Panduan Karina Mobile Legends 2024 untuk Pemula

Jika Sahabat Hemat menyukai hero yang bisa menghabisi musuh dengan cepat, Karina adalah pilihan yang tepat. Karina sebenarnya bukan merupakan hero Mage, meskipun Karina memberikan magic damage. Peran utama Karina adalah seorang Assassin. Karina berbeda dengan Mage yang memberikan damage dalam jarak jauh, karena ia memberikan damage dalam jarak dekat.

Karina adalah hero berdarah rendah. Karina membutuhkan speed dan timing yang tepat untuk menghabisi musuh. Speed dan timing dalam nge-spam ulti Karina sangat penting. Contohnya: ada tiga musuh yang sekarat, gunakan timing yang tepat untuk menghabisi mereka satu per satu sebelum mereka melarikan diri.

Cara menggunakan skills Karina

Kombinasi dari skills Karina dapat membuat Karina menjadi salah satu Assassin yang sangat mematikan dalam Mobile Legends. Dengan menggunakan skills secara cerdas dan tepat, Karina dapat menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya di medan pertempuran.

Dance of Blades

Dance of BladesDance of Blades merupakan skill pertama Karina. Seperti namanya, Karina akan menari dengan pedangnya. Dance of Blades merupakan skill Karina yang mempunyai movement speed yang tinggi.

Gunakan Dance of Blades untuk melarikan diri dari musuh saat sekarat atau skill ini juga dapat digunakan untuk melakukan damage terhadap musuh. 

Dance of Death

Dance of Death

Seperti namanya, Dance of Death merupakan skill Karina untuk melakukan damage dan membunuh musuh. Dance of Death adalah saat Karina menggunakan pedangnya untuk melawan musuh dengan memutarkan pedangnya.

Dance of Death direkomendasikan untuk dipakai saat musuh sekarat atau hampir mati. Dance of Death pada dasarnya lebih kuat daripada skill Dance of Blades. Walaupun begitu, Dance of Death tidak mempunyai movement speed yang tinggi.

Shadow Assault

Shadow Assault

Shadow Assault merupakan “ulti” atau ultimate Karina. Ultimate setiap hero di Mobile Legends berarti kekuatan/skill terkuat. Dengan Shadow Assault, Karina melompat ke musuh sambil membawa pedang.

Skill ini sangat efektif untuk membunuh musuh yang hampir mati. Shadow Assault juga sangat efektif dalam meng-counter para Marksman dan Mage.

Shadow Combo

Shadow Combo

Shadow Combo adalah passive skill Karina. Shadow Combo ini sangat penting jika Sahabat Hemat ingin menghabisi musuh dengan speed dan timing yang tepat.

Jika Karina menyerang musuh yang sama tiga kali, serangannya akan memberikan damage tambahan. Selain itu, cooldown skill satu dan skill dua Karina akan dikurangi sebanyak 1,5 detik.

Combo skill Karina tersakit

Sebenarnya menggunakan Karina cukup gampang, namun Anda perlu memaksimalkan movement speed untuk memenangkan war, dan juga kecepatan dalam menggunakan skill.

  1. Langkah pertama, pakailah skill ketiga atau ulti Karina yaitu Shadow Assault.
  2. Langkah kedua, pakailah skill kedua (Dance of Death).
  3. Lalu diikuti dengan skill pertama (Dance of Blades). Setelah itu, musuh akan mati di tempat hahaha

Emblem terbaik untuk Karina

Jika Sahabat Hemat ingin meningkatkan magic damage dari Karina, pilihlah Mage Emblem karena emblem ini dapat meningkatkan Magic Power, Magical Penetration dan Cooldown Reduction. Tapi jika ingin menambahkan movement speed dan damage, pilihlah Assassin Emblem.

Custom Assassin Emblems Karina
Custom Assassin Emblems Karina

Sahabat Hemat dapat menggunakan Custom Assassin Emblem dan Custom Mage Emblem. Untuk Emblem Talent, gunakan Standard Talent: Rupture dan Seasoned Hunter, lalu gunakan Core Talent: Impure Rage. Tiga Emblem Talent ini dapat meningkatkan damage skill. Mereka juga dapat mempercepat jungle Karina. Selain itu, mereka dapat meningkatkan Magic Penetration Karina.

Rupture digunakan untuk menambahkan 5 Adaptive Penetration. Karina menggunakan magic damage, jadi Adaptive Penetration akan menambahkan Magic Penetration Karina untuk melawan musuh yang mempunyai pertahanan tinggi terhadap Mage. Sedangkan, Seasoned Hunter itu cocok untuk jungling. Lalu, Impure Rage dapat meningkatkan damage dari Karina. Selain Impure Rage, Lethal Ignition juga dapat digunakan untuk meningkatkan damage beberapa kali. 

Build Karina tersakit

Build tersakit Karina
Build tersakit Karina

Setiap hero memiliki peran yang berbeda dalam tim, dan build yang dipilih harus mendukung peran tersebut. Misalnya, sebagai seorang Assasin, Karina perlu memilih build yang meningkatkan damage dan mobilitasnya untuk menjadi lebih efektif dalam membunuh musuh. Berikut adalah beberapa build yang dapat membuat Karina menjadi lebih kuat dan mematikan di medan pertempuran Mobile Legends:

Icon build Item build Kegunaan
Ice Hunter Arcane Boots Ice Hunter’s Arcane Boots Memberikan +10 Magic Penetration dan +40 Movement Speed. Item wajib di awal supaya pergerakan Karina lebih cepat.
Starlium Scythe Starlium Scythe Mengurangi cooldown skill sebanyak 10%, meningkatkan +6 Mana Regen dari Karina dan memberikan +70 Magic Power.
Holy Crystal Holy Crystal

Memberikan +100 Magic Power. Semakin banyak Magic Power yang Karina miliki, semakin besar damage yang akan dihasilkan.

