Dana Pendidikan Terbaik Untuk Anak Anda

Semua orang tua pasti tentunya menginginkan yang terbaik untuk anak. Apalagi dalam hal pendidikan, rata-rata orang tua yang saya temui mempunyai angan-angan untuk membekali pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Hal ini memang sangatlah baik karena pendidikan memang merupakan suatu hal penting yang dapat menjadi bekal berharga untuk anak kita.  Dengan memberikan pendidikan yang tepat dan baik kepada anak, kita mempersiapkan mereka untuk dapat berhasil di dalam kehidupan mereka nanti.

Sayangnya, seringkali terdapat kendala yang dialami oleh para orang tua dikarenakan oleh keterbatasan dana yang dialami oleh keluarga. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah penggunaan dana yang kurang tepat sehingga menyebabkan dana pendidikan tidak mendapatkan alokasi yang seharusnya. Oleh karena itu, adalah penting bagi orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini sehingga impian untuk menyekolahkan anak di tempat yang terbaik pun dapat tercapai.

Alternatif Dana Pendidikan Anak

Children-Education.jpg
Sumber: Hennelly Finance

Dalam menyiapkan dana pendidikan, adalah beberapa alternatif pilihan yang dapat orang tua pilih untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Beberapa di antaranya yaitu;

1. Tabungan pendidikan

Tabungan-Pendidikan.jpg
Sumber: mag.co.id

Tabungan pendidikan menyerupai tabungan berjangka yang ada di bank dimana kita harus menyetor uang secara reguler ke bank sampai akhir waktu yang disepakati. Biasanya jangka waktu dari tabungan ini adalah untuk jangka panjang (lebih dari 1 tahun).

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin menaruh dana dalam tabungan pendidikan yaitu:

  1. Tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh bank
  2. Besaran biaya administrasi tahunan
  3. Besaran penalti apabila dana ditarik sebelum waktu yang ditentukan

Beberapa pilihan tabungan pendidikan saat ini yaitu:

  1. BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan (BNI Tapenas)
  2. Tahapan Berjangka BCA
  3. Britama Rencana
  4. Tabungan Rencana Bank Mandiri
  5. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

2. Asuransi pendidikan

asuransi-pendidikan.jpg
Sumber: Lentera Keluarga

Beda halnya dengan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan bertujuan sebagai persediaan dana untuk biaya pendidikan anak sekaligus asuransi jiwa berjangka bagi anak. Dana asuransi pendidikan hanya akan cair apabila memenuhi kriteria asuransi misalnya ketika anak sudah hendak masuk kuliah dan sebagainya.

Beberapa pilihan asuransi pendidikan yang dapat dipertimbangkan yaitu,

  1. Asuransi pendidikan Manulife – Manulife Education Protector
  2. Asuransi pendidikan BCA – Proteksi Edukasi Maksima (Eduplan)
  3. Asuransi pendidikan BRI
  4. Mandiri Sejahtera Cerdas
  5. BNI – Solusi Pintar
  6. Asuransi pendidikan Prudential – PRUlink Edu Protection

3. Reksadana

MUTUAL-FUND.jpg
Sumber: Telangana Today

Reksadana merupakan wadah serta pola pengelolaan dana ataupun modal bagi sekumpulan investor. Reksadana menjadi salah satu alternatif investasi yang sudah dikenal luas saat ini. Dengan cara membeli unit penyertaan reksadana dalam instrumen investasi yang tersedia di Pasar.

Adapun reksadana sendiri terdiri menjadi beberapa tipe yaitu:
1. Reksadana pasar modal
2. Reksadana pendapatan tetap/obligasi
3. Reksadana pasar uang
4. Reksadana campuran

Perlu diketahui bahwa walaupun reksadana pasar modal dapat memberikan imbal hasil yang tinggi dari jenis reksadana lainnya, namun hal ini juga disertai dengan risiko terdapat penurunan nilai karena nilai reksadana ini didasarkan pada gabungan saham yang diinvestasikan oleh perusahaan manajemen investasi. Sedangkan untuk reksadana pasar uang sifatnya lebih aman karena dana dialokasikan kepada instrumen pasar uang yang memberikan imbal hasil kurang lebih setara deposito.

Saya pribadi memilih reksadana pasar uang untuk persiapan dana pendidikan anak-anak saya karena tingkat pengembaliannya yang cukup menarik, risiko yang relatif rendah dan sifatnya yang fleksibel sehingga dapat dicairkan kapan pun kebutuhan itu muncul. Memang dalam berinvestasi reksadana diperlukan kedisiplinan karena kita sendiri yang secara proaktif mentransfer investasi yang akan dimasukkan setiap bulannya. Selain itu terdapat juga godaan untuk mencairkan reksadana apabila terdapat kebutuhan di luar dana pendidikan yang mendesak. Namun hal ini kembali lagi kepada kedisiplinan kita masing-masing untuk memanfaatkan dana yang ada sesuai tujuan awalnya.

Melihat beberapa alternatif dana pendidikan anak di atas, orangtua dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget finansial masing-masing. Kalau menurut Anda, instrumen apa yang paling baik digunakan untuk mempersiapkan pendidikan anak? Silahkan tuliskan pendapat Anda di kolom komentar di bawah.

 

Referensi: