Perbandingan Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Kelas Ekonomis Terbaik

Sumber nutrisi terbaik bagi bayi adalah ASI eksklusif yang diberikan dari bayi lahir hingga umur enam bulan. Pemberian ASI dilanjutkan hingga umur 2 tahun dengan didampingi makanan pendamping yang teksturnya disesuaikan seiring dengan bertambahnya umur bayi. Namun kadang ada kondisi tertentu terutama dari segi medis seperti berat badan bayi rendah atau bayi terkena masalah kesehatan yang membuat berat badannya sulit naik. Setelah mendiagnosa dan menemukan masalahnya apa, dokter biasanya akan meresepkan susu formula untuk mengejar berat badan minimal sesuai umur si bayi untuk mencegah stunting. Masalah seperti ini kadang bukan karena produksi ASI yang bermasalah tapi memang ada masalah kesehatan pada bayi. Saya melihat langsung proses ini dari teman saya yang anaknya terkena stunting karena mengidap TBC sehingga akhirnya dibantu dengan susu formula untuk mengejar pertumbuhannya padahal ASI ibunya berlimpah. Atau cerita lain dari teman saya yang akhirnya memberikan ASI tandem dengan susu formula karena masalah puting yang tenggelam sehingga bayi kesulitan saat proses menyusu. Susu formula diberikan karena memang konsumsi bayi banyak dan produksi ASI ibunya kurang mencukupi karena tidak distimulasi isapan bayi. Sudah pasti proses pemberian susu formula ini sudah melalui evaluasi tenaga medis yang ahli di bidangnya.

Baca juga : Perbandingan Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Kelas Premium Terbaik

Beberapa manfaat susu untuk kesehatan bayi

Pada artikel ini akan dibahas beberapa brand susu formula untuk bayi yang baru lahir, usia 0-6 bulan. Penulis mengumpulkan datanya dari pengalaman pribadi dan juga teman-teman penulis yang pernah memakai dan mengeksplorasi kandungan-kandungannya, namun jangan dijadikan sebagai referensi utama. Artikel ini tidak mengiklankan produk tertentu dan urutan nomor bukan menunjukkan peringkat. Untuk referensi yang lebih kompeten, kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak, agar dapat disesuaikan dengan kondisi bayi.

1. Mengandung zat yang bisa merangsang perkembangan otak

Susu formula yang di desain untuk bayi biasanya memiliki kandungan seperti DHA, EPA, serta kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak. Zat-zat ini bisa membantu jaringan dan sel otak untuk sambung menyambung membentuk sinaps-sinaps yang mampu meningkatkan kecerdasan anak.

2. Dilengkapi vitamin yang sesuai dengan kebutuhan

Susu pastinya di lengkapi kebutuhan vitamin yang sesuai untuk bayi, hal ini akan membuat bayi tumbuh dengan banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Maka ia akan di penuhi dengan gizi yang sehat dan seimbang.

3. Merangsang perkembangan mata bayi

Dalam susu formula di lengkapi pula dengan AHA, yakni kandungan yang mampu merangsang perkembangan syaraf mata.

4. Membuat pencernaan bayi semakin baik

Ternyata dalam susu formula terdapat kandungan FOS dan GOS. Kedua kandungan ini sangat berfungsi baik dalam membantu menyehatkan pencernaan bayi. Tapi setiap bayi mempunyai reaksi yang berbeda-beda ada bayi yang cocok susu merk “A” dengan harga yang lumayan mahal tapi ada anak yang tidak cocok atau malah diare setelah minum susu merk “A” saat susu di tukar dengan merk lain yang lebih murah anak malah tidak mengalami reaksi negatif dari susu.

5. Menjaga kesehatan kuku

Kesehatan kuku anak juga bisa di jaga dengan pemenuhan gizinya. Salah satunya dengan menjaga keterkaitan nutrisi antara omega 3 dan omega 6 yang sesuai. Anak yang sehat akan ditandai dengan keadaan kuku yang sehat pula. Seperti warna kuku yang putih bersih dan ada sedikit bagian kecil yang berwarna merah segar darah. Jika kukunya berwarna putih pucat, maka kemungkinan besar anak tersebut juga dalam kondisi tidak sehat pula.

6. Kualitas protein yang banyak

Susu formula memiliki kualitas protein yang banyak, bahkan lebih banyak daripada ASI. Dengan memiliki kelebihan protein ini memungkinkan adanya perubahan dalam sistem metabolisme tubuh bayi. Semakin banyak protein yang ada di dalam tubuh akan membantu memperbaiki sel yang rusak dan menggantinya dengan sel sel yang baru. Bukan hanya itu, namun dengan keadaan protein yang baik juga berimbas pada kualitas sel yang baik pula.

Review berbagai merek susu bayi harga ekonomis

Begitu banyak manfaat susu untuk bayi usia 0-6 bulan tetap ASI adalah susu terbaik untuk bayi. Siapapun tidak bisa menyangkalnya, kecuali ada kendala tertentu bagi seorang ibu yang tidak bisa memberikan ASI ke bayinya, baik dengan alasan medis maupun non medis. Tetapi susu formula adalah solusi pengganti ASI yang terbaik, karena banyaknya bermacam-macam merek  susu yang khusus untuk bayi usia 0-6 bulan, malah membuat ibu menjadi bingung untuk memilih susu mana yang terbaik yang akan diberikan ke bayinya. Tidak usah khawatir bu, karena hemat.id akan memberikan review masing-masing produk susu dari segi harga yang ekonomis, kekurangan dan kelebihannya dibanding satu merek susu dengan satu merek susu yang lain serta variasi ukuran yang ada, kami akan memulai review dari mulai susu terekonomis :

Vidoran My Baby Milk

lazada.co.id

Vidoran Xsmart merupakan produk yang diproduksi oleh Tempo Scan, dimana Tempo Scan sudah berpengalaman selama 44 tahun dalam memproduksi berbagai macam produk farmasi dan suplemen kesehatan yang bermutu. Tempo Scan telah menerapkan sistem produksi dan pengawasan mutu yang memenuhi standar CPOB “Cara Pembuatan Obat yang Baik”. Vidoran Xmart 1 adalah susu formula yang dibuat khusus untuk bayi berusia 0-6 bulan.

“Vidoran merupakan susu terbaik bagi anakku…” istilahnya susu murah tapi tidak murahan. Tidak kalah dengan susu-susu mahal (Import). Sejak baru lahir sampai sekarang (17 bulan dengan bb 13 kg) anakku sudah terbiasa dengan Vidoran. Karena sehat banyak orang menyangka susu anakku susu mahal. Mereka tidak percaya. Setelah kubuktikan akhirnya mereka (tetangga dan teman-teman) percaya. Dan mereka beralih ke Vidoran. Prinsip mereka buat apa beli yang mahal kalau kualitasnya tak sebagus Vidoran ###terimakasihvidoran-Iendah Queens”

Salah satu review ibu yang memberikan anaknya susu Vidoran My Baby, berikut manfaat dari susu Vidoran My Baby :

  • Memberikan nutrisi sempurna untuk bayi yang berusia 0-6 bulan.
  • Menunjang tumbuh kembang bayi dengan baik.
  • Ekstra kandungan kalsium untuk pertumbuhan tulang si kecil.

Kandungan Vidoran My Baby :

  • Mengandung 8 Mineral dan 12 Vitamin.
  • Mengandung Minyak Hati Ikan Cod (yang mengandung Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A & D dimana berguna untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan)
  • Mengandung Kolin, Taurin, L-Carnitine.
  • Mengandung FOS-Inulin (sebagai serat pangan larut yang berguna untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna sehingga daya tahan bisa terjaga dengan baik).
  • Mengandung AA & DHA.

Kandungan yang lengkap tidak membuat harga susu ini tinggi, malah susu Vidoran My Baby susu terekonomis di kelasnya di banding rival-rivalnya yang memiliki kandungan yang sama.

Vidoran My Baby hanya mengeluarkan satu variasi ukuran, mungkin hal ini tidak terlalu berpengaruh banyak tapi ini bisa jadi kekurangan karena jika orang tua sudah merasa bayinya cocok dengan susu ini maka untuk stok selama sebulan, mereka harus membeli dalam jumlah banyak.

Kelebihan Vidoran My Baby :

  • Harga terekonomis di kelasnya.
  • Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap susu ini bisa di bilang susu yang terbaik dengan harga ekonomis di kelasnya.
  • Mudah di temukan, seperti di Hypermarket, Supermarket, Minimarket, Toko susu dan Apotek.

Kekurangan Vidoran My Baby :

  • Hanya punya satu variasi ukuran, yaitu ukuran 375 gr.

SGM Ananda

sumber : lazada.co.id

Promo SGM Ananda hari ini 29 Apr 2024

SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  1000 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  150 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  400 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  600 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  1000 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  150 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  600 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  400 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  150 gr

Sampai 05 May 2024

Shopee
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan  1000 gr

Sampai 05 May 2024

Blibli

SGM Ananda Susu Bayi tahap 1 adalah susu formula bayi untuk usia 0-6 bulan, mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Prebiotik FOS Inulin, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna. Kolin, berperan sebagai pembentuk fosfatidilkolin, bagian terpenting dari membran sel.

Dibanding rival-rival nya SGM Ananda memiliki kelebihan dalam hal harga yang ekonomis dan juga pilihan banyak pilihan ukuran, mulai dari ukuran 120 gr terkecil sampai ukuran 1000 gr terbesar. Hal ini sangat membantu bagi orang tua yang mau mengetahui apakah susu SGM Ananda ini cocok atau tidak dengan bayinya, dan sangat membantu juga untuk orang tua yang berencana mengganti susu formula bayinya.

Sudah menjadi rahasia umum terkadang produk buatan lokal tidak menjadi pusat perhatian para orang tua, apalagi dalam hal susu mungkin karena kurangnya sosialisasi dan kurangnya promosi dari Dokter Spesialis Anak atau Bidan yang merekomendasikan susu produk lokal. Kebanyakan dari orang tua beranggapan susu dari luarlah yang mempunyai kandungan terbaik walaupun mahal padahal susu produk lokal sudah di sesuaikan dengan kondisi bayi Indonesia dan kandungannya pun tak kalah dengan susu produk luar.

Kelebihan SGM Ananda :

  • Harga ekonomis setara susu formula Vidoran My Baby
  • Banyak variasi ukuran dibanding rival-rival nya, yaitu : 120 gr, 150 gr, 400 gr, 600 gr dan 1000gr
  • Karena ada ukuran terkecil cocok untuk tester ke bayi
  • Dapat di Beli di Hypermarket, Supermarket, Minimarket, Toko susu dan Apotek.

Kekurangan SGM Ananda :

  • Banyak orang tua yang meremehkan atau pesimis karena susu ini adalah susu produksi lokal.

Frisian Baby Awal

Frisian Baby Awal
sumber : lazada.co.id

Promo Frisian Baby hari ini 29 Apr 2024

Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan Susu Formula Bayi Plain 750 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan Susu Formula Bayi Plain 750 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan Susu Formula Bayi Plain 750 gr

Sampai 04 May 2024

Blibli

Frisian Flag adalah merk susu yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama kurang lebih 88 tahun. Maka tidak heran jika susu yang sering dijuluki susu bendera ini sudah identik dengan susu dan pertumbuhan dari generasi ke generasi. Frisian Flag berkomitmen senantiasa menghasilkan produk-produk susu bergizi dan terjangkau oleh semua masyarakat.

