Review Susu Anlene

Mengonsumsi susu bagi orang dewasa mungkin bukanlah menu utama di Indonesia. Masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi susu secara rutin untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang seperti penyakit osteoporosis.

Penyakit osteoporosis disebabkan oleh perubahan hormon dan kekurangan kalsium atau vitamin D yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan keropos akibat kehilangan jaringan tulang. Dan wanita adalah orang yang memiliki resiko paling tinggi untuk terkena osteoporosis setelah masa menstruasinya berakhir (menopause).

Anlene yang merupakan keluaran dari Fonterra Brands Indonesia merupakan salah satu pelopor susu berkalsium tinggi yang diluncurkan sudah dari tahun 1991.

Produk Anlene

1. Anlene Actifit

Susu Anlene Actifit yang direkomendasikan untuk orang dibawah 50 tahun yang masih sangat aktif dan memiliki banyak sekali aktivitas. Susu Anlene ini memiliki kandungan kalsium 2x lebih banyak dari susu biasa yang beredar di pasaran, lalu mengandung protein dan kolagen yang bermanfaat untuk kekuatan otot dan sendi.

Produk ini dijual dengan harga kisaran Rp75.200 hingga Rp89.200 untuk ukuran 650 gram. Cukup terjangkau dibandingkan produk dari brand yang berbeda walaupun memiliki selisih harga yang tipis. Sebagai alternatifnya yaitu Produgen Vitafit sekitar Rp61.500 hingga Rp76.500 dengan ukuran 500 gram, lalu ada Hilo Active ukuran 750 gram harga berkisar Rp100.000.

Kemasan

  1. Box. Susu Anlene dengan kemasan box memiliki varian ukuran 259 gram dan 600 gram dan varian rasa vanila, cokelat dan original.
  2. Sachet. Susu dengan kemasan praktis satu kali minum memiliki 2 macam rasa, yaitu rasa cokelat dan vanila dengan ukuran 25 gram.
  3. UHT. Kemasan siap minum ini sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Dan dapat dinikmati dimana saja dalam keadaan dingin atau biasa, dengan 2 varian rasa, coklat dan vanila dengan ukuran 175 ml.

2. Anlene Gold Plus

Susu Anlene Gold Plus direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang berumur di atas 50 tahun. Susu Anlene Gold Plus mengandung 400 mg sterols yang berguna untuk menurunkan kolesterol, 410 mg potasium yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan tanpa tambahan gula yang berguna untuk menjaga kadar gula darah.

Anlene Gold Plus memiliki 3 varian ukuran : 900 gram, 650 gram, dan 250 gram

Produk ini dijual dengan harga kisaran Rp75.200 hingga Rp89.200 untuk ukuran 650 gram. Cukup terjangkau dibandingkan produk dari brand yang berbeda walaupun memiliki selisih harga yang tipis. Sebagai alternatifnya yaitu Entrasol Gold sekitar Rp89.900 hingga Rp102.990 dengan ukuran 600 gram, lalu ada Produgen Gold ukuran 500 gram sekitar Rp56.900 hingga Rp80.490.

3. Anlene Total

Fonterra sudah mengembangkan Anlene Total selama 20 tahun mengembangkan produk Anlene untuk memenuhi kebutuhan kalsium, magnesium, zinc dan juga protein pada orang-orang yang umurnya sudah di atas usia 40 tahun.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam Anlene Total sama dengan yang terkandung dalam Anlene Actifit dan juga Anlene Gold. Tapi, Anlene Total dilengkapi dengan Glucosamine sebanyak 500 mg yang berguna untuk menjaga tidak hanya tulang tapi juga untuk kesehatan sendi. Anlene Total memiliki varian rasa plain, chocolate, dan vanila.

Produk ini dijual dengan harga kisaran Rp101.000 untuk ukuran 500 gr. Sebagai alternatifnya yaitu Hilo Joint+ sekitar Rp52.000 dengan ukuran 150 gram.

Kelebihan Anlene :

  1. Susu anlene merupakan susu hi-calsium yang rendah lemak. Jadi jika Anda sedang menjalankan diet maka susu ini sangat cocok untuk dikonsumsi.
  2. Anlene memiliki varian rasa yang lumayan lengkap seperti rasa plain, chocolate, vanila dan mocha caramello.

