Perbandingan Susu S-26 dan Nutrilon

Nutrisi anak perlu dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, namun tak cukup hanya dengan makanan sehat saja. Susu pertumbuhan dapat menjadi solusi untuk memastikan pemenuhan nutrisi sang anak terjaga dengan baik. Selain susu UHT telah beredar susu pertumbuhan yang bisa memenuhi nutrisi dan kalsium anak. Ada dua merek susu pertumbuhan yang bisa menjadi pilihan yaitu S-26 dan Nutrilon. Melalui artikel ini Sahabat Hemat juga akan mendapat ulasan lengkap mulai dari perbandingan varian, harga, nutrisi unggulan, komposisi hingga kelebihan dan kelemahan S-26 dan Nutrilon.

Sekilas tentang susu S-26

Source: s26.wyethnutrition.co.id

Susu S-26 diproduksi oleh PT Wyeth Nutrition. PT Wyeth Nutrition adalah perusahaan manufaktur yang mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium dan dirancang secara ilmiah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu S-26 adalah susu pertumbuhan anak yang mengandung susu sapi  dan nutrisi untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Varian produk S-26

Susu S-26 memiliki tiga produk yaitu S-26 Ultima, S-26 Gold dan S-26 Nutrissentials. Masing-masing produk tersebut memiliki beberapa varian. Berdasarkan kategori usia, susu S-26 ada beberapa jenis yaitu Promil untuk usia 0-12 bulan, Procal untuk usia 1-3 tahun, dan Promise untuk usia 3-12 tahun. Detail masing-masing varian dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel produk & varian susu S-26
Produk Varian Pilihan Rasa Ukuran
S-26 Ultima S-26 Procal Ultima Vanila 850 gram
S-26 Gold S-26 Procal Gold Vanila
  • 400 gram
  • 900 gram
  • 1.600 gram
S-26 Promise Gold Vanila
  • 900 gram
  • 1.600 gram
S-26 Nutrissentials S-26 Procal Nutrissentials Vanila
  • 400 gram
  • 700 gram
  • 1.400 gram
S-26 Procal Honey Madu 400 gram
S-26 Promise Nutrissentials Vanila
  • 400 gram
  • 700 gram
  • 1.400 gram

Perbedaan kandungan nutrisi unggulan S-26 Ultima, S-26 Gold dan S-26 Nutrissentials

Susu S-26 Gold meluncurkan tiga varian yang tentu saja masing-masingnya memiliki perbedaan nutrisi unggulan.

  • S-26 Ultima merupakan produk susu pertumbuhan pertama yang menggunakan susu skim yang berasal dari sapi A2. Formula nutrisi unggulan susu ini adalah Multicare System. Sapi A2 memiliki 100% protein A2 tanpa ada protein A1. Kelebihan protein A2 adalah protein ini mudah dicerna dalam sistem pencernaan. Susu ini termasuk produk susu super premium dari PT Wyeth Nutrition.
  • S-26 Gold  mengandung nutrisi spingomyelin dan phospholipid. Spingomyelin dan phospholipid adalah nutrisi yang berfungsi menjaga saraf-saraf otak tetap bekerja secara optimal. Sahabat Hemat pernah mendengar selubung myelin? Nah, spingomyelin berfungsi memaksimalkan pertumbuhan myelin untuk mempercepat sampainya informasi dari satu sel ke sel saraf lain pada otak.
  • S-26 Nutrissentials mengandung nutrisi unggulan kolin yang ada pada S-26 Procal Nutrissentials dan Procal Honey. Manfaat kolin bagi anak adalah untuk membentuk membran sel otak, melindungi jantung, dan menguatkan daya ingat anak. Pada varian S-26 Promise Nutrissentials mengandung nutrisi unggulan asam linoleat. Asam linoleat adalah lemak esensial omega 6 yang tidak ada pada tubuh manusia, maka dari itu asupan asam linoleat berasal dari nutrisi harian. Manfaat asam linoleat yaitu untuk menunjang keterampilan fisik dan mencegah anak dari penyakit yang bisa mempengaruhi perkembangan otak.

