Anda bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas 5 – 8kg. Sedangkan untuk anggota keluarga besar, Anda bisa menggunakan mesin cuci dengan kapasitas lebih dari 10 kg.

Isi mesin cuci sesuai kapasitas

Jika mesin cucinya bermuatan besar, maka Anda bisa isi dengan banyak pakaian sesuai dengan kapasitasnya. Mengisi mesin cuci yang berkapasitas besar dengan sedikit pakaian hanya akan membuang energi dan boros listrik. Sebaliknya, pada mesin cuci yang berkapasitas kecil sebaiknya diisi dengan sedikit pakaian agar tidak menguras kinerja mesin menjadi lebih berat.

Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin dengan menyentuh bagian dasar mesin cuci. Apabila tangan Anda tidak dapat menggapai bagian dasar mesin cuci itu karena kelebihan kapasitas, maka Anda perlu mengurangi jumlah kain di dalamnya.

Mengatur suhu pada mesin cuci

Beberapa mesin cuci sudah memiliki fitur yang dapat mengatur suhu air. Mencuci dengan suhu air yang hangat memang dapat membantu menghilangkan noda pada kain. Namun, fitur ini ternyata memakan daya listrik yang lebih besar. Sebaiknya gunakan air dingin atau air biasa sehingga mesin cuci Anda lebih hemat dalam menguras listrik.

Mengeringkan cucian secara alami

Setelah selesai mencuci, biasanya kain akan langsung dikeringkan secara otomatis pada mesin cuci. Hal ini tentunya memudahkan kita untuk menghemat waktu supaya cucian cepat kering. Apabila Anda ingin menghemat pemakaian listrik, sebaiknya tidak menggunakan fitur pengering pada mesin cuci karena membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Saat musim panas, sesekali bisa keringkan cucian Anda dengan menjemur langsung di bawah sinar matahari.

Bersihkan mesin pengering

Mesin pengering pada mesin cuci akan bekerja lebih optimal jika kondisinya bersih karena tidak ada beban kotoran yang menempel. Bersihkan bagian pengering setidaknya sebulan sekali dengan cara menggosoknya menggunakan sikat gigi atau spons.

Gunakan mode putar yang tinggi

Mencuci dengan mode putar yang tinggi sehingga mesin berputar lebih cepat dan mengurangi kelembaban pada kain. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu mencuci dan mengurangi pemakaian daya listrik yang lebih banyak.

Perhatikan durasi mode mencuci

Semakin lama durasi putaran mesin cuci, maka akan semakin besar daya listrik yang terpakai. Jenis kain yang tipis dan tidak banyak noda sebaiknya dicuci dengan durasi 5-10 menit untuk menghemat penggunaan listrik.

Memisahkan jenis kain saat dikeringkan

Jenis kain yang bervolume berat seperti handuk sebaiknya dipisah dari kain yang ringan seperti kaos, sprei, dan pakaian tipis. Pilih jenis kain yang sama saat dikeringkan di mesin cuci agar mesin bekerja lebih efisien.

Pakai mesin cuci dengan efisien

Mencuci setiap hari memang dapat mengurangi jumlah pakaian kotor yang tertumpuk. Namun, hal ini justru menyebabkan pemborosan listrik dan air karena mesin cuci harus dinyalakan setiap hari. Gunakan mesin cuci secara efisien yaitu 1-2 kali seminggu, sehingga pakaian atau kain dapat dicuci sekaligus. Pemakaian listrik saat mesin cuci menyala menjadi berkurang karena tidak digunakan setiap hari.

Gunakan detergen khusus mesin cuci

Detergen khusus mesin cuci biasanya menghasilkan busa yang lebih sedikit. Apabila mencuci dengan detergen yang tidak tepat maka akan menghasilkan banyak busa, tentunya penggunaan mesin cuci akan menyala lebih lama untuk pembilasan. Pembilasan mesin cuci yang terlalu sering menyebabkan pemakain listrik menjadi berlebih.

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga terhemat untuk deterjen di www.hemat.id. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga deterjen di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.


Cek sekarang juga harga Deterjen terhemat

Rekomendasi mesin cuci hemat listrik

Jenis mesin cuci dua tabung lebih hemat listrik dibandingkan dengan mesin cuci satu tabung. Berikut ini beberapa rekomendasi dan spesifikasi mesin cuci hemat listrik:

SHARP ES-T1090-PK

Jenis mesin cuci top loading dua tabung ini berkapasitas 10 kg. Badan mesin cuci ini didesain berdasarkan sirip ekor dengan lekukan yang mirip tubuh lumba lumba. Desain ini disebut Dolphin Pulsator yang dapat menghasilkan putaran mesin yang kuat tanpa harus merusak serat kain. Selain itu, meskipun kapasitas mesin cuci ini dapat memuat banyak, hasil cuciannya tetap lebih bersih. Pada bagian pengering memiliki ruang yang besar, sehingga dapat mempercepat proses pengeringan kain dalam satu proses pencucian.