Lihat juga harga terhemat berbagai susu Anlene!

Kekurangan Anlene :

  1. Tidak dapat bertahan lebih dari satu bulan setelah dibuka.

Cara penyajian

  1. Campurkan 4 sendok makan susu Anlene lalu tambahkan 200ml air hangat atau air dingin.
  2. Aduk rata dan siap untuk di minum.

Anjuran pemakaian

  1. Minum maksimal 2 gelas/hari (pagi dan malam hari)
  2. Simpanlah produk susu ini di tempat yang kering dan bersih.
  3. Setelah dibuka, selalu gunakan sendok baru yang kering dan tutuplah dengan cara melipat kantung sachet beberapa kali lalu simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Alternatif susu bubuk berkalsium tinggi selain Anlene

Selain Anlene ada beberapa susu untuk tulang yang memiliki kalsium tinggi, seperti :

  1. Produgen
    Produgen memiliki varian rasa plain, vanila dan juga coklat, Produgen juga memiliki produk susu tinggi kalsium yang diperuntukkan untuk wanita dan pria berumur di bawah 50 tahun dan diatas 50 tahun.
    Lihat promo terhemat susu Produgen di berbagai supermarket di kota Anda!
  2. Ultra Milk
    Ultra milk memiliki varian produk Ultra Milk Low Fat Hi Calcium yang merupakan susu tinggi kalsium yang sangat baik untuk tulang, dengan kemasan UHT membuat susu ini sangat diminati karena sangat praktis. Tanpa perlu diseduh, Anda bisa langsung meminumnya baik dalam keadaan dingin atau dihangatkan dengan microwave untuk mendapatkan susu hangat. Susu Ultra Milk juga mudah sekali untuk ditemukan dan harga untuk 1000 ml sekitar Rp19.000.
    Lihat promo terhemat susu Ultra Milk di berbagai supermarket di kota Anda!
  3. Hilo
    Hilo juga merupakan salah satu pelopor susu tulang yang tinggi kalsium, hilo juga merupakan susu kalsium tinggi yang rendah lemak. Komposisinya pun termasuk lengkap dengan glucosamine, chondroitine, dan 74 mineral organik berbahan dari alga merah.
    Lihat promo terhemat susu Hilo di berbagai supermarket di kota Anda!
  4. Anchor Boneeto, Greenfields, Prosteo, Indomilk, dan Entrasol, dan masih banyak lagi

Kisaran harga-harga susu yang tertera di atas bisa Anda lihat informasi detailnya di hemat.id, Anda bisa lebih leluasa memilih dan juga membandingkan berbagai produk susu karena ada banyak sekali pilihan prosuk susu tulang berkalsium tinggi dan juga promo-promonya di supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah sekitar Anda.

Untuk menghindari penyakit osteoporosis, harusnya sudah mulai mengkonsumsi kalsium sejak dari muda. Namun tidak masalah, jika baru mulai minum saat sudah berumur atau sudah memiliki gejala atau bahkan sudah didiagnosa memiliki penyakit osteoporosis. Pengeroposan tulang tidak datang tiba-tiba tapi berproses dan memerlukan waktu. Jika seseorang pada masa mudanya menganut gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol dan jarang berolahraga, maka di masa tuanya resiko terkena osteoporosis akan semakin tinggi.

Kalsium juga tidak hanya di temukan di susu tapi juga pada makanan, makanan seperti pada sayur bayam, kacang-kacangan, yogurt, ikan, keju dan produk yang olahan yang berasal dari susu lainnya.

Selain berasal dari makanan, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, dan sering beraktivitas di luar ruangan juga membantu mencegah kita terkena osteoporosis. Tuliskan referensi susu tulang yang berkalsium tinggi favorit Anda dan keluarga di kolom di bawah ini, bagikan juga kelebihan dan kekurangan dari produk susu yang rutin Anda dan keluarga minum. Apakah ada perubahan yang baik atau malah tidak memberikan efek apa-apa di tubuh Anda.

Sumber :

  1. anlene.com/id/ms/about-us.html
  2. hellosehat.com/penyakit/osteoporosis/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!