Frisian Baby Awal adalah susu formula yang dibuat khusus untuk bayi yang baru lahir dari umur 0 sampai 6 bulan. Untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan pada bayi, maka susu dari Frisian Flag ini merupakan pilihan yang tepat. Di dalam susu ini terkandung DHA dan AA, Prebiotik, Laktulosa,berbagai kandungan yang bermanfaat lainnya. Vitamin dan mineral juga berguna untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Kementerian Kesehatan bersama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan Institut Pertanian Bogor (IPB) pernah melakukan penelitian bakteri E.sakazakii pada susu Frisian baby dan hasilnya susu frisian baby termasuk susu yang tidak tercemar bakteri E.sakazakii. sumber : http://batam.tribunnews.com

Kelebihan Frisian Baby Awal :

  • Hasil penelitian Badan Pengawasan dan Makanan dan Institusi Pertanian Bogor menyatakan bahwa susu Frisian Baby termasuk salah satu yang bebas dari bakteri E.sakazakii.

Kekurangan Frisian Baby Awal :

  • Variasi ukuran ada 400gr dan 800 gr, jadi jika sudah dibeli dan ternyata bayi menolak minum akan mubazir.

Lactogen 1

Lactogen 1
sumber : lazada.co.id

Promo Lactogen 1 hari ini 29 Apr 2024

Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 05 May 2024

Indomaret
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 05 May 2024

Alfamart
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 05 May 2024

Tokopedia
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan  350 gr

Sampai 05 May 2024

Blibli

Lactogen 1 mengandung probiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) yang membantu menjaga fungsi saluran cerna. Selain itu, Lactogen 1 Gold Susu Bayi juga mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, protein, 12 vitamin dan 11 mineral.

Dilengkapi nutrisi LA dan ALA yang merupakan sumber asam lemak essensial, Lactogen 1 Gold susu bayi siap membantu pembentukkan DHA untuk perkembangan otak si kecil. Kandungan zat besi di dalamnya juga dapat membantu mencegah anemia defisiensi zat besi.

Sama dengan susu SGM Ananda susu Lactogen 1 juga mempunyai banyak variasi ukuran yang  mempermudah untuk orang tua untuk tester ke bayi nya atau yang berencana mengganti susu bayinya.

Kelebihan Lactogen 1 :

  • Mempunyai variasi ukuran yang banyak : 135gr, 180gr , 350gr , 750gr.
  • Mudah di temukan di Hypermart, Supermarket, Minimarket, Toko susu dan Apotek.

Kesimpulan

Satu merk susu pada bayi ke bayi yang lain berbeda-beda ya bu, jadi tidak berpatokan dari harganya. Tapi jika bayi cocok minum susu dengan harga ekonomis kenapa harus memilih susu dengan harga premium.
Dari segi kandungan semua susu yang saya review ini semua hampir mempunyai kandungan yang sama, karena pada dasarnya susu ini di gunakan ibu-ibu yang mempunyai kendala dalam memberikan ASI jadi kandungan susu minimal menyamai kandungan dalam ASI.
Perbandingan harga Susu Formula Bayi 0-6 Bulan Kelas Ekonomis Terbaik per 100 gr hari ini 29 Apr 2024
Produk Varian Harga terendah Rata-rata harga per 100 gr
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan 1000 gr Rp88.300 Rp9.200
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan 600 gr Rp47.000
Rp7.800 / 100 gr
Rp9.400
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan 150 gr Rp14.800 Rp10.375
SGM Ananda 1 Formula Bayi 0-6 Bulan 400 gr Rp43.400 Rp11.233
Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan Susu Formula Bayi Plain 750 gr Rp92.900 Rp13.033
Lactogen 1 Susu Formula Bayi 0-6 Bulan 350 gr Rp65.300 Rp19.025
Kendala yang saya hadapi dalam menulis artikel ini adalah minimnya review dan adanya pelarangan promosi khusus untuk susu formula untuk usia 0-6 bln dikarenakan ibu-ibu yang ada di forum dan grup yang pernah saya datangi mengatakan alasan mereka jarang mereview tentang susu formula 0-6 bulan adalah adanya penggalakan ASI Eksklusif.
Jadi jika ada banyak kekurangan di artikel ini saya mohon bantuannya kepada yang membaca jika ada yang perlu di tambahan atau perlu di koreksi dipersilahkan untuk memberikan komentarnya di kolom komentar.
Semoga bermanfaat…..