Sekilas tentang susu Nutrilon

Source: nutriclub.co.id

Susu Nutrilon Royal merupakan salah satu produk dari PT. Nutricia Indonesia Sejahtera yang merupakan salah satu perusahaan dari Danone Grup. PT. Nutricia Indonesia Sejahtera sudah berdiri sejak 1987 dengan produk yang dirancang khusus memenuhi kebutuhan gizi dasar ibu dan anak. Nutrilon Royal adalah susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi untuk mendukung daya tahan dan daya tangkap anak dan juga susu lanjutan dari susu Nutribaby.

Promo Nutrilon hari ini 24 May 2024

Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Madu 400 gr

Sampai 31 May 2024

Hypermart
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Madu 800 gr

Sampai 31 May 2024

Hypermart
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Vanila 1800 gr

Sampai 31 May 2024

Hypermart
Nutrilon Royal 4 Susu Pertumbuhan Vanila 400 gr

Sampai 31 May 2024

Hypermart
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Madu 1800 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Madu 400 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Madu 800 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Vanila 1800 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Vanila 400 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Nutrilon Royal 3 Susu Pertumbuhan Vanila 800 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret

Varian susu Nutrilon Royal

Produk susu Nutrilon Royal terdiri dari dua jenis yaitu Nutrilon Royal 3 dan 4 berdasarkan kategori usianya. Susu Nutrilon Royal 3 untuk anak usia 1-3 tahun, sedangkan susu Nutrilon Royal 4 untuk usia anak 3-6 tahun. Tersedia dua varian rasa yaitu vanilla dan madu, dengan kemasan 400 gram, 800 gram, dan 1.800 gram.

Nutrisi susu Nutrilon Royal

Ternyata varian Nutrilon Royal lebih sedikit bila dibandingkan dengan susu S-26. Perbedaan kedua jenis produk Nutrilon Royal hanya pada kategori usia anak yaitu 1-3 tahun dan 3-6 tahun. Kira-kira bagaimana dengan nutrisi unggulannya? Ternyata kedua varian susu tersebut mengandung nutrisi unggulan yang sama. Detail kandungan nutrisi dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Source: www.nutriclub.co.id

Bisa Sahabat Hemat perhatikan ya nutrisi pada Nutrilon Royal 3 dan 4 tidak ada perbedaan, bahkan presentase dan berat masing-masing nutrisi pada setiap susu juga sama. Pada official website susu Nutrilon mengklaim bahwa produk tersebut mengandung nutrisi:

  • FOS:GOS 1:9 lebih tinggi untuk dukung daya tahan tubuh
  • Omega 3, 6 dan DHA yang lebih tinggi serta zat besi untuk dukung daya tangkap anak
  • 12 vitamin dan 9 mineral untuk tumbuh kembang optimal
  • Tanpa gula tambahan

Setelah ini saya akan bahas perbandingan nutrisi tersebut dengan susu S-26. Terus ikuti artikel ini yaa!

Perbandingan susu S-26 dan Nutrilon Royal

Source: freepik.com

Susu S-26 dan Nutrilon Royal, keduanya sama-sama susu pertumbuhan untuk anak. Sahabat Hemat juga pasti bimbang memilih susu pertumbuhan kerena hampir semua susu pertumbuhan memiliki harga yang cukup menguras kantong. Berikut saya sajikan informasi lengkap perbandingan susu S-26 dan Nutrilon Royal.

Perbandingan kandungan nutrisi unggulan susu S-26 vs Nutrilon Royal

Sebelumnya Sahabat Hemat sudah tahu bahwa kandungan nutrisi pada varian Nutrilon Royal tidak terdapat perbedaan. Lalu bagaimana bila dibandingkan dengan susu S-26? Selengkapnya ada pada tabel di bawah ini.

Tabel perbandingan nutrisi unggulan S-26 vs Nutrilon
Kandungan nutrisi Susu S-26 Procal Gold Nutrilon Royal 3
Nutrisi unggulan Spingomyelin & Phospholipid Prebiotik 1:9
Serat pangan Oligofruktosa FOS & GOS
Omega 3 & 6 131 mg & 1.094 mg 104mg & 1.276 mg
AA DHA 6,3 mg & 24 mg 1,9 mg & 27 mg
Gula Laktosa Laktosa
Zat Besi 25% 30%

Sahabat Hemat mungkin bingung perbedaan masing-masing nutrisi itu apa ya dan apakah manfaat nutrisi unggulan tersebut? Yuk ikut penjelasan singkat terkait perbedaan masing-masing nutrisi dan perbandingannya.