Blood Wings Blood Wings

Memberikan +175 Magic Power dan +500 HP. Blood Wings meningkatkan damage sekaligus meningkatkan daya tahan Karina.

Concentrated Energy Concentrated Energy

Memberikan +70 Magic Power dan +700 HP. Concentrated Energy sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan Karina di medan pertempuran.

Divine Glaive Divine Glaive

Memberikan +60 Magic Power dan +40% Magic Penetration. Divine Glaive sangat berguna untuk meningkatkan damage dari Karina, terutama melawan musuh yang memiliki tingkat pertahanan magic yang tinggi.

Winter Truncheon Winter Truncheon

Memberikan +60 Magic Power, +25 Physical Defense dan +400 HP. Fitur “Frozen” pada Winter Truncheon dapat menyelamatkan Karina saat hampir mati, memberi perlindungan sementara untuk melarikan diri atau meminta bantuan.

Cara menggunakan Karina dengan maksimal

Victory dengan menggunakan Karina
Victory dengan menggunakan Karina

Karina sebenarnya adalah salah satu hero yang gampang dipakai jika player tahu urutan skill yang tepat.

1. Targetkan pada musuh yang hampir mati

Jika mereka hampir mati, silakan langsung dibunuh. Langkah pertama, pakailah skill ketiga (Shadow Assault). Langkah kedua, pakailah skill kedua (Dance of Death), lalu diikuti dengan skill pertama (Dance of Blades). Dengan begitu, musuh langsung mati di tempat.

2. Ambil buff biru dan buff merah

Buff biru dan buff merah sangat penting untuk Karina. Karina membutuhkan buff biru supaya dapat mengurangi penggunaan mana sebesar 60% dan mengurangi cooldown sebesar 10%. Buff biru juga dapat mengurangi penggunaan energy sebesar 25% dan mengeliminasi musuh dapat memberikan HP sebesar 3-12% dari HP maksimal. Buff merah dapat memberikan 5% adaptive penetration. Selain itu, buff merah dapat memberikan 50 damage tambahan dan memperlambat pergerakan musuh sebesar 20%. 

3. Menyerang bersama

Karina sangat lemah dengan hero bertipe crowd control. Karina juga sangat lemah dengan hero bertipe burst damage. Karina harus ditemani oleh hero Tank atau Support untuk mendampinginya. Jika Sahabat Hemat ingin menghabisi musuh-musuh seperti Lancelot, Dyrroth, Zilong, Alucard, Uranus, Hilda, Balmond dan Bane, sebaiknya keroyokan.

4. Counter Mage dan Marksman

Odette Nana Layla Miya

Karina bisa membantai musuh-musuh yang terlihat lemah ya Sahabat Hemat. Khususnya untuk hero dengan mobilitas rendah seperti Marksman ataupun hero dengan daya tahan rendah seperti Mage, sehingga rentan terhadap serangan cepat dari Karina. Skill Karina yang bernama Dance of Blades dapat memperkuat damage basic attack miliknya. Sehingga membuat para hero yang menggunakan basic attack menjadi lemah. Mage seperti Odette dan Nana adalah contoh musuh-musuh lemah. Marksman seperti Lesley, Miya, Layla dan Hanabi juga merupakan musuh lemah.

5. Hero terbaik dalam tim Karina

Diggie Cyclops Johnson

Hero-hero terbaik dalam tim Karina adalah Diggie, Cyclops dan Johnson. Diggie dapat menggunakan ultinya untuk membantu Karina dalam keadaan darurat. Ulti Cyclops membantu untuk nge-trap musuh dan Karina dapat menghabisinya. Ulti Johnson yaitu berubah menjadi mobil dan nge-stun saat menabrak musuh, dapat membantu Karina untuk menghabisi musuh.

6. Hati-hati dengan hero yang dapat meng-counter Karina

Lylia Eudora Lunox Akai

Lylia, Eudora dan Lunox dapat meng-counter Karina. Mereka semua termasuk hero Mage tetapi lucunya mereka dapat meng-counter Karina, sang Assassin. Lylia dapat menggunakan combo Magic Shockwave dan Shadow Energy untuk membantai Karina. Eudora dapat menggunakan combo skill 2 (Stun) + 3 (Lightning Bolt ulti) + 1 (Magic Damage). Lunox dapat meng-counter Karina dengan menggunakan skill Chaos Assault dan Starlight Pulse. Selain itu, Akai adalah salah satu hero Tank yang dengan ultimate skill dari Akai dapat menghentikan serangan Karina.

Cara mendapatkan savage dengan Karina

Jika tim musuh hampir mati dan mereka semua lagi keroyokan, Sahabat Hemat dapat nge-spam ultimate skill Karina untuk mendapatkan auto savage. Dengan nge-spam ultimate skill Karina, Karina dapat menghabisi musuh satu per satu dengan sangat cepat jika tangan Sahabat Hemat cepat. Jika ada musuh yang melarikan diri, gunakan battle spell “flicker”. Jika ada musuh yang recall, segera mengganggu recall mereka dan kill mereka. Setelah mendapatkan Savage, biasanya akan memperoleh comment Good Game kepada tim musuh.