AC Setengah PK atau AC Satu PK? Mana Yang Lebih Baik?

Kenapa banyak orang yang menggunakan AC di rumah? Jawaban yang umum saya temukan adalah demi kenyamanan saat cuaca di luar sedang panas. Dulu keistimewaan merasakan AC atau pendingin ruangan hanya dimiliki segelintir orang yang memiliki uang. Sekarang AC sudah menjadi barang elektronik yang banyak digunakan masyarakat layaknya memiliki kulkas.

Berikut beberapa kelebihan dalam penggunaan AC :

  1. Memberikan rasa nyaman
  2. Membuat bekerja lebih produktif (diperkantoran)
  3. Dapat mengurangi keberadaan parasit atau serangga
  4. Lebih sedikit berkeringat
  5. Mengurangi risiko alergi
  6. Mengurangi kebisingan dari luar
  7. Memberikan kualitas udara yang lebih baik, dengan pemasangan dan perawatan yang benar sehingga filter bekerja dengan baik
  8. Melindungi beberapa barang yang memerlukan kondisi suhu yang stabil, seperti komputer, tas dan sepatu kulit, dan lain-lain
Sumber : Freepik.com

Pengertian PK pada AC

Setelah memiliki alasan kuat untuk membeli AC, kebanyakan orang membeli tanpa memperhatikan AC berapa PK yang seharusnya dibeli. Terkadang mereka cenderung lebih memperhatikan harga tanpa mempermasalahkan PK. Tapi apa anda tahu sebenarnya PK itu apa sih?

Paard Kracht atau disingkat menjadi PK merupakan istilah yang berasal dari bahasa Belanda yang artinya tenaga kuda atau tenaga dari AC tersebut. Jadi singkatnya PK merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan sebuah pendingin ruangan untuk mendinginkan ruangan.

Rumus untuk menghitung PK yang dibutuhkan sesuai ukuran ruangan

Untuk mendapatkan perhitungan yang tepat, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini :

= Luas Ruangan Dalam m2 x 500

= Lebar x Panjang x 500

Dengan asumsi tinggi standar ruangan pada umumnya adalah sekitar 2.50 – 3 meter. Misal jika saya memiliki ruangan dengan ukuran panjang 5 m, lebar 6 m dan tinggi 2.5m, maka perhitungannya jadi seperti ini :

= 5 x 6 x 500

= 15.000 BTU

Jadi untuk ruangan dengan ukuran 5 x 6 m2 disarankan untuk menggunakan AC 2 PK, bisa saja menggunakan AC 1 PK tapi akan membebani kinerja kompresor dan konsumsi daya listrik jadi lebih boros.

Tabel kapasitas AC berdasarkan PK dan konsumsi dayanya

Tabel kapasitas AC berdasarkan PK dan konsumsi dayanya

Dari tabel di atas Anda sudah bisa mengetahui, misalnya ruangan dengan luas 4 x 4 m2 Anda disarankan menggunakan AC dengan satu PK dengan konsumsi daya listrik sebesar 840 watt. Tapi perlu Anda ingat setiap merek AC memiliki ketetapan yang berbeda-beda terhadap besaran konsumsi daya listrik dengan PK tertentu seperti yang tertera di tabel, sehingga harga AC dengan PK yang sama terkadang belum tentu memiliki data listrik dan harga yang sama.

AC tetap dingin walau PK tidak sesuai luas ruangan

Pada dasar nya AC dapat mendinginkan ruangan dengan luas berapa saja. Namun jika AC yang digunakan tidak sesuai luas ruangan, akan membutuhkan waktu yang lama saat mendinginkan, akan mengonsumsi daya listrik yang lebih besar dari seharusnya, dan yang paling merugikan adalah AC akan memerlukan perawatan yang lebih sering dibandingkan ruangan yang menggunakan AC dengan PK yang di anjurkan.

Baca juga : Hemat Tagihan Listrik Walaupun Dengan AC Di Rumah

Jadi memilih antara AC setengah PK atau AC satu PK itu tergantung dari ruangan yang Anda miliki sesuai dengan perhitungan rumus diatas. Anda tidak hanya terpaku dengan PK saja, mana yang lebih baik? Tentu saja harus yang sesuai dengan luas ruang dan memiliki fitur low energi.

Tips memilih AC sesuai kebutuhan

  1. Pilih AC sesuai dengan luas ruangan.
  2. Perhatikan kapasitas listrik di rumah, jangan sampai listrik di rumah menjadi mati karena kelebihan kapasitas listrik setiap menyalakan AC.
  3. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau fitur yang ditawarkan malah tidak bermanfaat untuk Anda.
  4. Pastikan Anda membaca buku petunjuk dan mengisi kartu garansi agar Anda bisa mengklaim garansi jika terjadi kerusakan.
  5. Pilihlah AC yang memiliki spare part yang mudah didapat agar saat AC Anda mengalami kerusakan Anda tidak perlu menunggu lama karena harus mencari spare part yang susah didapat.
  6. Cari AC dengan fitur low energi atau low watt.

Cek promo AC di hemat.id

Anda dapat menemukan referensi AC dengan berbagai merek dan harga promo di hemat.id dan untuk menjadi bahan perbandingan Anda bisa membuat daftar beberapa merek AC di supermarket atau hypermarket di daerah Anda dengan menggunakan aplikasi Kliptalog. Selamat berbelanja!