Ini Daftar Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan sakit pada area persendian. Jika tubuh menghasilkan asam urat berlebih, maka tubuh akan menumpuk asam urat dalam darah hingga membentuk kristal pada sendi, ginjal, ataupun saluran kemih. Kondisi tersebut dikenal dengan penyakit asam urat.

Kelebihan kadar asam urat tersebut dapat dipicu oleh jenis makanan tertentu. Salah satunya adalah makanan tinggi purin. Makanan tinggi purin merupakan makanan penghasil asam urat yang bersumber dari hewan maupun tumbuhan. Penderita asam urat wajib membatasi konsumsi makanan tinggi purin. Apa saja makanan yang perlu dihindari untuk menjaga serta mengurangi kadar asam urat dalam darah? Simak daftar makanan pantangan asam urat berikut ini:

1. Jeroan.

pantangan-asam1.jpg
Sumber gambar: deherba.com

Jeroan seperti otak, hati dan organ internal hewan lainnya mengandung senyawa purin yang tinggi. Konsumsi jeroan dengan berlebihan dapat meningkatkan zat purin dalam tubuh sehingga menghasilkan kadar asam urat yang berlebih. Selain memicu penyakit asam urat, mengonsumsi hati ayam secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Makanan laut.

pantangan-asam2.jpg
Sumber gambar: unsplash.com

Makanan laut memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Sayangnya, makanan laut juga mengandung purin yang tinggi, sehingga penderita asam urat wajib membatasi konsumsi makanan laut. Ikan teri, makarel, sarden, dan kerang merupakan contoh makanan laut yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

3. Minuman beralkohol.

pantangan-asam3.jpg
Sumber gambar: unsplash.com

Bir merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang tidak boleh dikonsumsi demi menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, bir dapat memicu dehidrasi sehingga meningkatkan rasa nyeri bagi penderita asam urat. Minuman beralkohol lainnya yang mengandung purin adalah wine.

4. Daging.

pantangan-asam5.jpg
Sumber gambar: unsplash.com

Kandungan purin dalam daging tidak terlalu tinggi, namun tetap perlu dibatasi konsumsinya. Daging sapi, daging babi, daging unggas dan semacamnya masih dapat dikonsumsi dalam jumlah wajar yaitu 170 gram setiap harinya tanpa lemak.

5. Gula.

pantangan-asam4.jpg
Sumber gambar: unsplash.com

Sama seperti daging, kandungan purin dalam gula tidak terlalu tinggi. Namun penderita asam urat tetap perlu membatasi konsumsi gula. Kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan obesitas serta diabetes, sehingga dapat memperburuk penyakit asam urat. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, disarankan untuk konsumsi buah-buahan segar.

Dengan membatasi atau menghindari jenis makanan di atas, Anda dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Akan lebih baik jika Anda imbangi dengan berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan serta menjaga produksi asam urat tetap stabil. Anda juga perlu memperbanyak konsumsi air putih agar asam urat dapat dibuang melalui saluran urine dengan lebih mudah.

Referensi:
//www.alodokter.com/rematik-asam-urat
//www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat
//www.alodokter.com/makanan-tinggi-purin-yang-perlu-dihindari-oleh-penderita-asam-urat