  • Serat pangan: memiliki banyak jenis contohnya adalah FOS & GOS dan oligofruktosa, serat pangan bermanfaat bagi anak untuk mencegah obesitas, melancarkan pencernaan, membantu penyebaran kalsium,  menumbuhkan bakteri baik dalam usus dan meringankan gejala intoleransi laktosa
  • Omega 3 & 6: merupakan asam esensial yang baik untuk pembentukan AA, DHA dan asam lemak jenis ini tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Manfaatnya bagi anak adalah mendukung perkembangan kognitif,  perkembangan visual dengan menjaga kesehatan mata, kekebalan tubuh dan kemampuan membaca.
  • AA DHA: AA DHA adalah jenis asam lemak yang mampu meningkatkan kecerdasan anak dan kesehatan mata
  • Laktosa: jenis gula yang terdapat di dalam susu
  • Zat besi: salah satu komponen mineral yang berfungsi memperlancar aliran oksigen di dalam darah dan meningkatkan kadar hemoglobin

Oke, berdasarkan tabel perbandingan di atas terlihat bahwa kandungan omega 3 & 6 serta AA DHA lebih banyak pada susu S-26 Procal Gold, meskipun demikian kandungan zat besi susu Nutrilon Royal lebih banyak 5% dibandingkan S-26 Procal Gold. Kedua produk menggunakan laktosa yang merupakan gula alami dengan indeks glikemik rendah, walaupun laktosa memiliki peluang terjadinya intoleransi laktosa.

Perbandingan komposisi susu S-26 vs Nutrilon

Komposisi susu S-26 dan Nutrilon Royal tidak jauh berbeda namun ada perbedaan pada jumlahnya. Berikut tabel perbandingan komposisi keduanya.

Tabel perbandingan komposisi susu S-26 vs Nutrilon
Jenis Komposisi Susu S-26 Procal Gold Nutrilon Royal 3
Energi total 180 kkal 180 kkal
Protein 5 gram 6 gram
Karbohidrat 26 gram 23 gram
Gula 23 gram 20 gram
Kalium 280 mg 240 mg
Laktosa 23 gram 20 gram
Lemak total 6 gram 7 gram

Berdasarkan tabel perbandingan komposisi dapat Sahabat Hemat cermati bahwa kandungan karbohidrat, gula, kalium, dan laktosa lebih banyak pada susu S-26 Procal Gold, sedangkan komposisi protein dan lemak total lebih banyak pada susu Nutrilon Royal 3. Tetapi perlu kita cermati bahwa selisih takaran saji kedua produk hanya 1 gram sehingga banyaknya kandungan lemak total dan protein tetap sama. Namanya juga susu pasti komposisi utama yang dicari adalah kandungan susu. Berikut presentase kandungan susu bubuk pada susu S-26 dan Nutrilon Royal yang tertera pada kemasan.

  • S-26 Promise Nutrissentials 38%
  • S-26 Promise Gold 33%
  • Nutrilon Royal 44%

Harga susu S-26 dan Nutrilon, manakah yang termurah?

Harga susu bisa bervariasi bergantung dimana membeli susu tersebut. Biasanya selisih harga susu tidak terlalu jauh di masing-masing toko. Sahabat Hemat bisa lihat tabel di bawah ya untuk perbandingan harga susu S-26 dan Nutrilon Royal.

Tabel perbandingan harga susu S-26 vs Nutrilon
Produk Harga Ukuran terkecil
S-26 Procal Ultima Rp430 ribuan 850 gram
S-26 Procal Gold Rp150 ribuan 400 gram
S-26 Procal Nutrissentials Rp95 ribuan 400 gram
Nutrilon Royal 3 Rp95 ribuan 400 gram
Nutrilon Royal 4 Rp95 ribuan 400 gram

Berdasarkan tabel, susu paling murah adalah Nutrilon Royal 3 & 4 dan S-26 Procal Nutrissentials 400 gram dengan harga mulai dari Rp95 ribuan. Sedangkan harga tertinggi dari tabel di atas adalah susu S26 Ultima. Sebagai bahan informasi untuk melihat promo susu S-26 dan Nutrilon Royal, Sahabat Hemat bisa kunjungi laman hemat.id ya. Berbagai promo susu pertumbuhan merek lain juga dapat ditemukan di laman tersebut.