Harga: Rp2,3jutaan

Spesifikasi Produk :

  • Garansi Resmi Sharp 1 tahun
  • Bahan : Plastic
  • Kapasitas : 10 kg
  • Kapasitas Air : Level 1 64 L / Level 2 58 L / Level 3 52
  • Program Pencucian : 2
  • Daya Cuci : 355 Watt
  • Daya pengering¬† : 150 Watt
  • Sumber Daya : AC 220 V – 240 V , 50 Hz
  • Dimensi Ukuran (L X T X D) : 863 x 1052 x 563 mm

AQUA QW-871XT

Mesin cuci merk Aqua yang memiliki dua tabung ini berkapasitas 8kg. Dilengkapi dengan fitur big pulsator untuk menghasilkan putaran mesin yang kuat serta soak function untuk memudahkan proses perendaman pakaian. Beberapa fitur menarik lainnya yaitu :

  • Fuzzy Logic : Menyesuaikan jumlah air dan waktu pencucian dengan berat kain cucian
  • Water Selector : Memilih masuknya aliran air ke tabung spin atau tabung wash
  • Hijab Mode : Khusus untuk pakaian atau kain berbahan lembut seperti jilbab
  • Dynamic Soak Function : Khusus merendam pakaian
  • User Friendly : Dioperasikan hanya dalam satu sentuhan
  • Air Intake technology : Mempercepat proses pengeringan dengan menarik udara dari luar
  • Low Water Pressure : Dapat beroperasi pada tekanan air yang rendah

Harga : Rp1,7jutaan

Spesifikasi Produk :

  • Kapasitas : 8 Kg
  • Kapasitas Air : 60 L
  • Berat Bersih : 19 Kg
  • Daya Cuci : 380 Watt
  • Daya Kering : 165 Watt
  • Dimensi : 760 x 445 x 898 mm
  • Bahan : Plastik

Panasonic NA-F72MB1WSG

Tipe mesin cuci front load dengan satu tabung dari Panasonic ini cocok untuk Anda yang ingin lebih praktis. Dalam satu mesin ini Anda dapat mencuci, membilas, dan mengeringkan kain tanpa harus memindahkannya ke tabung lain. Mesin cuci ini berkapasitas 7 kg dan memakai daya listrik sekitar 360 watt. Kisaran harga mesin cuci ini Rp3jutaan.

BEKO BTLA8008S

Beko mesin cuci dengan tipe top loading memuat kapasitas 8 kg. Dilengkapi dengan auto program beko yang dapat mendeteksi jenis pakaian yang akan dicuci sehingga bisa menentukan program sesuai.

Harga : Rp2,8jutaan

Spesifikasi Produk:

  • Kapasitas : 8 kg
  • Prosmart Motor
  • Program Pencucian : 6
  • Led Module Display
  • Kecepatan Putaran : 850 rpm
  • Pro Inrense
  • Rat Mest
  • Child Lock
  • Dimensi (LXPXT) : 52 X 55 X 91 Cm
  • Tegangan : 220V~
  • Frekuensi : 50Hz
  • Daya : 370 Watt

Samsung WA75H4200SG

Kali ini Samsung memproduksi mesin cuci top load satu tabung dengan desain yang modern dan stylish. Praktis tidak perlu memindahkan pakaian basah ke tabung pengering karena sudah otomatis dalam satu tabung. Mesin cuci ini memakan daya listrik sekitar 300 watt. Kisaran harganya Rp2.999.000 dengan kapasitas tabung 7.5 kg.

Kesimpulan

Pemakaian listrik pada mesin cuci memang lumayan menguras. Namun jika Anda melakukan beberapa tips pada ulasan di atas, maka dapat membantu menghemat penggunaan listrik lebih optimal. Jenis mesin cuci yang beragam memang memiliki kebutuhan daya listrik yang berbeda-beda tergantung kapasitas dan kelengkapan fiturnya. Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka akan semakin banyak memakan daya listrik. Namun, saat ini sudah banyak mesin cuci keluaran terbaru yang dilengkapi fitur smart inverter, meskipun fiturnya lengkap dan canggih, namun bisa menekan pemakaian listrik lebih hemat. Silahkan cek harga mesin cuci terbaik di situs hemat.id.

Sumber:
www.energy.gov
www.google.co.id/books/edition/Kiat_Hemat_Bayar_Listrik
www.listrikmu.com