Hemat Tagihan Listrik Walaupun Dengan AC Di Rumah

Tagihan listrik adalah pengeluaran bulanan yang tidak terhindari, tapi kita bisa mengurangi jumlah tagihannya. Anda masih bisa menghemat tagihan listrik walaupun anda memasang beberapa AC di rumah, berikut caranya :

1. Memblokir sinar matahari

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
Sumber : wilko.com

Untuk mempercepat AC menjadi dingin lebih baik anda menutup jendela agar tidak ada sinar matahari yang masuk, karena kinerja AC akan menjadi lebih berat dan lebih banyak mengeluarkan daya karena panas yang berlebih yang berasal dari pantulan sinar matahari dari jendela.

 

2. Melakukan service berkala

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
Sumber : Safety Sign Indonesia

Bagian dari AC yang harus rutin dibersihkan adalah vent pada AC, karena vent merupakan tempat keluar masuknya udara yang pastinya akan lebih cepat kotor. Ventilasi yang kotor akan menyebabkan penyumbatan, penyumbatan pada AC bisa membuat kinerja AC meningkat dan tentu saja akan berakibat tagihan listrik juga lebih besar.

Untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dari AC lakukan perawatan berkala, lakukan service berkala pada AC anda paling tidak 1 bulan sekali. Selain memperpanjang umur AC anda juga mengurangi tagihan listrik dari AC anda.

 

3. Hanya menyalakan saat akan tidur

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
Sumber : Ac Calls

Untuk menghemat penggunaan listrik anda bisa menggunakan AC hanya di malam hari saja, untuk di siang hari anda bisa menyiasati udara panas dengan membuka jendela dan memasang kipas angin.

 

4. Manfaatkan timer

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
Sumber : Mitsubishi Electric Australia

Agar penggunaan AC tidak berlebihan, anda bisa mensetting AC anda untuk jam berapa AC menyala dan jam berapa AC mati.

Selain mensetting timer anda juga bisa menggunakan mode dry, mode auto dry berfungsi untuk mengurangi kelembaban udara sehingga ruangan jadi lebih cepat dingin. Karena mode dry menggunakan kompresor berkecepatan rendah maka mode dry ini lebih hemat listrik.

 

5.Memilih AC yang sesuai dengan ruangan

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah

Baca terlebih dahulu daftar berikut ini :

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Daftar di atas merupakan rekomendasi ukuran ruangan dan berapa PK yang sebaiknya di gunakan agar kinerja dari AC yang anda pilih sudah maksimal, bayangkan jika ruangan anda besar dan anda memilih AC yang PK nya kecil. Hal ini akan menyebabkan AC jadi bekerja lebih keras dan menyebabkan tagihan listrik jadi naik.

 

6. Penempatan yang tepat

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
SUmber : TUKANG.COM | Panggil Tukang Harian dan Borongan

Ruangan yang akan di pasang AC tentu saja haruslah ruangan yang tertutup, jika ruangan yang akan anda pasangi AC tidak tertutup dengan sempurna akan menyebabkan AC lebih banyak menyeluarkan dayanya karena ruangan tidak tertutup dengan sempurna.

Dan pastikan anda memasang AC posisinya jauh dari pintu, agar kompresor AC tidak terus menerus bekerja untuk menurunkan suhu sampai sama dengan suhu yang telah di setting di remote.

 

7. Memilih AC hemat energi

Hemat Tagihan Listrik Dengan AC Dirumah
Sumber : PanduanService.Com

Untuk yang ingin menghemat tagihan listrik anda bisa memilih AC yang memiliki daya listrik yang rendah, walaupun secara umum AC jenis ini memang lebih mahal dari AC standar tapi tagihan listrik lebih murah sampai 20-30% per bulannya.

Tapi jangan khawatir anda bisa mendapatkan AC low watt dengan harga promo terbaik dengan membuka hemat.id. Anda bisa membandingkan harga dan menghemat banyak waktu karena anda tidak perlu repot-repot kaluar masuk supermarket untuk mendapatkan harga AC termurah dan terhemat sesuai dengan budget yang anda miliki.

AC memang sangat membantu saat cuaca di luar sedang panas-panasnya tapi penataan rumah yang baik juga dapat membantu rumah menjadi lebih sejuk tanpa anda harus menyalakan AC terus-menerus, misalnya dengan membuat bukaan di bagian belakang rumah agar sirkulasi di rumah jadi lebih baik dan rumah menjadi lebih sejuk walau anda hanya menggunakan kipas angin. Anda juga bisa mematikan AC setelah ruangan dingin dan menyalakan kipas angin untuk menghemat listrik, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

  1. https://www.arjunaelektronik.com/panduan/panduan-membeli-ac/ac-standard-low-watt-inverter/
  2. http://www.cerpen.co.id/post_144654.html