Review rasa susu S-26 dan Nutrilon Royal

Berdasarkan review konsumen susu S-26 dari hometersterclub, susu tersebut memiliki rasa vanila yang tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk anak. Saat siap diminum, tidak menimbulkan rasa enek sehingga anak-anak sangat menyukai susu tersebut. Susu S-26 juga tidak lengket, bila tumpah akan sedikit lebih mudah untuk dibersihkan. Pada susu Nutrilon Royal, konsumen menyebutkan bahwa susu tersebut memiliki aroma susu sapi dan vanila. Rasa vanilanya juga pas dan tidak membuat enek ketika meminumnya.

Kelebihan dan kekurangan susu S-26 dan Nutrilon Royal

Suatu produk yang sejenis namun berbeda merek pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Biasanya kelebihan produk satu adalah kekurangan produk lain begitu pula sebaliknya. Lebih rinci kita bahas kelebihan dan kekurangan susu S-26 dan Nutrilon Royal ya Sahabat Hemat.

Merek Susu Kelebihan Kekurangan
S-26
  • Mengandung bubuk susu tanpa lemak
  • Memiliki banyak varian bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan usia sang anak
  • Varian ukuran kemasan banyak namun tidak pada S-26 Ultima dan Procal Honey
  • Pada varian S-26 Gold dan S-26 Ultima harganya cukup mahal
  • Pada varian S-26 Nutrissentials hanya tersedia kemasan dus
  • Kandungan protein lebih sedikit dibanding susu Nutrilon Royal
Nutrilon Royal
  • Tersedia dalam kemasan kaleng maupun dus
  • Varian ukuran kemasan banyak
  • Harga lebih terjangkau
  • Bekas susu di dot/ cangkir cepat hilang walaupun hanya dicuci sekali saja*
  • Kandungan susu bubuk lebih banyak dibanding susu S-26
  • Varian susu sangat sedikit
  • Tekstur susu bubuk mudah menggumpal*
  • Kandungan omega 3 & 6 lebih sedikit dibanding susu S-26

*Berdasarkan review di BukaReview oleh Ayu Poernamaningrum

Apakah susu pertumbuhan dapat memicu alergi?

Susu pertumbuhan seperti S-26 dan Nutrilon Royal memang bisa memicu alergi terhadap anak yang alergi dengan susu. Susu pertumbuhan kedua merek tersebut mengandung alergen seperti susu bubuk dan laktosa. Alergen adalah bahan pangan atau senyawa yang menyebabkan alergi dan atau intoleransi. Sebagai bahan informasi Moms bisa cermati infografis alergen pada produk pangan yang patut diwaspadai bila buah hati memiliki alergi.

Kesimpulan

Berdasarkan kandungan nutrisi unggulan, masing-masing varian memiliki kandungan yang berbeda dan semuanya bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Beberapa varian susu S-26 mengandung susu sapi A2, kolin, spingomyelin dan phospholipid sedangkan susu Nutrilon Royal mengandung prebiotik FOS & GOS. Kandungan omega 3 & 6, karbohidrat, protein, dan kalium lebih banyak pada susu S-26 dibanding Nutrilon Royal, mesikipun demikian kandungan susu bubuknya lebih banyak Nutrilon Royal. Baik susu S-26 dan Nutrilon Royal sama-sama memfokuskan untuk perkembangan kemampuan belajar anak yang berkaitan dengan perkembangan kognitif dan kecerdasan. Jadi Sahabat Hemat pilih yang mana nih setelah mengetahui perbandingan keduanya? Share pengalamannya di kolom komentar yaa.

Sumber:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/
  2. https://pustaka.unpad.ac.id/
  3. https://core.ac.uk/reader/296442230