10 Tips Merencanakan Ultah Anak Dengan Budget Minim

Merayakan ultah anak adalah satu cara untuk menyenangkan anak, selain menyenangkan orang tua juga berkesempatan untuk mengenal dekat teman-teman dan orang tua dari teman-teman anak. Banyak yang menganggap merayakan ultah adalah pemborosan, well jadilah manusia yang positif. Dengan memandang sesuatu dengan positif segala sesuatu akan bisa terlihat manfaatnya, ini cara saya meminimalisisr pengeluaran untuk merayakan ultah anak :

  1. Tetapkan budget

Mari kita tetapkan budget kita sebesar under Rp. 1.000.000

  1. Batasi tamu

teman sekolah dan teman rumah yang seumur. Misal ada 2-3 anak dalam satu rumah ambil anak yang umurnya mendekati umur anak kita, atau tanya anak kita siapa yang ingin di undang. Bukan bermaksud pilih-pilih tapi sebagai tuan rumah kita juga berhak mengatur siapa yang di undang siapa yang tidak di undang. Kecuali dalam serumah ada 2-3 keluarga baru undang 1 dari tiap-tiap keluarga. Keluarga yang sekota atau rumahnya dekat sebaiknya juga di undang

  1. Tetapkan lokasi

Buatlah acara di rumah, halaman atau gang depan rumah kita.

  1. Mengumpulkan perlengkapan ultah jauh-jauh hari dan stok lama

Beli lah pernak pernik ultah minimal 1-2 bulan sebelum acara, selain budget tidak membengkak kita pun ada waktu untuk mempersiapkan acara ultah anak. biasanya saya menyimpan sisa stok ultah anak tahun lalu agar bisa di pakai lagi. Beli kertas warna-warni yang belum dipotong karena harga nya lebih murah dibanding dengan harga kertas warna yang sudah dipotong. Ini sebagian contoh dekorasi yang saya ambil dari pinterest atau youtube.

  1. Hunting promo-promo snack murah (goodie bag)

Untuk snack ada baiknya membeli max 1 bulan karena resiko dimakan sama anak, atau resiko rusak. Lebihkan 5-10 untuk tamu yang tidak di duga. Namai goodie bag sesuai dengan undangan yang sudah dibuat, agar anak yang benar diundang dapat goodie bag. Nah untuk anak extra, bagikan goodie bag yang ada. Karena pasti tidak semua yang kita undang datang kan.

Festival Belanja Bulanan

Diskon Hingga 47%

  1. Membuat sendiri (kue, undangan, dan makanan)

Selain untuk mengasah kemampuan masak anda, anda juga bisa mengajak serta anak anda untuk membuat dekorasinya, buatlah dekorasi yang mudah jika anda tidak terlalu ahli dalam mendekorasi. Tapi jika anda ada keahlian keluarkan lah keahlian anda, mungkin saja pada saat acara ada ortu temen anak melihat dan malah memesan kue ke anda.

DIY ide dekorasi Ultah

Buat juga Makanan untuk di bawa pulang dan beli saja kue-kue untuk orang tua yang menemani. Buat nasi kuning atau tekwan kalau ada cari orang yang bisa membuatkan dengan biaya sesuai dengan budget kita.

desain suami saya

saya akan bagikan link untuk ide-ide dekorasi yang lain.

  1. MC tetangga atau keluarga sendiri

Pribadi saya kurang berminat dengan pesta yang menampilkan badut atau boneka-boneka besar, selain saya rada takut. syukur nya anak saya juga takut, jadi untuk MC saya akan mencari tetangga atau mengajak guru sekolah anak saya, biasanya mereka tidak mau di bayar dengan uang. paling di bawakan makanan dan goodie bag jika mereka punya anak. atau yang lebih afdol lagi nenek nya sendiri yang memimpin acara.

  1. Merayakan bersama kakak atau adik

Dengan merayakan ultah berbarengan, jadi kita tidak perlu merayakan 2 kali ultah dalam setahun

  1. Cari toko mainan yang jual barang grosiran

Untuk hadiah menang lomba. Batasi pemenang hanya 3 – 5 anak saja.

  1. Manfaatkan baju yang ada

Modif baju yang ada agar terlihat berbeda, jika punya saudara penjahit maka akan lebih hemat. tapi jika tidak ada serahkan ke ahli nya jangan karena mau menghemat budget anda memodif sendiri, jika anda tidak punya bakat saran saya jangan coba-coba bukannya jadi bagus malah akan jadi bencana.

itulah 10 tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman, pengamatan dan hasil searching di google, semoga artikel ini membantu orang tua yang sedang berencana untuk merayakan ultah anaknya. tidak ada orang manapun yang bisa melarang orang tua untuk menyenangkan anak nya, tapi ada baiknya senangkan anak sesuai dengan kemampuan kita jangan memaksa apalagi sampai berhutang.

budget diatas masih bisa di tekan lagi, gunakan kreatifitas dan ide-ide menarik anda dan suami agar bisa merayakan acara ultah anak anda dengan meriah dengan budget yang sangat minim.

silahkan bagi pengalaman anda saat merencanakan acara ultah anak anda, mungkin ada kejadian unik atau kejadian yang tidak di duga. jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini jika artikel ini membantu. terima kasih